6 Tips Menentukan Ukuran Baju Wanita Dengan Mudah

0
5/5 - Vote count: 105 votes

6 Tips Menentukan Ukuran Baju Wanita Dengan Mudah – Bagi para wanita salah satu hal yang paling membingungkan dari membeli baju secara online adalah ketika menentukan ukuran baju, karena ada ketakutan bajunya tidak pas di badan, antara terlalu kecil atau justru kebesaran. 

Maka dari itu penting untuk para wanita mengetahui bagaimana cara mengetahui ukuran baju wanita secara tepat, agar tidak salah saat memilih baju. Berikut ini trik untuk menentukan ukuran baju wanita saat berbelanja online.

Trik dan Tips Menentukan Ukuran Baju Wanita

Mengukur Dengan Tepat

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan untuk mengetahui ukuran baju wanita dengan tepat sudah pasti mengukur ukuran tubuh kamu dengan tepat. Ada beberapa bagian yang harus kamu ukur untuk menentukan ukuran baju kamu dengan tepat seperti di bawah ini:

  • Lingkar Dada

Ketika kamu mengukur bagian lingkar dada, ukur jarak dari titik ketiak ke kiri ke titik ketiak kanan. Nah untuk mengetahui berapa lingkar dada kamu, cukup dikalikan dua lebar dada saja ya.

  • Lingkar Pinggang

Cara mengukur lingkar pinggang adalah dengan melingkarkan pita meter di sepanjang pinggang atau titik yang harus kamu ukur adalah sejajar dengan pusar kamu ya.

  • Lingkar Pinggul

Untuk mengukur bagian lingkar pinggul, sebenarnya hampir sama caranya yaitu dengan melingkarkan pita meter pada bagian panggul kamu, atau bagian paling lebar. Cara untuk memastikan jika ukuran lingkar pinggul kamu akurat, coba untuk turunkan pita meter dari atas panggul sampai ke bawah panggul untuk mencari angka yang paling besar.

  • Panjang Bahu

Selanjutnya adalah ukur panjang bahu kamu dengan cara ukur di bagian leher bawah sampai ke ujung bahu kamu. 

  • Lebar Bahu 

Selain mengukur bagian lingkar dada, penting juga untuk kamu mengukur lebar bahu. Kamu hanya perlu mengukur bagian ujung bahu kiri sampai ke ujung bahu kanan. 

  • Panjang Badan

Agar baju kamu tidak terlalu panjang atau justru kependekan, kamu juga harus mengukur panjang badan kamu. Ukur di bagian bahu tertinggi dekat leher sampai bagian pinggang tulang pinggul.

  • Panjang Lengan 

Siapa disini yang sering merasa kesal karena lengan baju kepanjangan? Tenang jangan panik, ukur saja bagian panjang lengan kamu ya supaya baju yang kamu pakai bagian tangannya pas. Titik yang harus kamu ukur adalah di bagian ujung luar bahu sampai  1-2 cm di atas sikut ( untuk kamu yang menggunakan baju wanita dengan lengan pendek) dan sampai ke pergelangan tangan untuk kamu yang menggunakan baju wanita lengan panjang.

Mengetahui Ukuran Baju Dari Setiap Brand

Tidak semua brand pakaian di Indonesia menggunakan ukuran yang sama, bisa jadi Brand A menggunakan size chart dengan standar internasional sedangkan Brand B menggunakan standar size lokal. Maka dari itu kamu harus mengetahui ukuran yang digunakan oleh brand yang akan kamu gunakan tersebut. Jadi setelah kamu mengetahui berapa ukuran baju kamu, bisa langsung kamu sesuaikan dengan ukuran baju yang digunakan oleh brand yang akan kamu gunakan.

Kenali Karakteristik Bahan Pakaiannya

Meskipun kamu hanya seorang pengguna, tetapi wajib hukumnya untuk mengetahui karakteristik dari setiap bahan pakaian, setidaknya bahan pakaian dari brand yang sering kamu gunakan. Setidaknya dengan kamu tahu bagaimana karakteristik dari bahan pakaiannya, kamu bisa menentukan ukuran pakaian sesuai dengan karakteristik pakaiannya. Misalkan jika kainnya mudah menyusut setidaknya kamu bisa menggunakan ukuran yang satu tingkat lebih besar agar bajunya tidak terlalu kecil nantinya.

Apakah ada yang bisa mempengaruhi ukuran baju wanita menjadi berubah?

Tentu ada, seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, terkadang ada beberapa bahan yang bisa membuat ukuran baju wanita mengalami perubahan menjadi mengecil pada lebar atau panjang bajunya, dan hal ini disebabkan oleh menyusutnya kain dan biasanya terjadi setelah pakaian tersebut dicuci. Hal ini yang menyebabkan ukuran baju wanita berubah dari pertama kali membeli sampai ke pemakaian kesekian kalinya. Maka dari itu kamu harus pandai memilih baju yang menggunakan bahan dengan kualitas yang bagus.

Jenis Bahan Yang Nyaman Digunakan Untuk Baju Wanita di Knitto Textiles 

Hal yang terpenting dari membeli baju selain harganya yang cocok dengan budget kita, ukuran baju wanita yang pas, tentu bahan yang digunakan oleh pakaian tersebut juga nyaman. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi bahan baju wanita yang ada di Knitto Textiles ini mungkin bisa kamu coba, terutama jika kamu ingin membuat clothing brand sendiri.

TENCEL™ Modal blended with Cotton

Bahan ini tidak hanya bagus untuk dibuat kaos saja, untuk kamu yang ingin membuat t-shirt dress bahan ini juga cocok untuk digunakan. Kain TENCEL™ Modal blended with Cotton adalah salah satu bahan dengan kualitas premium yang mana salah satu serat campurannya yaitu serat TENCEL™ Modal diproduksi oleh Perusahaan Lenzing yang berasal dari Austria. 

Kamu tidak perlu meragukan kualitas dari bahan ini, kainnya halus dan lembut, bahannya pun sangat jatuh, sehingga sangat cocok jika digunakan untuk membuat dress wanita.

Baca Juga: Mengenal Bahan TENCEL Modal Blended with Cotton Untuk Kaos Premium

Cotton Combed Baby Terry

Satu jenis bahan yang cocok yang kainnya lebih tebal dari bahan kaos biasa, karena memang biasanya kain ini digunakan sebagai bahan untuk membuat jaket atau sweater. Tetapi di tangan produsen kreatif kain ini pasti bisa dibuat menjadi sesuatu yang berbeda. 

Kami rekomendasikan kain ini untuk kamu gunakan membuat jenis pakaian hoodie dress, dengan menggunakan bahan Cotton Combed Baby Terry ini pasti akan terlihat lebih berbeda dari dress biasanya. Tampil dengan lebih sporty dan tetap nyaman.

ukuran baju wanita

Image source: https://www.newlook.com/ 

CVC Pique Hexagon 24s

Kain yang mempunyai corak rajut padat berbentuk segi enam ini tidak hanya berfungsi sebagai bahan untuk kaos polo atau polo shirt saja, kain ini bisa kamu kreasikan untuk membuat pakaian wanita seperti kemeja atau dress, dan berbagai jenis pakaian wanita lainnya.

Meskipun menggunakan jenis bahan campuran cotton dan polyester tetapi kain ini tetap nyaman digunakan, baik digunakan pada siang hari maupun malam hari. Daya serap dari kain ini juga terhitung baik, karena kandungan serat cotton nya yang lebih banyak dibandingkan dengan serat polyesternya. 

Sebenarnya masih ada beberapa kain lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai bahan dasar untuk pakaian wanita, tetapi mungkin kamu bisa mencoba tiga jenis bahan ini terlebih dahulu sebagai perkenalan atau percobaan.

Semoga tips dan rekomendasi yang kami berikan ini bermanfaat untuk kamu ya, dan juga bisa menjadi referensi. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

 

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur