Jangan Sampai Salah! Ini Tips Memilih Baju Nuansa Imlek dan Warna yang Harus Kamu Hindari

0
Rate this post

Jangan Sampai Salah! Ini Tips Memilih Baju Nuansa Imlek dan Warna yang Harus Kamu Hindari – Hi Knittopreneurs, tidak terasa ya sebentar lagi akan ada perayaan Hari Imlek, hari dimana masyarakat keturunan Tionghoa merayakan tahun baru berdasarkan kalender lunar.

Jangan Sampai Salah! Ini Tips Memilih Baju Nuansa Imlek dan Warna yang Harus Kamu Hindari
Jangan Sampai Salah! Ini Tips Memilih Baju Nuansa Imlek dan Warna yang Harus Kamu Hindari

Dalam artikel kali ini Minto akan bahas tips memilih baju nuansa Imlek dan warna yang harus kamu hindari. Yuk simak bersama-sama.

Apa itu Hari Imlek?

Imlek adalah hari raya tahun baru berdasarkan kalender lunar yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa dan keturunannya. Imlek adalah salah satu perayaan penting dalam budaya Tionghoa yang diadakan pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya sesuai dengan kalender lunar Tionghoa. Perayaan Imlek merayakan pergantian tahun dalam kalender lunar dan merupakan momen penting dalam budaya Tionghoa yang diisi dengan tradisi, ritual, dan perayaan.

Imlek biasanya berlangsung selama dua minggu penuh, dan perayaan ini dimulai pada tanggal 1 bulan pertama dalam kalender lunar Tionghoa, yang biasanya jatuh antara tanggal 21 Januari hingga 20 Februari dalam kalender Gregorian. Namun umumnya untuk keturunan Tionghoa yang tinggal di Indonesia hanya merayakan dalam 2 hari saja, malam Imlek dan hari Imleknya.

Setiap tahunnya, terdapat tahun sesuai dengan shio atau chinese zodiac. Shio adalah sistem penomoran Tionghoa yang terdiri dari 12 tanda yang mewakili tahun-tahun dalam suatu siklus. Urutan shio dalam kalender Tionghoa adalah tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi.

Setiap shio mewakili tahun dalam siklus selama 12 tahun, dan ini berulang secara terus menerus. Misalnya, jika tahun ini adalah tahun macan, maka tahun berikutnya akan menjadi tahun kelinci, tahun berikutnya tahun naga, dan seterusnya akan terus berulang dari awal.

Imlek 2024, Tahun Naga Kayu
Imlek 2024, Tahun Naga Kayu

Selain dari representasi tahun, shio juga memiliki karakteristik dan sifat yang dihubungkan dengan masing-masing pribadi. Astrologi Tionghoa menggunakan shio untuk meramalkan peruntungan, kepribadian, dan kompatibilitas dengan orang-orang berdasarkan tahun kelahiran mereka dalam shio tertentu. Orang Tionghoa sering merujuk ke shio mereka dalam astrologi Tionghoa untuk memahami diri mereka sendiri dan mengantisipasi peristiwa yang mungkin terjadi dalam kehidupan mereka.

Baca Juga: Cara Memilih Warna yang Tepat untuk Buket Valentine, Ungkap Makna Cintamu

Kegiatan yang Dilakukan Saat Imlek

Selama perayaan Imlek, orang-orang Tionghoa di seluruh dunia mengadakan berbagai aktivitas dan tradisi, termasuk:

  • Pertemuan Keluarga

Imlek adalah waktu yang sangat penting untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-teman dekat. Biasanya sanak saudara yang tinggal berjauhan bahkan beda negara akan berkumpul di rumah saudara tertua, menggunakan baju nuansa Imlek yang baru.

  • Pesta Makan

Makanan khas Imlek seperti dumpling, kue ketan, ikan, dan makanan lainnya disajikan dalam jumlah besar sebagai simbol kemakmuran dan kelimpahan. Setiap makanan yang disajikan biasanya ada maknanya lho.

  • Barongsai dan Liong

Pertunjukan tarian naga atau liong dan barongsai biasanya diadakan di berbagai tempat untuk membawa keberuntungan.

  • Memakai Pakaian Merah Sebagai Baju Nuansa Imlek

Banyak orang memakai pakaian berwarna merah, yang melambangkan keberuntungan, selama perayaan Imlek

  • Memberi Angpao

Orang dewasa  yang sudah menikah akan memberi angpao (amplop merah berisi uang) kepada anak-anak atau mereka  yang belum menikah sebagai simbol keberuntungan.

Imlek adalah perayaan yang meriah dan penuh dengan makna budaya dan spiritual dalam budaya Tionghoa, dan banyak orang dari berbagai latar belakang ikut merayakannya sebagai wujud apresiasi terhadap warisan budaya Tionghoa.

Baca Juga: Style Baju Imlek Wanita yang Tren di 2024, Rahasia Tampil Mempesona

Baju Nuansa Imlek 2024: Tahun Shio Naga, Bagusnya Pakai Warna Apa?

Warna yang Bagus Untuk Imlek
Warna yang Bagus Untuk Imlek

Tahun 2024 merupakan Imlek tahun shio naga. Tahun shio naga adalah salah satu tahun yang dianggap istimewa dan diantisipasi oleh banyak orang. Tahun shio naga muncul dalam siklus kalender shio Tionghoa setiap 12 tahun sekali.

Tahun Naga dianggap sebagai tahun yang kuat, berenergi, dan memiliki potensi untuk membawa perubahan besar dalam kehidupan dan dunia. Bahkan banyak yang beranggapan baik untuk memiliki anak di tahun naga, karena akan melahirkan anak yang berpotensi tinggi untuk sukses, cerdas, dan berani.

Berikut ini adalah warna yang bagus untuk dipakai pada Imlek 2024 versi Minto:

  • Merah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, merah adalah warna utama dalam perayaan Imlek dan melambangkan keberuntungan, kebahagiaan, dan kemakmuran.

  • Emas

Emas adalah warna yang melambangkan kemewahan, kekayaan, dan kemakmuran. Knittopreneurs dapat memilih baju nuansa Imlek dengan unsur emas atau aksen emas untuk menambahkan kilauan pada tampilan kamu.

  • Hijau

Warna hijau juga identik dengan warna yang sejuk dan melambangkan pertumbuhan, kesehatan, dan keharmonisan. 

Warna-Warna yang Harus Dihindari di Hari Raya Imlek

Dalam budaya Tionghoa, ada beberapa warna baju nuansa Imlek yang sebaiknya dihindari selama perayaan Chinese New Year karena mereka dianggap membawa makna negatif atau berkaitan dengan hal-hal yang kurang beruntung. Beberapa warna yang sebaiknya dihindari selama Imlek adalah:

  • Hitam

Hitam adalah warna yang melambangkan berkabung dan kematian dalam budaya Tionghoa. Sebaiknya hindari memakai baju nuansa Imlek berwarna hitam selama perayaan berlangsung.

  • Putih

Putih adalah warna yang sering dikaitkan dengan kematian dan duka cita dalam tradisi Tionghoa. Oleh karena itu, sebaiknya hindari baju nuansa Imlek berwarna putih.

  • Biru Tua

Meskipun biru adalah warna yang umum digunakan dalam beberapa tradisi Tionghoa, dalam beberapa daerah tertentu, biru tua dapat dianggap sebagai warna yang kurang beruntung. 

Selain warna-warna tersebut, sebaiknya juga hindari mengenakan baju nuansa Imlek yang terlalu gelap atau suram. Sejatinya, perayaan Imlek adalah momen untuk merayakan kebahagiaan, kemakmuran, dan keberuntungan.

Lebih baik pilih warna-warna cerah dan bersemangat seperti merah, emas, orange, merah muda, burgundy atau warna-warna cerah lainnya yang melambangkan kegembiraan dan keberuntungan.

Namun, penting untuk diingat bahwa pemilihan warna baju terutama bersifat pribadi, dan yang terpenting adalah merayakan Imlek dengan sukacita dan semangat perayaan bersama keluarga dan teman-teman Knittopreneurs.

Baca Juga: Rekomendasi Baju Imlek Pria Terbaik, Inovasi Style di Tahun Baru

Nah jadi Knittopreneurs mau pakai warna apa nih? Kalau masih bingung, Knitto Textiles menyediakan banyak pilihan warna merah dan kuning di berbagai jenis kain lho! Yuk cek selengkapnya di website official Knitto.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035