7 Bahan Batik Yang Bagus Untuk Kamu Gunakan

0
5/5 - Vote count: 30 votes

Batik merupakan kain yang menjadi identitas budaya Indonesia, yang sudah hadir berabad-abad lamanya, bahkan sudah diresmikan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober tahun 2009.

bahan batik yang bagus
bahan batik yang bagus

Banyak sekali jenis batik yang datang dari berbagai daerah dengan ciri khas dan keunikannya masing-masing yang semakin mempercantik kain batik tradisional Indonesia. Berbicara soal kain batik, kain ini bisa dibuat dari berbagai macam bahan dasar yang tentunya akan mempunyai hasil karakteristik yang berbeda juga. 

Pada artikel ini, Minto akan menjelaskan beberapa jenis bahan batik yang bagus untuk kamu gunakan agar nyaman dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

7 Bahan Batik Yang Bagus Untuk Kamu Gunakan

1. Bahan Yang Bagus Untuk Batik: Kain Rayon

Rayon adalah serat selulosa yang termasuk ke dalam jenis serat semi-sintetis, berasal dari tumbuhan alami (seperti pohon beech atau bambu), jika dibuat dari serat alami mengapa kain ini termasuk jenis semi-sintetis? Karena rayon mengalami proses kimia yang intensif, sehingga kain ini masuk ke dalam kategori tersebut.

Rayon juga dikenal di pasaran dengan sebutan Viscose Rayon, serat ini cukup serbaguna dan bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, salah satunya sebagai bahan pakaian di industri tekstil. Maka dari itu batik pun dibuat menggunakan bahan Rayon yang mana menghasilkan bahan batik yang bagus dan nyaman ketiga digunakan. Tekstur kain batik dari bahan ini menjadi halus dan lembut, warna yang dimiliki kain batik dari bahan rayon juga lebih cerah. Kainnya pun tidak mudah kusut, licin dan terlihat berkilau permukaannya.

2. Bahan Yang Bagus Untuk Batik: Kain Mori

Kain berwarna putih yang punya tingkat kerapatan dan ketebalan yang sempurna untuk sebuah kain batik. Tekstur kainnya yang lembut membuat kain ini juga menjadi sangat nyaman dan cocok jika disebut sebagai bahan batik yang bagus. Kian yang juga sering disebut dengan “Cambric” juga merupakan kain yang dibuat dengan cara di tenun. Di pasaran terdapat beberapa jenis kain Mori yang dibedakan melalui jenis benang tenun yang dipakai, lalu kerapatan anyamannya juga. Berikut ini beberapa jenis kain Mori yang bisa kamu temukan di pasaran

  • Mori Primissima
  • Mori Prima
  • Mori Biru
  • Mori Berkolissima
  • Mori Voilissima 
  • Mori Shantung.

3. Bahan Yang Bagus Untuk Batik: Kain Paris

Mau kain batik yang teksturnya lembut dan jatuh? Minto merekomendasikan kamu untuk memilih kain batik yang menggunakan bahan dasar kain Paris. Kain ini memang terlihat tipis, tapi sebenarnya kain ini tetap kuat bahkan jika dibandingkan dengan bahan lain pun kain ini lebih kuat.

4. Bahan Yang Bagus Untuk Batik: Kain Dobby

Bahan batik yang bagus selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah kain Dobby. Kain Dobby juga merupakan kain yang dibuat menggunakan teknik tenun, kain ini juga sering disebut dengan kain tenun timbul. Bahan ini dibuat dari campuran serat katun dan Polyester, campuran dari kedua bahan dasar ini akan menghasilkan kain yang polanya cukup menarik seperti motif serat kotak, garis atau bahkan abstrak.

Tekstur dari kain Dobby juga cukup halus ya, dan kain ini sebenarnya bukan kain yang asik di mata para pembatik, meskipun memang kualitasnya tidak sebanding dengan kain sutra tapi kain ini termasuk kain yang banyak disukai juga oleh orang-orang, dan jangan salah harga dari kain batik dari bahan dobby juga mempunyai harga yang cukup mahal lho!

5. Bahan Yang Bagus Untuk Batik: Kain Nanas

Pohon nanas ternyata bukan hanya bisa dimanfaatkan buahnya saja untuk dimakan, tapi daun nanas pun bisa dimanfaatkan dan dibuat kain, yang mana menggunakan bagian seratnya. Pemilihan daun untuk kain serat nanas ini pun tidak sembarangan, karena setidaknya daun yang digunakan harus berusia 1 sampai 1,5 tahun setelah ditanam, karena jika terlalu muda maka serat kain yang dihasilkan nantinya tidak akan terlalu kuat.

Karakteristik dari kain ini cenderung kaku dan transparan, tetapi memiliki kilauan lembut dan garis halus. Sama seperti katun, kain ini mampu menyerap keringat dengan baik.

Di pasaran juga terdapat beberapa tingkatan kualitas kain nanas dari yang paling kasar sampai kepada yang paling halus.

Menggunakan kain serat nanas sebagai bahan batik yang bagus adalah pilihan yang sangat pas, karena batik kamu akan terlihat lebih beda dan eksklusif.

6. Bahan Yang Bagus Untuk Batik: Kain Sutra

Mau kain batik dengan kualitas yang lebih baik lagi? Minto sarankan kamu gunakan kain batik dengan bahan dasar Sutra. Kenapa Sutra? Karena kain ini akan memberikan kesan yang eksklusif, kain ini dibuat dari kepompong yang dihasilkan larva ulat sutra murbei yang diternak.

Kain sutra mempunyai permukaan yang berkilau, tekstur kainnya sangat halus dan lembut, kualitas dari kain ini sangat bagus, dan juga kainnya fleksibel, kuat, tidak mudah rusak atau robek.

Sebagai bahan batik yang bagus, kain sutra mempunyai daya serap yang baik, kainnya nyaman dan tampak elegan. Kain ini pun cepat kering, dan mampu melindungi kuliat dari pancaran sinar matahari.

7. Bahan Yang Bagus Untuk Batik: Kain Cotton Combed

Kain terakhir yang bisa kamu gunakan untuk membuat batik adalah bahan katun, sebenarnya banyak ya jenis katun yang ada di pasaran baik yang dibuat dengan cara ditenun maupun di rajut sama seperti kain katun rajut yang ada di Knitto.

Memang kain katun yang ada di Knitto bisa digunakan untuk membuat batik? Tentu bisa, salah satu jenis kain yaitu Cotton Combed bisa kamu pilih untuk membuat kaos batik. Pasti kaos batik yang kamu buat akan sangat nyaman ketika digunakan. 

Kain Cotton Combed 30s bisa kamu pilih untuk bahan dasar kaos batik, kenapa harus kain ini? Karena kain ini mempunyai tekstur yang lembut dan halus, kainnya bisa menyerap keringat atau air dengan sangat baik, bahannya yang kuat dan juga kain ini menyerap warna dengan baik. Kain Combed Knitto merupakan kain dengan kualitas premium, tidak akan menyesal jika kamu menggunakannya.

Kain Combed ini bisa kamu gunakan untuk membatik dengan proses printing, atau batik cap. Dengan membuat kaos batik, maka kamu juga sama dengan menjaga warisan budaya kita dan agar batik bisa lebih casual lagi, bisa digunakan sehari-hari tidak hanya pada saat acara-acara tertentu saja kan?

Baca Juga: 6 Celana Wanita Kekinian di Tahun 2023

Jadi gimana Knittopreneurs? Kira-kira kain mana nih yang akan kamu pilih sebagai bahan batik yang bagus untuk kamu gunakan? Minto rasa sih semua jenis bahan di atas adalah bahan yang bagus, tapi memang masing-masing pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing, sekarang tinggal kembali lagi kepada kebutuhan kamu.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur