8 Cara Mengembalikan Warna Jaket Yang Pudar

0
Baking Soda
Baking Soda

8 Cara Mengembalikan Warna Jaket Yang Pudar – Jaket adalah pakaian luar yang jatuh ke pinggang atau pinggul dan digunakan untuk menahan angin dan dingin. Bukaan jaket ada di bagian depan dari leher ke bawah. Resleting, kancing atau ikat pinggang digunakan untuk membuka dan menutup bukaan jaket. Jaket terbuat dari tebal dan sering kali dilapisi dengan bantalan dan kain hangat yang dilapisi bulu di bagian dalamnya. Berbeda dengan kemeja atau blus, jaket tidak dikenakan sedemikian rupa sehingga bersentuhan langsung  dengan kulit.

Makanya jaket tidak perlu dicuci, atau tidak terlalu sering. Kebanyakan jaket juga terbuat dari bahan yang tidak bisa dicuci. Banyak orang memakai jaket karena berbagai alasan, mulai dari anak kecil hingga dewasa dan lanjut usia (lansia). Jaket saat ini tidak hanya untuk melindungi tubuh dari udara dingin atau hujan, tetapi lebih untuk fashion karena terlihat lebih modis dan menarik mengenakan jaket dengan berbagai pola dan warna.

Namun terkadang berbagai faktor bisa menyebabkan warna jaket kesayangan menjadi pudar karena sering dipakai atau teknik pencucian yang kurang tepat. Oleh karena itu minto akan memberikan informasi atau cara mengembalikan warna jaket yang pudar dengan aman dan mudah sebagai berikut :

8 Cara Mengembalikan Warna Jaket Yang Pudar

  1. Menggunakan Alkohol

Cara Mengembalikan Warna Jaket Yang Pudar

Alkohol tidak hanya berguna untuk prosedur medis, tapi ternyata juga bisa digunakan untuk mengembalikan warna pudar pada jaket. Penggunaan alkohol  bisa menjadi pilihan jika warna jaket sudah pudar akibat penggunaan pemutih yang salah saat  proses pencucian.

Alkohol berperan menetralkan  sifat  zat pemutih yang menyebabkan warna jaket memudar. Menggunakan alkohol untuk mengembalikan warna jaket yang pudar juga terbilang mudah. 

Yang harus kamu lakukan adalah menuangkan alkohol secukupnya ke yang sangat menyerap. Kemudian seka perlahan kain yang digunakan untuk menuangkan alkohol pada bagian jaket yang terkena pemutih dan seka kembali hingga mendapatkan hasil yang cukup.

2. Menggunakan Lemon

8 Cara Mengembalikan Warna Jaket Yang Pudar

Ternyata lemon selain digunakan untuk membuat jus atau minuman. lemon juga memiliki khasiat lain untuk mengembalikan warna jaket mu seperti baru, terutama jika kamu memiliki jaket berwarna putih. Buah lemon yang kaya akan vitamin C memiliki fungsi serupa dengan citrun untuk mengembalikan warna jaket yang pudar.

3. Menggunakan MSG

8 Cara Mengembalikan Warna Jaket Yang Pudar

Warna pudar pada jaket  juga bisa disebabkan oleh  noda yang menempel pada bahan dan sulit dihilangkan. Untuk menghilangkan noda tersebut  dan mengembalikan warna jaket seperti semula, kamu bisa menggunakan MSG atau biasa disebut MSG bahan masakan. Kandungan MSG-nya mampu membersihkan noda yang menempel di bahan jaket. Kandungan MSG-nya cukup efektif untuk menghilangkan noda  membandel, terutama pada jaket berwarna. Sangat mudah digunakan.

Yang harus kamu lakukan adalah mencampurkan beberapa sendok makan MSG ke dalam air rendaman jaket yang ingin kamu cuci. Mencampur penggunaan MSG dengan detergen khusus pakaian berwarna akan mengembalikan warna jaket kamu seperti semula.

4. Menggunakan Kopi

8 Cara Mengembalikan Warna Jaket Yang Pudar

Kopi, minuman favorit banyak orang, tampaknya juga memiliki manfaat  mengembalikan warna jaket  pudar, terutama  yang  hitam atau gelap. Kopi juga bisa menjadi alternatif pewarna  yang tidak berbahaya bagi lingkungan. dan mampu memberikan warna hitam yang paling natural. 

Cukup masukkan jaket hitam yang sudah diputihkan ke dalam mesin cuci dengan air dingin tanpa detergen, lalu pilih mode bilas. Setelah air dan jaket bercampur beberapa saat. masukkan dua atau tiga cangkir bubuk kopi hitam dan cuci seperti biasa. Semakin pekat kopi yang kamu gunakan, maka semakin hitam juga warna yang akan kamu dapatkan. 

5. Menggunakan Cuka

8 Cara Mengembalikan Warna Jaket Yang Pudar

Selain garam, cuka adalah bahan alami lain yang efektif untuk menghilangkan  residu deterjen dari jaket dan pakaian lainnya. Cuka tidak hanya mengembalikan warna pudar tetapi juga dapat mencerahkan warna jaket favorit kamu. Jenis Cuka yang Bisa kamu Gunakan Untuk mengembalikan warna jaket kamu, gunakan sejenis cuka putih. 

Cukup campurkan 1/2 cangkir, atau sekitar 120 mililiter, cuka ke dalam mesin cuci saat kamu mencuci jaket. Jika kamu menggunakan mesin cuci bukaan atas, kamu dapat menuangkan cuka langsung ke dalam. Jika kamu menggunakan mesin cuci muatan depan, kamu dapat menambahkan cuka ke dalam wadah yang biasanya digunakan untuk menambahkan pelembut kain.

6. Menggunakan Garam 

8 Cara Mengembalikan Warna Jaket Yang Pudar

Warna jaket yang  terlalu sering dipakai dan dicuci dapat memudar karena  residu deterjen, apalagi jika kamu lebih sering menggunakan deterjen bubuk dari pada deterjen cair. Namun, kamu bisa menggunakan bahan alami untuk mengembalikan warna jaket kamu seperti semula, salah satunya adalah dengan menggunakan garam. 

kamu bisa memasukkan setengah cangkir atau 150 gram garam ke dalam mesin cuci jika ingin mencuci jaket. Selain penyegar warna, kamu juga bisa menggunakan garam saat pertama kali mencuci jaket, agar tidak kehilangan warnanya, sebaiknya gunakan garam halus atau garam meja dan hindari garam laut yang kasar, karena tidak  larut sempurna di mesin cuci. 

7. Menggunakan Lada Hitam

8 Cara Mengembalikan Warna Jaket Yang Pudar

Bumbu dapur lain yang dapat digunakan untuk mengembalikan warna pudar pada jaket kamu adalah lada hitam. Jenis lada hitam yang bisa kamu gunakan adalah  lada hitam bubuk. Lada hitam akan menghilangkan residu deterjen.

Lada hitam juga  membuat warna jaket tampak lebih terang. Namun ingat, jangan terlalu banyak menggunakan lada hitam saat mencuci jaket. kamu hanya perlu mencampurkan dua atau tiga sendok teh atau sekitar 12 gram bubuk lada hitam ke dalam mesin cuci saat  akan mencuci jaket.

8. Menggunakan Baking Soda

8 Cara Mengembalikan Warna Jaket Yang Pudar

Meskipun dikenal sebagai bahan makanan,  soda kue tampaknya juga ditemukan di banyak deterjen cucian. Bahan-bahan dalam  soda kue telah terbukti memperbaiki warna jaket dan pakaian lainnya. 

Kamu bisa mencampur setengah cangkir soda kue saat mencuci jaket untuk mengembalikan warnanya. Kamu juga bisa rutin menggunakan baking soda saat mencuci agar warna jaket dan pakaian lainnya  tidak luntur dan  tahan lama. 

Itulah beberapa cara dan bahan yang bisa digunakan untuk mengembalikan warna pudar pada jaket, mulai dari bahan kimia hingga bahan alami yang bisa kamu temukan dengan mudah di sekitar rumah kamu. Dengan cara-cara tersebut, warna jaket kamu bisa kembali normal dan kamu bisa tampil gaya dengan jaket favorit kamu.

Semoga artikel tentang 8 cara mengembalikan warna jaket yang pudar dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi tersebut.

TOKO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini