4 Cara Memilih Bahan Baju Polos Kualitas Premium

0
5/5 - Vote count: 155 votes

Dibandingkan dengan bahan baju yang bermotif, saat ini bahan baju polos masih tetap banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia, terutama oleh para produsen kaos.

Alasannya adalah dengan menggunakan bahan baju polos, lebih mudah untuk mereka mengkreasikan ide kreatif yang mereka miliki dengan menghias atau menambahkan tulisan, atau gambar pada kaos dan pakaiannya. 

Baju Polos
Baju Polos

Beberapa jenis bahan baju polos yang saat ini sering sekali digunakan untuk membuat pakaian adalah bahan kaos, contohnya seperti bahan baju polos Combed, bahan baju polos Carded, bahan baju polos Bamboo dan yang terakhir adalah bahan baju polos Modal.

Penggunaan bahan baju polos saat ini bisa dimaksimalkan menjadi berbagai jenis pakaian, terutama dengan empat jenis bahan di atas, salah satu nya kamu bisa membuat kaos.

Apakah hanya kaos? Tidak juga, berbagai jenis baju bisa kamu ciptakan dari empat jenis bahan baju polos tadi, sesuai dengan imajinasi dan kreativitasmu.

Tapi sebelum mengolah bahan baju polos ini menjadi berbagai jenis pakaian, apa kamu sudah tahu bagaimana cara memilih bahan baju yang berkualitas premium?

Secara di pasaran sana sudah dijual secara bebas berbagai jenis jenis bahan baju polos, dan tidak sedikit penjual bahan yang menjual kain dengan harga tinggi dan mengatakan kualitas premium tapi ternyata kainnya biasa saja.

Maka dari itu sebagai pengguna bahan baju polos agar tidak tertipu, coba ikuti yuk cara memilih bahan baju polos Combed, Cotton Bamboo dan Cotton Modal yang benar-benar premium berikut ini.

Cara Memilih Bahan Baju Polos yang Bagus

1. Periksa kualitas melalui karakteristik kainnya

Setiap jenis kain pasti mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, dan tentu dengan mengetahui berbagai karakteristik dari setiap kain akan memudahkan kamu menemukan jenis kain yang tepat dengan kualitas yang baik.

Berikut ini karakteristik dari bahan baju polos Combed, Cotton Bamboo dan Cotton Modal yang berkualitas baik:

  1. Bahan Baju Polos Cotton Combed:
  • Tekstur kainnya lembut dan halus.
  • Dapat menyerap keringat dengan baik.
  • Permukaan kainnya rata.
  • Tidak mempunyai bintik-bintik putih pada permukaan kainnya.

Bagaimana memilih kaos cotton combed yang berkualitas? Cara untuk memilih kaos dan atau bahan Combed yang berkualitas adalah dengan memperhatikan bahan, handfeel, warna kain, dll. Jangan sampai tertukar ya antara kain Combed dengan kain Carded. 

Baca Juga: Perbedaan Dari Kain Cotton Combed dan Cotton Carded 

  1. Bahan Baju Polos Cotton Bamboo:
  • Tekstur kain sangat lembut dan halus.
  • Daya serapnya sangat baik.
  • Kain terasa adem dan dingin saat digunakan.
  • Tekstur kainnya lentur.
  • Kain lebih tipis dibandingkan dengan kain Combed.
  1. Bahan Baju Polos TENCEL™ Modal blended with Cotton:
  • Tekstur kain sangat halus dan lembut.
  • Kainnya lentur, tidak kaku sama sekali.
  • Kain lebih jatuh.
  • Kain terasa adem saat digunakan
  • Kainnya sangat nyaman dan daya serapnya sangat baik.

2. Cek Komposisi Bahannya

Memastikan kain yang ada di pasaran juga bisa melalui komposisi bahannya, misalkan jika kain yang akan kamu gunakan adalah Cotton Combed maka komposisi nya harus 100% serat Cotton atau serat kapas, sedangkan jika kamu menggunakan bahan Cotton Bamboo maka kandungannya harus campuran dari serat Cotton dan serat Bamboo, dan jika kamu mau menggunakan kain Cotton Modal serat campuran cotton dan serat kayu yang harus menjadi komposisi bahannya.

Berbeda jika kamu menggunakan bahan TENCEL™ Modal blended with Cotton, karena kain ini hanya ada di Knitto Textiles saja dan serat yang digunakan adalah campuran 50% serat Cotton dan 50% serat TENCEL™ Modal.

Untuk mengetahui komposisi-komposisi kain juga ada caranya, cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan membakar kainnya. Dari hasil pembakaran kain akan diketahui apa komposisi kainnya. 

Tonton Juga: Cara Membedakan Jenis Kain Dengan Cara Dibakar

3. Lakukan Handfeel Pada Bahan Baju Polos

Melakukan handfeel pada kain juga hal yang wajib, setidaknya dengan melakukan handfeel ini kita bisa merasakan karakteristik dan tekstur dari setiap kain.

Agar kamu mengetahui seperti apa karakteristik dan handfeel yang benar-benar premium, kamu bisa mendapatkan sampel kain dari Knitto Textiles, minta sample nya disini

4. Cek Kestabilan Warna Kain

Bahan baju polos dengan kualitas yang baik pasti mempunyai kestabilan warna yang baik juga, sehingga kamu harus benar-benar memastikan jika warna kain yang digunakan itu tetap stabil dan yang pasti tidak mudah luntur alias warnanya kuat. 

Akan merugi jika kamu menggunakan kain yang warna nya tidak stabil, kenapa? Karena akan berpengaruh juga pada kualitas baju yang kamu produksi, produksi pertama dan produksi selanjutnya tidak akan sama warnanya, bisa jadi pelanggan kamu menjadi kecewa kan? 

Yang terakhir dan menurut kami juga menjadi hal yang paling penting untuk kamu perhatikan adalah, membeli bahan baju polos dari supplier bahan yang bertanggung jawab dan aman, memberikan kualitas barang sesuai dengan harganya, dan juga memberikan kain yang benar-benar stabil kualitasnya baik dari segi warna, gramasi, lebar kain dan lain-lain.

Rekomendasi Bahan Baju Polos Berkualitas Premium

Beberapa rekomendasi bahan baju polos ini bisa kamu gunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian yang akan kamu produksi, dan bahan-bahan tersebut antara lain:

Bahan Baju Polos Cotton Combed

Bahan Cotton Combed mempunyai kandungan 100% serat kapas yang diolah dengan cara disisir pada mesin combing yang menghasilkan kain dengan tekstur halus dan lembut, hingga sudah tidak tersisa lagi biji atau kotoran kapas pada serat kainnya. 

Di Toko Bahan Kaos Knitto terdapat beberapa jenis kain Combed yang dibedakan dari ketebalan kainnya seperti

  • Heavyweight Cotton Combed 16s
  • Cotton Combed 18s
  • Cotton Combed 20s
  • Cotton Combed 24s
  • Cotton Combed 30s
  • Cotton Combed Enzyme 30s
  • Cotton Combed Activecool™ + Activefresh™ 30s

Semua kain Combed yang tersedia di Knitto menggunakan bahan dasar kualitas premium, dan lebih spesialnya lagi ketersediaan 100 warna kain yang membebaskan kamu untuk berkreasi dengan warna-warna yang cantik ini.

Bahan Baju Polos Cotton Bamboo

Kain yang selalu dipilih sebagai bahan kaos untuk mereka yang mempunyai kulit sensitif atau yang juga biasanya digunakan untuk bahan pakaian anak-anak dan bayi ini, dibuat dari campuran serat katun dan serat Bamboo.

Di Knitto Textiles sendiri komposisi kain Cotton Bamboo adalah 30% serat Cotton dan 70% serat Bamboo.

Terdapat dua jenis kain Bamboo yang ada di Knitto yaitu:

  • Cotton Bamboo 24s
  • Cotton Bamboo 30s

Bahan Baju Polos TENCEL™ Modal blended with Cotton

Kain TENCEL™ Modal blended with Cotton adalah bahan kaos yang dibuat dari serat alami, dengan komposisi 50% serat Cotton dan 50% serat TENCEL™ Modal.

Apa itu serat TENCEL™ Modal? Serat TENCEL™ ini sebenarnya merupakan serat kain dengan kualitas yang sangat baik, karena serat TENCEL™ ini dibuat oleh sebuah perusahaan yang berasal dari Austria yang bernama Lenzing.

Lenzing merupakan perusahaan yang memproduksi serat Viscose, serat Modal, serat Lyocell dan benang filamen yang digunakan untuk industri pakaian. 

Saat ini TENCEL™ Modal blended with Cotton tersedia dalam satu jenis ketebalan yaitu 30s dengan gramasi 150-160 gsm, dan lebar kainnya 42”. Mau tau ada warna apa saja yang tersedia pada kain TENCEL™ Modal blended with Cotton? Cek disini.

Jika kamu sudah membaca tips kami dari atas, semoga kamu bisa menemukan bahan baju polos dengan kualitas premium ya, semoga bermanfaat.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur