Pesona Tradisi Nusantara dalam Batik Sekar Jagad, Bisa Jadi Fashion yang Unik!

0
5/5 - Vote count: 48 votes

Pesona Tradisi Nusantara dalam Batik Sekar Jagad, Bisa Jadi Fashion yang Unik! – Sebagai salah satu warisan budaya yang perlu dilestarikan, batik memiliki jenis dan motif yang beragam. Salah satunya adalah batik dengan motif sekar jagad.

Motif Batik Sekar Jagad dan 5 Pemanfaatannya dalam Fashion
Motif Batik Sekar Jagad dan 5 Pemanfaatannya dalam Fashion

Pada artikel ini, kita akan coba mengenal dan menggali lebih dalam semua yang perlu Knittopreneurs ketahui mengenai salah satu motif batik nusantara ini. Mulai dari sejarah, filosofi dan maknanya, perkembangan motif hingga bagaimana batik yang satu ini bisa diintegrasikan pada fashion masa kini. Simak hingga akhir ya!

Mengenal Batik Sekar Jagad

Sejarah batik sekar jagad dimulai dari asal-usulnya di Yogyakarta dan Solo, dua kota yang terkenal sebagai pusat kebudayaan Jawa. batik sekar jagad Yogyakarta dan batik sekar jagad Solo keduanya memiliki ciri khas berupa warna coklat “sogan” yang unik.

Batik Sekar Jagad Warna Coklat | Sumber: Freepik
Batik Sekar Jagad Warna Coklat | Sumber: Freepik

Dalam perjalanannya, salah satu motif batik Indonesia ini berkembang dan menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, seperti Kebumen dan Bali, di mana masing-masing daerah menambahkan sentuhan lokal pada motif dan warna batik​​.

Asal-Usul Nama Sekar Jagad

Nama motif batik sekar jagad berasal dari kata Belanda ‘kaart‘ (peta) dan kata Jawa ‘jagad‘ (dunia), dan memiliki versi lain yaitu kata ‘sekar’ yang artinya bunga dalam bahasa Jawa, dan ‘jagad’ dengan arti yang sama. 

Keduanya memiliki makna yang sering dihubungkan dengan konsep Bhinneka Tunggal Ika, mencerminkan keberagaman yang ada di Indonesia maupun di seluruh dunia. Konsep ini tercermin dalam contoh motif batik sekar jagad di atas, yang tampak mengkombinasikan beberapa motif berbeda dalam satu kain yang sama​​​​.

Bagaimana Perkembangan Batik dengan Motif Sekar Jagad?

Dalam perkembangannya, sekar jagad tidak semata-mata menjadi motif batik Indonesia klasik saja, tetapi juga telah mengalami akulturasi dengan budaya lain. Misalnya, pengaruh budaya Tionghoa terlihat dalam penggunaan warna merah dan biru yang cerah dalam beberapa motif batik sekar jagad​​​​. Di daerah lain mungkin ditambahkan warna ungu yang dipadukan dengan warna sogan khas batik juga.

Baca Juga: Jenis Kain Batik Terbaik Yang Tidak Mudah Kusut

Filosofi dan Makna Batik Motif Sekar Jagad

Memahami Filosofi dan Makna Batik Sekar Jagad | Sumber: Pattern Design
Memahami Filosofi dan Makna Batik Sekar Jagad | Sumber: Pattern Design

Filosofi batik sekar jagad dan makna yang terkandung di dalamnya sangat kaya dan merepresentasikan keberagaman serta keindahan. Dimulai dari motifnya yang bernuansa bunga-bungaan, mencerminkan keindahan alam dan keragaman bentuk serta warna yang ada di dunia​​​​.

Setiap motif pada batik ini, seperti yang terlihat dalam gambar batik sekar jagad di atas, biasanya menggambarkan bunga-bunga yang melambangkan keindahan dan keluhuran kehidupan.Sesuai dengan namanya, motif sekar jagad sering diartikan sebagai koleksi bunga dari seluruh dunia, mencerminkan keindahan alam semesta dalam keberagamannya​​.

Dalam konteks tertentu, motifnya menambahkan dimensi kultural yang unik pada kain batik nusantara. Makna batik sekar jagad tidak hanya terbatas pada estetika visualnya saja, tetapi juga disertai arti yang mendalam tentang kehidupan dan interaksi manusia dengan alam serta sesamanya.

Baca Juga: Pesan yang Tersirat dari Batik Pring serta Keunikan dan Keragamannya

Pemanfaatan Batik Sekar Jagad dalam Fashion Modern

Ilustrasi Baju Batik
Ilustrasi Baju Batik

Siapa yang bilang warisan budaya tidak dapat beradaptasi dengan tren masa kini? Batik sekar jagad bisa terlihat apik jika dipakai dalam berbagai busana modern. Minto akan mencoba menjelaskan lima cara pemanfaatan motif batik nusantara ini dalam dunia fashion masa kini!

Motif sekar jagad, dengan filosofi keberagamannya, sering digunakan dalam pakaian sehari-hari seperti kemeja, blus, dan gaun. Batik dengan motif sekar jagad dapat  menambahkan sentuhan elegan dan etnik pada busana sehari-hari, dan mudah dipadukan dengan berbagai aksesoris modern.

  • Pakaian Formal dan Gaun Pesta

Dalam acara formal atau pesta, batik dengan motif sekar jagad sering menjadi pilihan karena keindahan motifnya. Bisa digunakan sebagai atasan maupun bawahan, bagi pria juga wanita. Nuansa bunga-bungaan yang dimilikinya memberikan kesan mewah dan anggun pada gaun malam atau busana resmi, menjadikannya pilihan yang populer di kalangan desainer atau masyarakat pada umumnya.

Contohnya, seperti Irma Lumiga (Instagram: @irmalumiga), desainer asal Indonesia yang kerap menggunakan batik pada koleksinya. Pada tahun 2017, batik dengan motif sekar jagad dibawa olehnya ke panggung Indonesia Fashion Week

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Irma Lumiga (@irmalumiga)

  • Aksesori Fashion

Batik sekar jagad tidak hanya terbatas pada pakaian, tetapi juga digunakan dalam aksesori seperti tas, sepatu, syal, dan ikat kepala. Gambar batik sekar jagad yang melekat pada aksesori ini menambahkan sentuhan unik dan artistik pada setiap tampilan.

  • Busana Pengantin Tradisional-Modern

Kini, menggunakan motif batik nusantara sebagai baju resepsi pernikahan, ataupun sebagai konsep pre-wedding sangat populer. Batik sekar jagad sering digunakan untuk menghadirkan nuansa tradisional dalam balutan gaya modern. Baik dalam busana pengantin itu sendiri atau aksesorisnya, batik dengan motif sekar jagad dapat menyiratkan kekayaan budaya dan memperkuat estetika pada hari spesial kamu.

  • Kolaborasi dengan Brand Internasional

Beberapa brand fashion internasional telah menggabungkan motif batik sekar jagad dalam koleksi mereka, sebagai upaya menghargai dan mempromosikan warisan budaya Indonesia. Tentunya hal ini dapat membantu motif batik indonesia mendapatkan pengakuan dan apresiasi di panggung global.

Sebagai penggiat budaya yang menggemari bidang fashion, memahami kiat-kiat dalam mengaplikasikan motif batik dalam kreasi fashion modern bisa menjadi langkah yang berharga. Knittopreneurs tidak hanya bisa membantu melestarikan warisan budaya, tetapi juga membuka peluang untuk inovasi dan kreativitas dalam dunia fashion!

Melestarikan Batik Sekar Jagad sebagai Warisan Budaya

Batik Sekar Jagad Warna Klasik | Sumber: Freepik
Batik Sekar Jagad Warna Klasik | Sumber: Freepik

Menurut situs resmi Kemendikbud, batik telah diresmikan sebagai warisan budaya takbenda sejak tahun 2009 silam. Tentunya, ini merupakan upaya penting untuk menjaga kekayaan budaya dan sejarah Indonesia. 

Pada konteks batik sekar jagad, konsep pelestarian ini tidak hanya fokus pada mempertahankan motifnya yang sudah ada, tetapi juga memastikan bahwa pengetahuan dan keterampilan dalam membuat batik ini terus diwariskan ke generasi mendatang.

Salah satu cara pelestarian yang kini sudah mulai dilakukan adalah melalui pendidikan dan pelatihan

Banyak komunitas di Yogyakarta dan Solo, tempat batik ini berasal, aktif mengadakan workshop dan kursus batik yang mengajarkan tentang filosofi batik sekar jagad, makna batik sekar jagad, serta teknik pembuatannya. Selain mempertahankan tradisi, kegiatan-kegiatan ini dapat berperan dalam menginspirasi kreasi motif batik baru yang tetap menghormati asal-usulnya.

Pameran dan festival batik juga memainkan peran penting dalam pelestarian batik, terutama dengan motif sekar jagad. Melalui aksi ini, gambar batik sekar jagad dan contoh motif batik akan dipamerkan kepada publik, dan bisa meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap batik ini sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia. Batik sekar jagad jogja dan batik sekar jagad solo sering menjadi sorotan dalam event-event semacam ini, menyoroti keunikan dan keindahan motif batik nusantara.

Pengakuan dari badan internasional juga berperan dalam pelestarian batik. Sebagai contoh, UNESCO telah mengakui batik sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity, yang juga termasuk batik sekar jagad. Pengakuan ini membantu meningkatkan kesadaran internasional dan nasional akan pentingnya menjaga tradisi batik.

Baca Juga: Mengenal Kain Primis Untuk Pembuatan Batik Tulis

Knittopreneurs, memahami batik dengan motif sekar jagad atau secara umum merupakan salah satu bentuk pelestarian terhadap budaya Indonesia. Semoga dengan artikel ini, kamu menjadi tertarik untuk melakukan langkah-langkah lainnya yang bisa membantu menjaga warisan budaya. Sampai ketemu di artikel selanjutnya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]