5 Karakteristik Bahan Rayon Premium Terbaik Serta Keunggulannya

0
5/5 - Vote count: 301 votes

5 Karakteristik Bahan Rayon Premium Terbaik Serta Keunggulannya – Bukan hanya Cotton Combed, Cotton Bamboo, Cotton Carded, Baby Terry, Denim, Linen, dan jenis bahan katun lainnya saja yang saat ini banyak digunakan oleh produsen pakaian dan digemari di pasaran. Ada satu jenis bahan yang cukup populer di pasaran dan kainnya juga nyaman untuk digunakan, mungkin kamu juga pernah mendengar bahan rayon premium. 

Bahan Rayon Premium
Bahan Rayon Premium

bahan rayon premium sebenarnya bagaimana ya karakteristiknya? lalu apa keunggulan dari kain ini dibandingkan dengan jenis kain lain yang ada di pasaran?

Tenang Knittopreneurs, di artikel kali ini Minto akan membahas semua tentang bahan rayon premium khusus untuk kamu, jadi simak sampai habis artikel ini ya.

Apa itu Bahan Rayon Premium?

Rayon adalah serat selulosa yang dibuat oleh manusia dan termasuk ke dalam serat semi-sintetis , serat ini berasal dari tumbuhan alami (seperti pohon beech atau bambu), rayon mengalami proses kimia yang intensif, sehingga kita menyebutnya sebagai bahan semi-sintetis.

Rayon juga dikenal di pasaran dengan sebutan Viscose Rayon, serat ini cukup serbaguna dan bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, salah satunya sebagai bahan pakaian di industri tekstil.

Melihat sejarahnya, sebenarnya kain ini bukanlah jenis kain baru. Karena kain ini dikembangkan pertama kali pada tahun 1855, tetapi istilah atau nama rayon secara resmi diadopsi pada tahun 1924.

Serat Rayon merupakan salah satu jenis serat yang banyak digunakan terutama untuk kebutuhan industri fashion. Pangsa pasarnya sekitar 79% dan total produksi nya mencapai 5.3 juta ton pada tahun 2018.

Di industri fashion sendiri, kain dari serat ini digunakan untuk berbagai kebutuhan, kamu akan menemukan banyak pakaian dari kain ini seperti pakaian rajut, pakaian olahraga, blus, gaun, kemeja formal, sweater, piyama, pakaian dalam, bahkan kaos sekalipun.

5 Karakteristik Bahan Rayon Premium

  1. Halus dan Lembut. Kain rayon mempunyai karakteristik yang lembut, sangat nyaman teksturnya, halus dan lembutnya kain ini akan sangat terasa ketika kamu menyentuh atau melakukan handfeel pada kainnya. Lembutnya kain ini hampir sama seperti kain katun dan linen.
  2. Berkilau. Bahan Rayon premium selain mempunyai tekstur yang halus dan lembut kain ini juga mempunyai permukaan yang berkilau, membuat kain ini mempunyai kesan yang elegan, tidak heran kan jika kain ini juga digunakan untuk membuat pakaian wanita salah satunya adalah dress.
  3. Kainnya Jatuh. Kain ini mempunyai karakteristik yang bagus, sehingga kainnya pun jatuh. Kain dengan karakteristik yang jatuh biasanya cukup mudah untuk dibentuk atau di pola menjadi berbagai jenis pakaian. Pastinya jika kain ini jatuh maka, bahan rayon premium juga akan nyaman digunakan.
  4. Daya Serap Baik. Perlu kamu ingat jika bahan ini dibuat dari serat alami, meskipun proses pembuatannya menggunakan beberapa proses yang membutuhkan bahan kimia. Tapi tetap saja sifat dari bahan rayon premium adalah mempunyai daya serap yang baik bahkan lebih baik dibandingkan dengan kapas.
  5. Mempunyai Sirkulasi Udara Yang Baik. Kain Rayon ternyata juga mempunyai karakteristik yang bagus karena mempunyai sirkulasi udara yang baik atau breathable, sehingga kain ini tidak akan menahan panas tubuh.
  6. Sejuk dan Adem. Karena kain Rayon juga tidak menahan panas, sehingga bahan ini terasa sejuk dan mempunyai sirkulasi udara yang baik.

Dari karakteristik kain rayon di atas bisa disimpulkan jika kain ini mempunyai kualitas yang bagus kan? Maka dari itu jika kamu ingin memilih kain ini sebagai bahan untuk pakaian kamu pun tidak akan merugi sepertinya.

Keunggulan Bahan Rayon Premium

Keunggulan apa yang dimiliki oleh bahan rayon yang sering digunakan sebagai bahan pakaian? 

  • Kainnya lembut sehingga nyaman dipakai, sesuai dengan karakteristik kainnya yang sudah Minto sebutkan sebelumnya.
  • Kainnya mempunyai penampakan yang sangat cantik, dan memberikan kesan yang mewah pada kainnya.
  • Kainnya terasa dingin saat digunakan, sehingga tetap sejuk meskipun disaat udara atau cuaca yang panas, dan kainnya pun menyerap keringat ataupun air dengan sangat baik.
  • Bahan Rayon premium ini juga tidak mudah kusut.
  • Kain Rayon juga cukup tahan lama karena akan tetap terjaga kainnya, dan warna pada kainnya pun cukup kuat.

Kekurangan Bahan Rayon Premium

Dibalik adanya keunggulan sebuah kain, pasti ada juga kekurangannya sama halnya dengan bahan rayon premium yang mempunyai beberapa kekurangan, seperti:

  • Kain Rayon ternyata cukup mudah untuk menyusut, maka dari itu kamu harus berhati-hati saat mencuci dan lebih memperhatikan perawatannya.
  • Kain ini ternyata jadi kurang kuat ketika kondisi basah.
  • Kain Rayon tidak terlalu stretch atau tidak cukup lentur.
  • Kaini ni sebenarnya tidak termasuk kain yang sustainable, berbeda dengan kain Modal.

Adanya kekurangan pada bahan rayon tidak berarti jika kain ini berkualitas buruk atau jelek ya, kain ini tetap bagus untuk digunakan sebagai bahan pakaian, yang terpenting adalah bagaimana kamu menggunakan kain ini dan bagaimana kamu merawat kainnya.

Cara Merawat Bahan Rayon Premium

Mengingat kain ini cukup mudah menyusut sehingga kamu harus sangat berhati-hati dalam merawat kainnya terutama ketika kamu mencuci kainnya. Berikut ini adalah bagaimana cara kamu merawat bahan rayon.

  • Mencuci baju dengan bahan rayon sebaiknya menggunakan tangan, untuk menghindari kerusakan, tetapi kamu tetap bisa menggunakan mesin cuci juga, pilih program mencuci “Wool or Silk Wash” ketika mencuci menggunakan mesin, selain itu usahakan untuk mencuci pakaian ini dengan air dingin jika ingin menggunakan air hangat pun jangan terlalu panas ya. Berhati-hatilah dan selalu cek label instruksi penggunaan dan care instruction nya.
  • Jangan jemur pakaian dari bahan rayon di bawah sinar matahari langsung, lebih baik kamu keringkan dengan cara diangin-angin saja, untuk mencegah pakaian menyusut.
  • Jika kamu mau menyetrika pakaian ini, gunakan suhu setrika yang rendah, jangan terlalu panas.
  • Gunakan kecepatan yang rendah juga ketika akan mengeringkan pakaian ini menggunakan mesin, dan sebaiknya usahakan untuk mengeringkan secara manual saja, atau cukup dengan digantung.
  • Jangan gunakan detergen yang terlalu banyak, gunakan deterjen yang aman ya.
  • Jika terdapat noda pada pakaian kamu, sebaiknya langsung bersihkan menggunakan air atau langsung cuci.

Tahan lama atau tidaknya sebuah pakaian memang sangat bergantung pada cara kamu merawat dan mencucinya, jika kamu sudah menjaga dan merawat pakaian tersebut dengan baik, pasti pakaiannya pun akan tahan lama dan bisa kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu seperti yang Minto sebutkan, kamu harus membaca care instruction atau instruction label pada pakaian kamu untuk mengetahui bagaimana cara merawat pakaian tersebut.

So, apakah informasi yang Minto sampaikan tentang bahan rayon premium ini sudah cukup jelas untuk kamu? Jika sudah cukup jelas, jangan lupa aplikasikan tips yang Minto berikan ini ya. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai sini, sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Baca Juga: Warna Kaos Yang Bagus Yang Akan Tren di 2023

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur