Apakah Kain Bahan Kaos bisa Dijadikan Batik

0
Rate this post

Apakah Kain Bahan Kaos bisa Dijadikan Batik – Batik merupakan salah satu warisan negara tercinta kita, Indonesia. Batik merupakan kerajinan seni melukis diatas kain menggunakan cairan lilin panas yang tersimpan dalam canting, alat untuk membuat batik tulis.

Seiring perkembangan zaman, akhirnya tercipta 2 teknik membuat batik lainnya yaitu batik cap dan batik lukis. Batik cap merupakan batik yang motifnya dibuat dari cap yang terbuat dari lempengan tembaga, sedangkan batik lukis adalah batik yang proses membuat motifnya dengan cara langsung melukiskan di atas kainnya.

Terdapat banyak sekali jenis corak batik di setiap wilayah Indonesia. Corak dan warna batik di suatu wilayah umumnya dipengaruhi oleh seni budaya pada wilayah tersebut. Terkadang, suatu motif batik berasal dari satu keluarga dan dipakai secara terbatas.

Pada masa lalu, batik juga dapat menunjukkan status dari pribadi yang menggunakan batik tersebut. Bahkan hingga saat ini, terdapat corak batik yang hanya dapat digunakan oleh keluarga keraton dan surakarta. Batik tersebut disebut Batik Larangan, dan corak tersebut dipilih dan ditetapkan oleh Sultan yang sedang bertahta pada masa tersebut.

Kain yang dapat dipakai Membatik

  1. Kain Mori

Kain Mori adalah kain yang umumnya digunakan sebagai bahan membatik. Kain Mori umumnya terbuat dari serat kapas. Kain Mori memiliki permukaan yang halus dan lembut sehingga cocok dijadikan kain batik. Terdapat 3 jenis kain mori utama yaitu Mori Primisima, Mori Prima, dan Mori Biru. Kain Mori Primisima adalah Kain Mori yang memiliki kualitas terbaik. Terdapat beragam jenis Kain Mori lainnya yang sudah beredar di pasaran juga.

2. Kain Katun

Kain Katun merupakan kain yang terbuat dari serat kapas. Kain katun memiliki variasi kain yang sangat luas. Kain katun memiliki permukaan yang lembut dan halus sehingga cocok dijadikan kain batik

3. Kain Sutra

Kain Sutra merupakan kain yang terbuat dari kepompong ulat sutra. Kain Sutra merupakan salah satu kain premium yang memiliki harga mahal dan menawarkan banyak kelebihan pada kainnya seperti teksturnya yang sangat halus dan lembut.

4. Kain Single Knit / Double Knit (Bahan Kaos)

Kain Single Knit atau Double Knit merupakan kain bahan kaos. Kain ini memiliki banyak varian seperti Cotton Combed, Cotton Carded, dan lainnya. Walaupun masih jarang dijumpai membatik pada permukaan kain ini, kain ini tetap dapat digunakan untuk membatik.

Kelebihan Kain Bahan Kaos untuk Membatik

Kain bahan kaos dapat dijadikan media membatik walaupun masih jarang ditemui. Kain bahan kaos dapat menyerap warna lebih baik karena umumnya kain bahan kaos terbuat dari serat kapas yang memiliki kemampuan menyerap cairan dengan sangat baik.

Rekomendasi Kain Bahan Kaos untuk Membatik

Batik

  1. Cotton Combed

Cotton Combed merupakan kain yang terbuat dari 100% serat katun yang berasal dari tumbuhan kapas. Cotton Combed melewati proses penyisiran menggunakan mesin combing pada proses pembuatannya.

Cotton Combed mampu menyerap keringat, sejuk saat dipakai, serta halus dan lembut. Karena mampu menyerap dengan baik, kain ini cocok dijadikan media membatik.

Apakah Kain Bahan Kaos bisa Dijadikan Batik

2. Cotton Bamboo

Cotton Bamboo merupakan kain yang terbuat dari 2 campuran serat, Kain Cotton Bamboo Knitto Textile mengandung 30% serat katun dan 70% serat bambu. Cotton Bamboo merupakan kain berkualitas premium dan mempunyai sejumlah keunggulan.

Keunggulannya yaitu teksturnya yang halus dan lembut, bahannya jatuh dan tidak mudah kusut, sejuk, mempunyai kandungan anti bakteri, anti bau dan anti jamur, serta terdapat anti sinar UV. Kain ini juga sangat baik dalam menyerap sehingga cocok dijadikan media membatik.

bahan tencel

3. TENCEL™ Modal Blended with Cotton

TENCEL™ Modal Blended with Cotton merupakan kain Knitto Textiles yang terbuat dari campuran serat katun 50% dan serat TENCEL™ Modal 50%. Kain TENCEL™ Modal Blended with Cotton 30s merupakan kain biodegradable dan dapat diperbaharui sehingga ramah lingkungan, serta kain ini dapat diuraikan oleh alam.

Kain ini memiliki ciri khas permukaanya yang terlihat licin, lembut, dan sejuk di kulit sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Kain ini juga mampu menyerap dengan baik sehingga cocok dijadikan media membatik.

Kamu bisa menemukan 3 kain ini di Knitto Textiles. Tersedia hingga 100 varian warna dan berbagai jenis ketebalan kain. Kamu juga bisa menemukan kain bahan kaos lainnya yang tidak kalah bagus kualitasnya di Knitto Textiles. 

Nah gimana? Tertarik nggak untuk coba membatik pakai bahan kaos? Yuk coba membatik menggunakan kain bahan kaos! Temukan bahan kaos berkualitas hanya di Knitto Textiles. Kunjungi website official dan Knitto Portal untuk melihat e-catalog, price list, dan cek stok barang terupdate.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur