6 Pilihan Jenis Sablon Kaos Distro, Mana Paling Terbaik Untuk Kaos?

0

Siapa disini yang suka sekali menggunakan dengan ornamen tulisan atau gambar-gambar? Tahukah kamu kaos-kaos ini yang mempunyai gambar atau tulisan unik dibuat dengan cara dicetak dengan berbagai macam teknik atau kita sebut juga dengan teknik sablon. 

Untuk kamu yang mungkin saat ini ingin membuat kaos sablon tapi masih berpikir dan bingung harus menggunakan jenis sablon mana? Kami akan memberikan beberapa rekomendasi yang juga biasa digunakan untuk kaos yang ada di pasaran dan kira-kira dari beberapa jenis ini mana yang paling terbaik ya untuk kaos? 

Kategori Sablon Kaos Distro

Sebelum kita masuk ke jenis-jenis sablon yang bisa kamu gunakan, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja kategori sablon yang ada. Saat ini terdapat 2 kategori sablon yang bisa kamu gunakan yaitu Sablon Manual dan Sablon Digital. 

Sablon Manual adalah teknik pengerjaan sablon atau pencetakan secara manual dengan bantuan alat seperti screen dan rakel yang dikerjakan menggunakan tenaga manusia

Sablon Digital adalah teknik pengerjaan sablon atau mencetak desain yang dikerjakan menggunakan mesin sehingga lebih praktis

Kedua jenis kategori sablon ini bisa kamu gunakan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Untuk kamu yang mau memproduksi kaos dengan quantity lebih sedikit kami sarankan untuk menggunakan jenis-jenis sablon dari sablon digital, karena kebanyakan sablon digital digunakan untuk produksi kaos satuan. Tapi untuk kamu yang mau memproduksi kaos sablon dengan quantity yang banyak atau produksi massal, kami sangat menyarankan untuk menggunakan jenis sablon manual, karena dengan sablon manual budget produksi kamu bisa lebih ditekan lagi. 

Setiap jenis sablon pasti mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing, dan sebagai seorang pengguna sebaiknya kamu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari jenis sablon tersebut. Agar kamu lebih mengerti tentang jenis-jenis sablon dan bagaimana kualitas serta penggunaannya, berikut ini penjelasannya

6 Jenis Sablon Kaos Distro

Kami rekomendasikan 6 jenis sablon kaos distro ini yang bisa kamu coba, dan rekomendasi ini merupakan jenis-jenis sablon kaos distro yang sayang sekali jika kamu lewatkan. Ada beberapa jenis sablon yang termasuk ke kategori sablon manual dan ada juga yang masuk ke dalam kategori sablon digital. 

  •  Jenis sablon kaos Plastisol

Sablon Plastisol merupakan jenis sablon dengan oil based atau berbasis minyak. Karakter dari sablon plastisol dikatakan sebagai salah satu dan berstandar internasional. Tinta sablon plastisol akan lebih baik ketika digunakan untuk mencetak gambar pada -kain berwarna gelap. 

Apakah sablon plastisol bagus?

Kualitas tinta plastisol ini sangat baik, kuat dan tidak mudah kering. Sablon yang dihasilkan pun bisa menyerupai atau persis dengan gambar aslinya, efek warna yang akan didapatkan pun berkualitas baik. Salah satu keunggulan sablon plastisol yang tidak dimiliki oleh jenis sablon lainnya adalah kemampuannya untuk mencetak ukuran gambar yang super kecil namun tetap dengan hasil yang prima.

  • Jenis sablon kaos Rubber

Jenis Sablon kaos distro selanjutnya adalah Sablon Rubber, jenis sablon kaos distro ini bisa dikatakan sebagai salah satu jenis yang sering sekali digunakan sebagai variasi untuk mempercantik kaos. Dan jenis sablon kaos distro ini biasanya digunakan sebagai alternatif lain jika tidak ingin menggunakan sablon plastisol yang harganya cukup mahal. Namun kualitas dari sablon Rubber juga tetap bagus. Sablon Rubber merupakan jenis sablon yang berbahan dasar karet, selain berbahan dasar karet, sablon Rubber juga merupakan jenis sablon water based atau berbasis air. Tinta yang digunakan bisa dicampurkan dengan air untuk menghasilkan warna yang lebih kaya. 

Mengapa dikatakan sablon Rubber itu berkualitas bagus? Karena sablon ini berbahan dasar karet sehingga akan merekat dengan baik pada bahan kaos. 

Sablon Rubber vs Plastisol

Ada yang mengatakan jika sablon plastisol itu lebih baik dibandingkan dengan sablon Rubber, apakah benar? Lalu mengapa tinta plastisol lebih bagus dari Rubber?

Dari penjelasan kami sebelumnya tentang kedua jenis kain ini bisa disimpulkan jika kualitas Sablon Plastisol sebenarnya masih lebih unggul dari Sablon Rubber. Selain itu, kami juga pernah melakukan sebuah survey kepada para pengguna sablon atau pengrajin sablon tentang kualitas dari kedua jenis sablon kaos distro ini, dan benar saja rata-rata para customer kami yang merupakan praktisi sablon mengatakan jika sablon Plastisol itu lebih unggul dibandingkan dengan sablon Rubber. 

Alasannya mengapa tinta Plastisol lebih bagus dari Rubber adalah karena jenis sablon yang berstandar internasional, hasil lebih bagus, tahan lama dan awet juga memberikan kesan yang eksklusif. Meskipun memang benar jika harga dari sablon ini tidak murah. Tetapi jika harganya sebanding dengan kualitas yang didapatkan kenapa ragu untuk mencoba?

jenis sablon kaos distro

  • Jenis sablon kaos Flocking

Jenis sablon yang sangat unik pada hasil akhirnya adalah sablon Flocking karena sablon ini akan menimbulkan efek, bulu-bulu halus pada permukaannya. seperti pada beludru, dan juga jenis sablon kaos Flocking sebenarnya tidak menggunakan tinta tetapi menggunakan serbuk atau bubuk pewarna. 

Kami pernah mendapatkan pertanyaan seperti ini “Kak, jenis sablon timbul apa namanya ya?” dari yang kami ketahui, jenis sablon timbul disebut dengan Sablon. Foaming atau puff print, sablon dengan bahan karet yang menghasilkan efek timbul pada permukaan kaosnya. Dibutuhkan proses pemanasan khusus agar efek timbul yang dihasilkan sempurna.

  • Jenis Sablon Kaos Discharge

Sablon discharge adalah salah salah satu teknik sablon dengan cara manual, menggunakan jenis tinta yang dapat mengubah warna dasar kainnya menjadi sama dengan warna tinta yang digunakan, teknik sablon discharge juga seringkali disebut dengan istilah cabut warna. Jenis bahan kaos yang bisa kamu gunakan untuk mencetak gambar menggunakan metode sablon discharge adalah bahan , selain itu jenis bahan lain seperti juga tetap bisa digunakan asalkan bahan tersebut merupakan bahan dengan warna reaktif. Karena jenis sablon kaos distro ini tidak akan bekerja dengan sempurna pada kain dengan jenis warna sulfur. Juga hasil sablon akan lebih maksimal pada kain dengan warna gelap.

Baca juga: 5 Keunggulan dan Kekurangan dari Sablon Discharge 
  • Jenis sablon kaos DTG

Munculnya beberapa jenis sablon digital adalah salah satu bukti bahwa teknik mencetak gambar pada berbagai media termasuk kain atau teknik sablon mengalami perkembangan yang sangat baik, meskipun hadirnya sablon digital tetap tidak menggeser peminat dari sablon manual yang juga masih banyak digunakan,

Salah satu jenis sablon digital yang saat ini sepertinya sudah sangat banyak digunakan adalah DTG atau Direct To Garment. Sama seperti namanya, untuk mencetak gambar teknik sablon ini tidak memerlukan bantuan transfer paper atau apapun tapi bisa langsung cetak pada media kainnya. Keunggulan dari sablon DTG adalah kemampuan mencetak gambar full color, for you information sablon manual biasanya cukup sulit untuk mencetak gambar yang mempunyai banyak warna, sedangkan sablon DTG ini bisa mencetak gambar dengan gradasi, 3 dimensi dan dengan hasil resolusi yang bagus. 

Waktu yang dibutuhkan untuk proses sablon DTG sangat cepat dan untuk produksi dengan jumlah sedikit sablon DTG ini sangat direkomendasikan. Tetapi perlu kamu ketahui, untuk mendapatkan hasil cetak terbaik, jenis bahan kaos yang kamu gunakan untuk mencetak gambar dengan teknik DTG sebaiknya kamu menggunakan jenis bahan Cotton dan lebih spesifiknya adalah bahan Cotton dengan ketebalan 24s atau 30s, mengapa? Agar hasil cetak lebih rapi, halus dan tinta dapat menyerap dengan baik ke serat-serat kain.

  • Jenis Sablon Kaos DTF

DTF adalah metode cetak gambar dengan menggunakan beberapa bahan seperti kertas transfer, bubuk lem sablon yang nantinya akan membantu melekatkan gambar ke material kaos lalu kaos atau kain yang sudah dicetak diakhiri dengan di press pada mesin press, agar gambar menempel dengan sempurna. 

Untuk mencetak gambar dengan metode DTF, jenis bahan yang bisa kamu gunakan cukup beragam, contohnya seperti bahan cotton, polyester, scuba, , dan jenis bahan lainnya. Tidak seperti jenis sablon DTG yang hanya akan berhasil pada bahan Cotton, sablon DTF memberikan peluang untuk menggunakan berbagai jenis bahan.

Dari 6 pilihan jenis sablon kaos distro di atas, mana yang membuatmu tertarik untuk dicoba? Sebaiknya dalam memilih jenis sablon kaos ini, kamu sesuaikan dengan kebutuhan produksimu. Sesuaikan dengan jenis bahan akan kamu gunakan, serta budget produksi.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, , Jawa Barat, Indonesia

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

Line : @knitto

Email : info@knitto.co.id

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

SEMARANG (COMING SOON)

OFFICIAL WHATSAPP: 082120003035

Jam Buka

Senin &8211; Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here