Bagaimana Cara Mendapatkan Modal Usaha?

0
modal usaha

Dalam memulai bisnis ataupun mengembangkan bisnis banyak hal yang harus kamu persiapkan dan merupakan hal yang wajib agar bisnis berjalan lancar. Salah satu hal yang wajib untuk dimiliki ketika akan memulai bisnis adalah mempunyai usaha yang cukup. Tidak hanya ketika memulai bisnis saja, ketika bisnis sudah berjalan pun kamu harus tetap mempunyai modal terutama untuk bisa mengembangkan bisnis. Jadi bisa dikatakan modal usaha itu sangat penting untuk keberlangsungan sebuah bisnis, karena tanpa adanya modal, bagaimana bisa bisnis kamu terus berjalan?

Mencari modal awal untuk kamu yang saat ini mau memulai bisnis, atau mungkin modal tambahan untuk kamu yang mau mengembangkan bisnis, terkadang memang tidak mudah, coba simak beberapa cara untuk mendapatkan modal bisnis ini ya!

  • Mencari Investor

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mencari investor, memang tidak mudah tapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Maka dari itu sebagai pengusaha, kamu harus mempersiapkan proposal bisnis yang menarik, buat strategi usaha yang bagus dan pastikan produk bisnismu juga menarik di mata investor.

  • Menggunakan pinjaman dari kerabat atau keluarga

Tidak ada salahnya jika kamu mendapatkan modal dengan meminjam kepada keluarga atau temanmu, asalkan, kamu harus berkomitmen untuk mengembalikan dan berikan kepastian kapan uang tersebut akan dikembalikan. Jangan sampai hubungan kekerabatan atau keluarga menjadi tidak baik karena kamu lalai dalam mengembalikan pinjaman, ingat seorang pengusaha itu harus bisa memegang kepercayaan dan dipercaya.

  • Menggunakan Pinjaman Bank

Saat ini sudah banyak sekali Bank yang menyediakan pinjaman untuk mereka yang membutuhkan modal bisnis. Jika kamu ingin menggunakan cara ini juga tidak jadi masalah, asalkan sesuaikan pinjaman yang kamu ajukan dengan kemampuanmu, dan pilih nilai bunga yang tidak terlalu tinggi dan mencekik keuanganmu. Sebelum kamu memutuskan untuk meminjam ke Bank, coba kamu hitung terlebih dulu berapa kebutuhan kamu dan income yang kamu dapatkan setiap bulannya.

  • Menjual Aset

Sebagai seorang pengusaha, terkadang kita harus berkorban lebih di awal agar bisnis yang dijalankan bisa terus besar dan berkembang. Dan salah satu cara lain agar kamu bisa dapat modal adalah dengan menjual aset yang kamu punya, seperti kendaraan atau properti dan perhiasan. Aset yang kamu punya sekarang bisa kamu manfaatkan terlebih dahulu untuk bisnis, jika sudah dapat keuntungan kamu bisa membeli aset baru. 

  • Menggadaikan Aset

Jika kamu merasa berat untuk menjual langsung aset yang kamu punya, ada opsi lain agar kamu bisa memanfaatkan aset untuk bisnis tanpa kehilangan aset tersebut, yaitu dengan digadaikan. Proses penggadaian aset pun cukup mudah, dan juga besaran modal yang kamu dapatkan dari menggadaikan aset ini harus tetap kamu perhatikan ya, jangan sampai berlebihan.

  • Mencari Rekan Bisnis

Cara lain agar persiapan biaya modal kamu tidak terlalu berat adalah dengan mencari rekanan bisnis. Selain mendapatkan tambahan modal usaha, kamu dan partner bisnismu bisa saling bertukar ide kreatif, tapi ingat juga ya, kamu harus memastikan rekanan bisnis kamu mempunyai visi misi bisnis yang sama denganmu, agar proses menjalankan bisnis berjalan lancar dan meskipun mendapatkan kendala, kamu dan rekan bisnismu tetap bisa melalui rintangannya tanpa ada perselisihan.

  • Mengikuti Program Pinjaman UKM

Selain beberapa cara di atas, saat ini banyak sekali lembaga pemerintah atau swasta yang banyak menawarkan program untuk Usaha Kecil dan Menengah dengan menawarkan pinjaman modal usaha. Bahkan, tidak sampai ke peminjaman modal saja, ada juga yang memberikan pelatihan sampai pendampingan di awal bisnis dirintis. 

Berbicara soal program pinjaman yang diadakan oleh lembaga pemerintah untuk para pebisnis muda dan pemula, Pernahkah kamu mendengar istilah KUR? Ternyata, KUR juga bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu coba untuk bisa mendapatkan modal usaha. 

Apa itu KUR?

Kredit Usaha Rakyat adalah layanan kredit atau pembiayaan usaha yang diberikan oleh pemerintah melalui perbankan yang sudah ditunjuk secara resmi kepada UMKM yang memiliki kelayakan usaha, potensi dan prospek bisnis yang baik serta mempunyai kemampuan untuk mengembalikan pinjaman.

Bagaimana agar bisa mendapatkan KUR? 

Untuk bisa mendapatkan KUR atau Kredit Usaha Rakyat, yang harus kamu lakukan pertama-tama, pastikan usaha kamu termasuk kedalam usaha produktif ya. Lalu ada beberapa persyaratan dan dokumen yang harus kamu siapkan sebagai syarat. Persiapkan KTP, Kartu keluarga, keterangan domisili, legalitas usaha (akta pendirian usaha), izin usaha (SIUP, TDP), laporan keuangan, proposal usaha, dan persyaratan tambahan lain yang mungkin diminta oleh bank. Dana pinjaman ini akan disalurkan oleh beberapa bank yang memang sudah ditunjuk oleh pemerintah. 

Berikut ini beberapa Bank yang sudah di tunjuk oleh pemerintah untuk menyalurkan KUR seperti: 

  • Bank Rakyat (BRI)
  • Bank Negara Indonesia (BNI)
  • Bank Tabungan Negara (BTN)
  • Bank Mandiri
  • Bank Bukopin
  • BNI Syariah
  • Bank Syariah Mandiri (BSM).

Jika kamu sudah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan, kamu harus segera mendatangi bank yang sudah ditunjuk oleh pemerintah untuk mendapatkan KUR. 

Setelah kamu mendatangi Bank, selanjutnya silahkan kamu ikuti prosedur yang diberikan oleh pihak Bank agar kamu bisa mendapatkan bantuan KUR ini. Nantinya pihak akan Bank melakukan survei terlebih dahulu terhadap bisnis kamu dan Bank akan menilai apakah bisnis kamu layak mendapatkan bantuan KUR, jika usaha kamu dianggap layak maka KUR akan disetujui oleh pihak Bank. 

Maka dari itu sebelum kamu mengajukan KUR ke Bank, ada baiknya untuk mengkaji terlebih dahulu apakah bisnis kamu sudah layak untuk mendapatkan KUR? Juga untuk mempermudah proses penyetujuan dari pihak Bank.

Maksud dan Tujuan KUR

Penyelenggaraan KUR ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM atau bisnis-bisnis yang baru dirintis dan menciptakan lapangan kerja baru. Agar semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk berbisnis dan mengembangkan bisnisnya.

Jadi dari semua cara untuk mendapatkan modal ini, mana yang akan kamu pilih? Untuk kamu yang sedang membutuhkan modal terutama untuk mengembangkan bisnis, tidak ada salahnya untuk menggunakan program KUR dari pemerintah ini. 

Semoga ulasan kami ini bisa sedikitnya memberikan solusi untuk kamu yang sedang mencari cara untuk mendapatkan modal. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, , Jawa Barat, Indonesia

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @

Email : info@knitto.co.id

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082120003035

 TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG 

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 &8211; 302, Semarang

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here