Manakah Kain Untuk Baju Yang Paling Nyaman?

0
kain untuk baju

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan ketika membeli baju terutama jika kamu membeli bajunya secara online adalah detail penjelasan tentang baju tersebut, seperti size baju nya, dan tentu bahan baku yang digunakan.

Mengapa penting untuk mengetahui jenis kain untuk baju yang digunakan? Agar kamu bisa mengetahui seperti apa kualitas dari tersebut, karena kualitas dari sebuah pakaian juga ditentukan oleh bahan baku yang digunakan. Maka dari itu penting bukan untuk tahu dan mungkin sedikit memahami kain untuk baju yang bagus dan nyaman untuk digunakan itu seperti apa.

Minto sangat paham, tidak semua orang memahami berbagai jenis kain untuk baju dan juga bagaimana karakteristik serta kualitas kainnya, maka dari itu pada artikel kali ini, Minto akan coba bantu jelaskan tentang beberapa kain untuk baju.

Jenis Kain Untuk Baju Yang Nyaman dan Berkualitas

Ada berbagai jenis kain yang tersedia untuk pakaian, tapi manakah jenis kain untuk baju yang benar-benar nyaman dan berkualitas untuk dipakai?

  • Cotton

Sepertinya bukan sebuah rahasia jika kain banyak diminati dan digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian, bahkan berbagai jenis bisa dibuat menggunakan jenis kain ini. Jenis kain dari bahan bisa dibuat dengan cara dirajut maupun ditenun sehingga fungsi dari kain ini pun bisa jadi beragam, ada yang digunakan untuk membuat kaos, ada juga yang digunakan untuk membuat kemeja, sampai ke dress wanita pun bisa menggunakan jenis kain ini. Hanya perlu menyesuaikan saja jenis kain yang digunakannya.

Sama halnya dengan kain Cotton yang ada di Knitto Textiles, kain yang kami sediakan disini dibuat dengan cara dirajut yang digunakan untuk membuat kaos. Kain Cotton apa saja yang tersedia di Knitto?

Kain katun bisa dikatakan sebagai salah satu jenis kain untuk baju yang sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama, keberadaan kapas yang juga sebagai bahan baku dari kain katun pun sudah ada sangat lama. 

Cotton atau kapas adalah tanaman serbaguna yang sudah ditemukan sejak sangat lama. Para ilmuwan percaya bahwa kapas pertama kali dibudidayakan di Indus Delta, Pakistan dan memang terdapat bukti bahwa penggunaan kapas pertama kali ditemukan di India dan Pakistan sekitar 6.000 SM. Namun produksi kapas yang paling awal bukanlah di pakistan melainkan di India. Kata Cotton sendiri diambil dari bahasa Arab yaitu “Qutton”. 

  • Kain Katun Jepang

Kain Katun Jepang, kain ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat mukena, kemeja dan berbagai jenis lainnya. Beberapa sumber mengatakan jika kain ini termasuk ke dalam jenis kain organik. 

Karakteristik Kain Katun Jepang

  • Kain katun jepang memiliki tekstur yang halus
  • Tidak berbulu
  • Mampu menyerap keringat dengan sangat baik.
  • Memiliki warna yang tahan lama

Bahan ini sangat cocok sekali jika dijadikan sebagai bahan untuk -pakaian kasual, maupun pakaian formal.

  • Kain Baju Rayon

Rayon adalah serat selulosa semi-sintetis yang digunakan salah satunya sebagai bahan pakaian. Meskipun rayon terbuat dari bahan alami (seperti pohon beech atau bambu), rayon mengalami proses kimia yang intensif, sehingga kita menyebutnya sebagai bahan semi-sintetis.

Karakteristik Kain Rayon:

  • Halus dan Lembut, Kain Rayon menjadi kain yang mempunyai tekstur yang halus dan lembut.
  • Permukaan yang mengkilap, Rayon mempunyai permukaan yang mengkilap.
  • Kain Rayon merupakan bahan yang nyaman digunakan dan kainnya “Jatuh”.
  • Daya Serap Baik, sifat dari rayon adalah salah satu kain yang mempunyai daya serap yang baik bahkan lebih baik dibandingkan dengan kapas.
  • Kain Rayon juga tidak menahan panas, sehingga bahan ini terasa sejuk dan mempunyai sirkulasi udara yang baik.

Terdapat 3 jenis utama rayon yaitu, Rayon Viscose, Lyocell dan Modal.

  • Sutra

Kain sutra yang paling terkenal adalah sutra Cina yang teksturnya lebih tebal namun permanen terasa ringan saat digunakan. Tetapi, kain sutra dikenal mempunyai harga yang mahal jadi jangan lupa pertimbangkan isi dompetmu juga ya.

Sutra merupakan jenis kain yang terbuat dari kepompong ulat sutra. Tampilan dari kain ini terlihat mewah dan berkelas dengan efek mengkilap dari permukaan kainnya yang natural. Umumnya permukaan kain ini tipis dan mampu menyerap air sehingga membuat bahan kain ini mudah sobek. Maka dari itu kamu harus lebih berhati-hatian saat menjahit, menggunakan, dan mencuci bahan yang satu ini.

  • Kain Spandex

Kain Spandex ini adalah sejenis bahan yang dibuat dari serat buatan atau serat sintetis yaitu polymer yang mengandung polyurethane (sejenis material sintetis yang sangat lentur). Kain Spandex mempunyai elastisitas yang sangat baik dengan daya tarik sampai 500% atau lima kali panjang ukuran normalnya. 

Istilah nama Spandex digunakan di negara-negara seperti Amerika dan Kanada, dan negara lainnya termasuk Eropa dan Indonesia. Tapi jika di Inggris kain jenis ini disebut juga dengan sebutan Lycra yang merupakan merek dagang dari bahan Spandex ini sendiri. Biasanya bahan ini dipakai sebagai bahan untuk baju olahraga atau legging untuk perempuan.

Jadi dari ke 5 jenis kain untuk baju ini, mana yang lebih nyaman untuk digunakan? Semua jenis kain ini sebenarnya sangat nyaman untuk digunakan sebagai bahan atau kain untuk baju, hanya saja memang fungsi dari masing-masing kain berbeda-beda.

Beberapa jenis kain di atas memang tidak tersedia langsung di Knitto, tapi jika kamu mencari bahan katun untuk yang berkualitas, sangat tepat jika kamu datang ke Knitto Textiles. 

Baca Juga: Rekomendasi Bahan Kaos untuk Kaos Oversized

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini