Mengenal Kain Primis Untuk Pembuatan Batik Tulis

0
5/5 - Vote count: 127 votes

Mengenal Kain Primis Untuk Pembuatan Batik Tulis – Halo Knittopreneurs! Siapa sih yang tidak kenal batik, semuanya pasti sudah mengenal batik ya kan, karena batik merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia dan selalu menjadi kebanggaan orang Indonesia. Batik bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam produk, yaitu bisa menjadi baju, celana, aksesoris dan lain sebagainya.

Batik mempunyai beberapa jenis, salah satunya yaitu Batik Tulis atau Batik Tradisional yang diproses secara manual menggunakan tangan. Pada artikel kali ini, Minto akan menjelaskan mengenai salah satu bahan kain yang biasa digunakan untuk Batik Tulis, yaitu Kain Primis Atau Kain Primisima.

Yuk, simak artikelnya sampai akhir!

Mengenal Kain Primis Untuk Pembuatan Batik Tulis
Mengenal Kain Primis Untuk Pembuatan Batik Tulis

Sejarah Kain Primis (Primisima)

Kain Primis adalah kain yang berasal dari tradisi tenun yang sudah berlangsung sangat lama dimana kehalusan serat dan ketelitian dalam pembuatan menjadi prioritas utama. Hebatnya lagi, kain ini memiliki sejarah yang sangat panjang dalam budaya Indonesia, terutama dalam industri batik yang sudah berkembang sejak dulu kala. Dalam perkembangannya, jenis kain ini menjadi simbol kemewahan dan status sosial, namun di zaman modern saat ini semua orang bisa mendapatkan Batik dengan menggunakan kain yang dicanting secara tradisional.

Pengenalan dan Karakteristik Kain Primis (Primisima)

Kain yang biasa dikenal dengan nama kain primisima ini merupakan salah satu jenis kain mori yang biasa digunakan untuk pembuatan batik tulis. Kain ini sangat disegani dalam dunia industri tekstil karena merupakan kain untuk memproduksi batik yang merupakan ciri khas pakaian dan budaya orang Indonesia.

Kain Primisima diproduksi dengan proses Mercerized-Sanforized, sehingga kain ini memiliki kelembutan, ketebalan dan kepadatan tekstur yang sangat baik. Benang yang digunakan pada kain primis menggunakan benang yang sangat halus dan volume benang yang lebih kecil dibandingkan bahan primernya sehingga menghasilkan kain yang halus namun tampak tebal.

Salah satu pengganti kain mori ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan bahan lain, karena kain primis menggunakan ukuran benang yang kecil, sehingga diperlukan lebih banyak bahan benang untuk membuat setiap lembaran. Dari segi kualitas pun, tentunya kain ini lebih unggul, karena dapat memberikan perasaan yang lembut dan sejuk di kulit ketika sedang digunakan.

Selain digunakan untuk pembuatan batik tulis, kain ini juga bisa digunakan untuk Bahan Ecoprint dan Bahan Tie Dye (Celup). Acapkali kain bersejarah ini digunakan sebagai pengganti kain mori lain seperti kain mori prima, mori santung dan mori berkolisima.

Baca Juga : 4 Jenis Kain Mori Terbaik Serta Kelebihan Dan Kekurangannya


Question & Answer Mengenal Kain Primis Untuk Pembuatan Batik Tulis

Q1. Apakah Kain Primis Sama Dengan Kain Mori?

A: Kain Primisima atau Primis masuk ke dalam kategori Kain Mori. Kain Mori biasa digunakan untuk pembuatan Batik.

Q2. Kain Mori Jenis Kain Apa?

A: Kain Mori umumnya terbuat dari bahan katun, akan tetapi bisa juga dibuat dari bahan lain seperti sutra.

Q3. Apa Perbedaan Kain Primis Dengan Kain Katun Lainnya?

A: Tentu saja kain ini memiliki perbedaan dengan jenis kain katun lainnya. Permukaannya lebih halus dan lembut, serta lebih kuat dalam menyerap dan mempertahankan warna, sehingga kain ini sering digunakan untuk membuat batik tulis.

Q4. Apakah Kain Primis Hanya Bisa Digunakan Untuk Membuat Batik Saja?

A: Tidak, kain ini juga bisa digunakan untuk berbagai macam produk fashion lain yang berkualitas tinggi dan sangat halus. Namun, memang lebih umum dipakai untuk membuat batik.

Q5. Apakah Batik Dengan Menggunakan Kain Primisima Cocok Untuk Digunakan Sehari-hari?

A: Batik yang dibuat dengan kain ini umumnya digunakan untuk acara formal karena kualitasnya serta menghargai budaya Indonesia karena pembuatannya yang tradisional dengan menggunakan canting. Namun tidak ada aturan resmi yang melarang digunakan untuk sehari-hari sehingga batik yang dibuat dari kain ini cocok digunakan untuk sehari-hari. 

Baca Juga: Fungsi Menarik Batik dan Cara Merawatnya

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur