Rekomendasi Warna untuk Padu Padan Outfit Navy yang Bagus, Pilih yang Mana?

0
5/5 - Vote count: 77 votes

Rekomendasi Warna untuk Padu Padan Outfit Navy yang Bagus, Pilih yang Mana? – Halo Knittopreneurs! Kembali lagi dengan Minto dan pembahasan mengenai tips fashion. Kali ini, kita akan membahas mengenai warna yang mungkin disukai semua orang, yaitu navy.

Warna Navy Cocok dengan Warna Apa? Ini 10 Rekomendasinya!
Warna Navy Cocok dengan Warna Apa? Ini 10 Rekomendasinya!

Lebih tepatnya, di artikel kali ini Minto akan mencoba menjawab pertanyaan mengenai warna navy cocok dengan warna apa. Serta penjelasan lainnya mengenai warna yang biasanya masuk pada kategori “tua” ini, misalnya, bagaimana asal-usul namanya. Knittopreneurs penasaran tidak nih?

Tanpa berlama-lama lagi, simak penjelasannya sampai akhir untuk mengetahui warna navy cocok dengan warna apa saja!

Sejarah Istilah Nama Warna Navy

Nama warna “navy” jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka akan menjadi “angkatan laut.”  Ternyata, nama warna navy memang berasal dari dunia maritim! Lebih jelasnya, menurut Wikipedia, istilah “biru kelasi” ini muncul pada sekitar pertengahan abad ke-18. 

Angkatan Laut Inggris (Royal Navy) mengadopsi warna biru tua sebagai warna seragam resmi para perwiranya, dengan sebutan “naval blue” atau “biru laut”. Pemilihannya bukan tanpa alasan, warna ini dianggap praktis dan memiliki beberapa keuntungan. Seperti tahan luntur (karena berasal dari bahan pewarna alami, seperti nila / indigo) dan tahan pudar meski terpapar terik matahari dan air laut.

Navy juga dianggap sebagai warna yang selaras dengan citra angkatan laut. Dan meski tidak semata-mata bertujuan untuk kamuflase, warna ini bisa sedikit menyulitkan musuh untuk melihat dari kejauhan, terutama pada saat senja.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan warna “navy blue” tak lagi terbatas pada seragam Angkatan Laut.  Pada awal abad ke-19, warna ini mulai marak dipakai pada pakaian pria dan wanita. Navy blue digemari karena sifatnya yang serba bisa, mudah dipadukan dengan berbagai warna lain, cocok untuk berbagai acara formal dan kasual, serta memberikan kesan elegan dan profesional.

Baca Juga: Tips Menemukan Kombinasi Warna yang Cocok dengan Warna Cream

10 Rekomendasi Kombinasi Warna yang Cocok untuk Navy

Jadi, Warna Navy Cocok dengan Warna Apa?
Jadi, Warna Navy Cocok dengan Warna Apa?

Nah, setelah mengetahui asal-usulnya, mungkin ada Knittopreneurs yang menjadi salah satu penggemarnya, dan sedang kebingungan dalam mencari kombinasi warna navy cocok dengan warna apa. Cek dulu di sini 10 rekomendasi warna versi Minto, yang bisa menjawab pertanyaan kamu mengenai baju warna navy cocok dengan warna apa!

Rekomendasi pertama adalah warna putih, yang saat dipadukan dengan navy bisa menjadi kombinasi klasik yang juga timeless. Putih memberikan kesan bersih dan cerah, menyeimbangkan navy yang lebih gelap dan pekat. Keduanya merupakan warna-warna netral, namun saat digabungkan tidak terlihat monoton, membuktikan pernyataan bahwa warna navy cocok dengan warna apa saja.

Untuk padu padannya sangat fleksibel, Knittopreneurs tinggal menggunakan atasan navy dengan bawahan putih, atau sebaliknya. Perpaduan warna-warna ini cocok untuk berbagai acara, dari yang dipakai untuk pergi hangout santai hingga lebih formal. Jika harus digambarkan dalam tiga kata: elegan, profesional, dan chic!

Kemudian, jika Knittopreneurs ingin tampil dengan kesan yang lebih “berani” dan penuh semangat, tidak bosan-bosannya Minto merekomendasikan warna navy cocok dengan warna apa saja seperti merah. Dengan merah, ada kesan yang lebih energik dan dinamis, menaikkan semangat dari navy yang lebih kalem.

Seperti bagaimana kombinasinya dengan putih, navy dan merah juga bisa dipakai sebagai atasan dan bawahan, hingga pada sepatu dan tas. Kombinasi ini cocok untuk Knittopreneurs yang ingin tampil stand out dan menarik perhatian, seperti dipakai pada acara-acara spesial.

Nah, selanjutnya, ada rekomendasi warna navy cocok dengan warna apa untuk Knittopreneurs yang suka kombinasi warna monokrom. Tentunya padu padan ini tidak membuat penampilan kamu terlihat boring dan plain ya Knittopreneurs, malah akan tampak stylish dan modern. Karena, biru muda bisa memberikan kesan segar dan ringan pada navy yang lebih tua.

Minto merekomendasikan untuk menggunakan warna yang lebih gelap di bagian yang ingin kamu samarkan. Misalnya jika ingin membuat siluet lengan terlihat lebih kecil, maka bisa memakai atasan navy. Atau gunakan sebagai bawahan jika ingin membuat siluet kaki jadi lebih ramping.

Penggunaannya bisa disertai dengan aksesoris berwarna putih atau silver untuk menambah kesan “formal” dari keseluruhan penampilan. Cocok dipakai untuk acara-acara semi-formal atau hangout bersama teman.

Kira-kira, warna navy cocok dengan warna apa yang sama-sama berangkat dari militer ya? Ada nih, pilihannya, dipadukan dengan warna khaki yang earthy dan chic. Khaki memberikan kesan natural dan casual pada navy yang lebih formal.

Kalau Knittopreneurs ingin terlihat lebih kalem, bisa juga menambahkan aksesoris berwarna coklat atau beige. Kombinasi ini cocok untuk yang ingin tampil stylish namun tetap nyaman, terutama karena khaki sering ditemukan pada pakaian outdoor yang cocok untuk acara-acara santai.

Selain putih, ada juga hitam. Sama seperti satunya, memadukan navy dan hitam bisa memberikan kesan “klasik” yang menawan. Bedanya, perpaduan dua warna ini mampu memperkuat kesan misterius dan edgy pada navy yang lebih kalem. Cocok untuk Knittopreneurs yang sedang bertanya-tanya, warna navy cocok dengan warna apa yang lebih elegan?

Karena keduanya bisa menyamarkan bagian-bagian yang ingin ditutupi, dan membuat siluet badan terlihat lebih ramping, penggunaannya sangat fleksibel. Kombinasi ini bisa dibilang adalah “safe choice” dan sangat mudah dipadukan dengan aksesoris..

Pilihan lain untuk Knittopreneurs yang ingin tampil berani dan unik! Mustard merupakan jawaban dari warna navy cocok dengan warna apa yang memberikan sentuhan menarik. Navy dan mustard adalah warna komplementer, jadi tidak heran jika menggabungkan keduanya tetap nyaman dipandang mata.

Kombinasi warna ini sering dipakai dalam gamis dan hijab, atau pada inner dan outerwear (misal, kemeja dan jas, blus dan blazer). Tergantung tujuan penggunaannya, namun Knittopreneus bisa memilih jalan aman dengan menambahkan aksen putih dan hitam sebagai sepatu atau tas. 

Ada lagi rekomendasi yang membuat Knittopreneurs bisa tampil lebih feminim. Gunakan perpaduan navy dan pink, yang mana pada shade baby pink, warna ini bisa memberikan sentuhan girly dan playful pada navy yang terlihat lebih maskulin.

Keduanya merupakan warna-warna yang masuk dalam kategori “dingin.” Maka, Minto rekomendasikan untuk digabungkan dengan aksen-aksen yang senada, bisa berupa aksesoris putih atau silver. Knittopreneurs bisa memakainya untuk acara-acara semi-formal atau hangout bersama teman.

Warna earth tone lainnya yang cocok dipadukan dengan navy adalah coklat. Menggunakan keduanya bisa membuat Knittopreneurs tampil lebih earthy dan elegan. Saat dipakai, coklat juga memberikan kesan hangat pada navy yang lebih dingin.

Sebagai gaya berpakaian, kombinasi ini cocok untuk kamu yang ingin tampil stylish dan dewasa. Misalnya untuk acara-acara formal atau meeting kerja, Knittopreneurs bisa memakai atasan navy dengan bawahan coklat, atau sebaliknya. Bisa juga menambahkan aksesoris berwarna beige atau gold.

Ada juga warna yang lebih “glamor” dan mewah saat digabungkan dengan navy, yaitu silver. Keduanya saat dipakai juga kental dengan nuansa modern, silver memberikan sentuhan yang edgy pada navy yang lebih kalem. Sangat ideal untuk digunakan pada acara-acara formal atau pesta malam.

Namun, untuk Knittopreneurs yang memakainya sebagai ide outfit sehari-hari, jangan khawatir. Ada alternatif yang lebih cocok dipakai untuk harian, yaitu navy dan abu-abu tanpa shimmer. Penampilan bisa jadi lebih kalem dan tidak stand out

Terakhir, selain baby pink, Minto juga merekomendasikan warna navy cocok dengan warna apa yang merupakan pilihan pink pekat, yaitu fuschia. Keduanya adalah perpaduan yang terlihat berani dan feminim disaat yang bersamaan. Sama seperti mustard, fuschia adalah warna komplementer dari navy.

Karena keduanya berada pada sisi roda warna yang berbeda, penggunaanya bisa jadi lebih fleksibel. Misal, untuk Knittopreneurs yang memiliki cool undertone, gunakan navy sebagai luaran dari outfit. Sementara untuk yang punya warm undertone, fuschia bisa membuat warna kulit terlihat lebih cerah. 

Tips Tambahan dalam Menilai Warna Navy Cocok dengan Warna Apa

Tips Tambahan dalam Menilai Warna Navy Cocok dengan Warna Apa
Tips Tambahan dalam Menilai Warna Navy Cocok dengan Warna Apa

Selain faktor dari warnanya sendiri, ada juga beberapa hal yang bisa Knittopreneurs pertimbangkan sebelum memilih padu padan outfit warna navy cocok dengan warna apa. Ini dia daftarnya!

  • Pertimbangkan Warna Kulit

Warna navy terlihat indah pada kulit cerah karena memberikan kontras yang menarik, dan bisa dipadukan dengan berbagai warna cerah lainnya, seperti putih, kuning, merah muda, atau biru muda.

Jika Knittopreneurs memiliki kulit kuning langsat, coba kombinasi dengan warna-warna earthy seperti coklat, beige, atau hijau zaitun. Jika warna kulitnya sawo matang, padukan dengan warna-warna cerah seperti putih, kuning, atau merah muda untuk memberikan pop of color yang menarik.

  • Perhatikan Suasana dan Acara

Misalnya, Knittopreneurs tengah bertanya-tanya baju warna navy cocok dengan warna apa di acara formal. Rekomendasi versi Minto adalah yang lebih “aman”, seperti warna-warna netral (putih, hitam, abu-abu, atau coklat).

Namun, jika hanya hendak pergi hangout santai, saatnya bereksperimen! Gunakan warna cerah, atau bahkan denim, untuk tampilan yang santai dan chic. Sementara untuk acara pesta, pilih warna yang lebih berani dan glamor, seperti navy dengan merah, ungu, atau fuschia. 

Yang terpenting, pilihlah kombinasi warna yang membuatmu merasa percaya diri ya, Knittopreneurs!

Baca Juga: Warna Abu-Abu Cocok dengan Warna Apa? Temukan Kombinasinya!

Warna Navy di Knitto Textiles

Ilustrasi Macam Macam Produk Warna Navy dan Contoh T Shirt Warna Navy dari Knitto
Ilustrasi Macam Macam Produk Warna Navy dan Contoh T Shirt Warna Navy dari Knitto

Dapatkan banyak pilihan bahan kaos dan kain warna navy di Knitto Textiles! Warna biru gelap ini tersedia dalam 3 (tiga) varian, yaitu navy, light navy, dan dark navy. Namun, jika yang Knittopreneurs cari adalah warna biru yang klasik, maka carilah pada kategori bahan berikut: 

Daftar warna dan bahan di atas bisa Knittopreneurs gunakan untuk membuat berbagai macam pakaian. Bisa cek di website utama Knitto juga jika menginginkan warna lainnya, ya!

Baca Juga: Padu Padan Outfit Warna Pink Kamu dengan Kombinasi Ini, Dijamin Cocok!

Itu dia penjelasan yang bisa menjawab warna navy cocok dengan warna apa versi Minto. Knittopreneurs, favoritnya yang mana nih? 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]