7 Jenis Bahan Rayon Terbaik Serta Kelebihan dan Kekurangannya

0
5/5 - Vote count: 312 votes

Bahan Rayon Seperti Apa ?

Bahan rayon adalah salah satu jenis bahan yang cukup sering digunakan di dalam industri tekstil. kain rayon masih menjadi salah satu pilihan utama, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia.

Bahan Rayon
Bahan Rayon

Bahan tekstil yang satu ini memiliki kemampuan daya serat yang tinggi, yaitu sekitar 11-13%. Kain rayon mempunyai kelebihan karena cocok digunakan sebagai bahan pembuatan hampir segala jenis pakaian.

Bahan rayon berasal dari polimer organik sehingga disebut serat semi sintetis karena tidak dapat digolongkan sebagai serat sintetis atau serat alami yang sesungguhnya. Serat kain rayon memiliki unsur kimia karbon, hidrogen, dan oksigen.

Dalam dunia industri tekstil, kain rayon dikenal juga dengan sebutan rayon viskosa atau sutra buatan. kain rayon biasanya akan terlihat berkilau dan juga tidak mudah kusut.

Baju bahan rayon digunakan secara luas dalam industri tekstil untuk bahan pakaian dan perlengkapan busana seperti jaket, daster, jas, pakaian dalam, syal, topi, dasi, kain pelapis sepatu, dan lain-lain. Bahan katun rayon juga kerap dipakai sebagai bahan untuk membuat alat rumah tangga seperti sprei, selimut, dan tirai.

Sejarah Bahan Rayon

Bahan ini diprakarsai oleh dua orang berkewarganegaraan Perancis yaitu Louis Pasteur dan Cout Hilaire de Chardonnet. Ide mereka muncul ketika terjadi serangan penyakit pada ulat sutera 1860.

Hal tersebut membuat kedua orang ini berusaha membuat kain yang bisa digunakan sebagai pengganti sutra. Usaha mereka membuahkan hasil karena pada tahun 1885 mereka menemukan serat dari pulp kayu yang akhirnya mereka patenkan.

Karakteristik Bahan Rayon

  • Daya serap tinggi mirip katun. 
  • Kilaunya tampak alami. 
  • Hal ini membuat teksturnya kurang elastis. 
  • Bahannya mudah diwarnai, sehingga varian warnanya sangat beragam. 
  • Tidak mudah kusut. 
  • Lebih mudah terbakar dibandingkan bahan lain yang juga terbuat dari serat tumbuhan. 
  • Teksturnya licin, halus, dan lembut menyerupai sutra. 
  • Retensi atau daya tahan bentuk serat rayon cenderung rendah. 

Kelebihan Bahan Rayon

  1. Harganya Terjangkau

Rayon merupakan jenis kain yang harganya terjangkau. Harga murah tersebut akan semakin mudah didapatkan bila kamu membelinya dalam bentuk gulungan. Tak heran, jika berbagai jenis pakaian berbahan dasar rayon umumnya juga dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau.

2. Teksturnya Lembut dan Licin

Salah satu kelebihan kain rayon yang membuatnya jadi populer adalah tekstur yang lembut dan licin. Tekstur yang menyerupai sutra ini tidak menimbulkan gesekan berlebihan pada permukaan kulit. Dengan begitu, risiko iritasi kulit akibat bahan pakaian pun dapat diminimalkan. lalu bagaimana agar pakaian tetap lembut? kain rayon harus diperlakukan secara lembut juga.

3. Tidak Mudah Kusut

Karena teksturnya lembut dan licin, kain rayon juga tidak mudah kusut meskipun digunakan dalam waktu lama. kamu pun jadi percaya diri saat menggunakan pakaian berbahan rayon sebab pakaian tersebut akan lebih tampak rapi sepanjang hari.

4. Varian Warnanya Sangat Beragam

Karakteristik bahan yang mudah diwarnai membuat variasi warna kain rayon sangat beragam. Bahkan, warna-warna cerahnya tampak sangat menarik dan bebas dipilih sesuai selera. Selain itu, varian kain rayon berwarna gelap juga tak kalah banyak untuk dipilih.

kamu yang berencana membuat baju lebaran, kerudung, atau kaftan dengan warna-warna kalem bisa mempertimbangkan bahan satu ini.

Kekurangan Bahan Rayon

  1. Menghasilkan Bau Tidak Sedap

Apabila pakaian rayon tidak dikeringkan dengan benar, kemungkinan besar pakaian tersebut akan menghasilkan bau tak sedap. Karena kain rayon rentan menyerap keringat dan kotoran, kamu harus membersihkannya secara telaten. Hal ini penting dilakukan untuk membuat pakaian rayon kesayangan kamu selalu nyaman digunakan.

2. Mudah Luntur Saat Dicuci

Proses mencuci pakaian berbahan rayon memang tak boleh sembarangan. Hal ini karena kain rayon cenderung rentan luntur dan mudah mengalami perubahan warna. Sebaiknya, kamu mencuci pakaian berbahan rayon dengan tangan agar lebih awet.

3. Lekuk Tubuh Terlihat Lebih Menonjol

Tekstur rayon yang licin dan lembut membuat lekuk tubuh tampak lebih menonjol. Sebaiknya, para wanita muslimah menggunakan pakaian berbahan rayon sebagai outer. Dengan begitu, penampilan akan tetap menarik namun kesopanan juga tetap terjaga. 

4. Gampang Terbakar

Pakaian dari kain rayon kurang cocok digunakan kamu yang bekerja di tempat panas atau sering melakukan kontak langsung dengan api. Pasalnya, kain rayon tergolong gampang terbakar. kamu harus lebih berhati-hati berada di dekat api sewaktu menggunakan pakaian dari kain rayon.

Jenis – Jenis Bahan Rayon Yang Harus Diketahui

1. Bahan Rayon Twill

Rayon twill adalah salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian. Selain sebagai baju atasan, bahan ini juga cocok dibuat untuk membuat bawahan, seperti rok maupun celana panjang.

Untuk kamu yang masih bingung membedakan rayon twill dengan bahan lainnya, salah satu yang menjadi ciri khas dari rayon twill adalah teksturnya yang memiliki serat atau motif beralur diagonal. Dikenal berkualitas tinggi dan nyaman di kulit.

2. Bahan Rayon Spandeks

Di antara semua rayon, jenis rayon spandek ini termasuk yang paling bagus. Kelebihan dari rayon jenis ini adalah fleksibilitas kain. Selain itu, kain ini juga halus dan dingin sehingga nyaman ketika dipakai. Warna yang dihasilkan oleh rayon spandek juga bermacam-macam serta memiliki kesan terang. Maka dari itu, rayon spandeks kerap digunakan untuk membuat T-shirt, fitness outfit hingga jilbab.

3. Bahan Rayon Jersey

Serat dari benang rayon jersey cukup menarik, sebab terdapat setidaknya tiga jenis bahan yang digunakan di dalamnya. Ketiga bahan tersebut adalah katun, wol dan kain sintetis. Bisa dibilang bahwa jenis rayon ini adalah perpaduan antara rayon dengan jersey. Jenis dari rayon jersey yang beredar di pasaran bisa dibedakan melalui perbandingan campuran serat benang yang dipakai.

4. Bahan Rayon Polyester (PE)

Berbeda dengan spandek, jenis rayon polyester lebih kasar dan kaku. Hal ini dikarenakan adanya perpaduan antara rayon dan polyester yang membuat tekstur kain juga mudah sobek ketika digunakan. Semakin banyak campuran polyester di dalam kain rayon, maka kain akan semakin kaku namun rapuh. Maka dari itulah harga kain rayon jenis ini juga menjadi murah.

4. Bahan Rayon Crinkle

Bahan rayon crinkle adalah jenis kain yang paling unik di antara ketiga jenis lainnya. Hal ini disebabkan tekstur kain rayon crinkle yang bergelombang. Walaupun hampir terlihat seperti kain kusut, namun kain jenis ini tetap terasa halus. Teksturnya juga ringan dan adem ketika digunakan.

Selain itu, bahan kain rayon crinkle atau kain rayon bali ini memiliki tekstur lembut meski memiliki permukaan berkerut. Bahan kain rayon ini sangat nyaman dipakai dan juga adem. oleh karena itu, bagi para wisatawan asing yang datang ke Bali, mereka biasanya memilih pakaian dari bahan rayon crinkle untuk outfitnya.

5. Bahan Rayon Viscose

Bahan rayon viscose adalah salah satu jenis yang banyak diminati di masa kini. Salah satu manfaatnya adalah untuk membuat kaos baik pria maupun wanita. Jenis ini merupakan sebuah serat yang cukup ramah lingkungan dan mempunyai konsep sustainable fashion. 

Sama halnya seperti sutera, jenis ini juga memiliki tampilan yang berkilauan. Berbeda dengan rayon yang umumnya tidak memiliki kilauan. Perbedaan rayon viscose dan rayon premium sendiri adalah mempunyai daya tahan yang rendah terhadap sinar matahari, jamur, asam, temperatur yang terlalu panas, serta rendaman air dalam jangka waktu lama.

6. Bahan Rayon Premium

Bahan rayon premium yang memiliki kualitas jauh diatas bahan sejenis yang murah. Jika diraba, yang super lebih tebal. Kalian bisa mencoba mengangkatnya ke atas kepala lalu lihatlah apakah bahannya menerawang.

Seharusnya rayon premium solid dan tidak menerawang. Demikian juga dengan kualitas dan daya tahannya, jauh di atas yang harganya murah. Selain itu jika kalian teliti, perhatikan secara seksama serat-serat yang membentuk lembaran kain rayon premium. 

Sangat rapat, bagus dan hal inilah yang membuatnya tidak menerawang. Kalau tebalnya sebenarnya beda tipis dengan yang murah, namun sifat terawangnya beda jauh. Kain katun Rayon Premium juga sangat jatuh dan cocok untuk digunakan sebagai bahan mukena. Nah selimut Bali menggunakan rayon jenis super. Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk pakaian atau setelan untuk anak-anak.

Cara Merawat Bahan Rayon Dengan Mudah

  1. Jangan Menggunakan Pengering Mesin Cuci

Pasti sudah menjadi sebuah kelaziman, begitu selesai mencuci pada mesin cuci langsung pindah ke tabung pengering.

Cara tersebut tidak dapat kamu gunakan pada bahan rayon. Karena mencucinya saja harus menggunakan tangan dengan dikucek pelan-pelan.

Tentu saja penyelesaiannya ya langsung dijemur. Jangan masukkan tabung pengering pada mesin cuci hanya karena alasan biar cepat kering.

2. Tak Perlu Menggunakan Sikat

Saat akan mencuci hindari menggunakan sikat. Meskipun itu sikatnya halus menurut kamu. Penggunaan sikat akan membuat serat kain rayon lama-lama rusak.

3. Hindari Pemakaian Produk Pemutih

Sebisa mungkin jika mencuci bahan rayon jangan pernah menggunakan produk pemutih. Zat kimia yang terkandung dalam produk pemutih akan merusak jaringan kain.

4. Setrika pada Temperatur Rendah

Aturlah panas setrika kamu agar tidak terlalu panas. Justru pada temperatur rendah hasilnya akan lebih baik saat kamu menerapkan cara merawat bahan rayon.

5. Mencuci Pakaian Rayon dengan Tangan

Kalau kamu termasuk orang yang paling malas mencuci, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli pakaian bahan rayon. Mencuci menggunakan mesin cuci saja malas, apalagi jika kamu harus mencuci dengan menggunakan tangan.

6. Jangan Terlalu Lama Merendam

Merendam akan membantu kamu mempermudah menghilangkan kotoran pada kain. Karena sebelumnya sudah dibasahi, sehingga kotoran lebih cepat lepas dari serat kain. Khusus untuk bahan rayon, merendamnya cukup 20 menitan.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur