3 Jenis Kain Fleece, Solusi Bahan Jaket Musim Dingin

0
5/5 - Vote count: 10 votes

3 Jenis Kain Fleece, Solusi Bahan Jaket Musim Dingin – Hi Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini Minto akan bahas salah satu bahan jaket dan hoodie yang cocok digunakan dalam musim dingin. Kain yang dimaksud adalah kain Fleece, kain yang punya handfeel lembut dan “fluffy.”

3 Jenis Kain Fleece, Solusi Bahan Jaket Musim Dingin covers
3 Jenis Kain Fleece, Solusi Bahan Jaket Musim Dingin covers

Yuk kita langsung kenalan dengan kain Fleece!

Apa itu Kain Fleece?

Kain Fleece merupakan kain yang biasa digunakan untuk pembuatan bahan pakaian hangat seperti jaket, hoodie, bahkan sweatpants. Kain Fleece memiliki ketebalan kain yang cukup tebal sehingga cocok dijadikan bahan untuk pakaian penghangat. 

Kain Fleece punya ciri khas yang sangat unik, pada bagian dalam kainnya yang memiliki bulu-bulu halus, berbeda dengan kain Baby Terry dan French Terry yang memiliki loop pada bagian dalam kainnya.

Kain Fleece dapat memiliki komposisi, warna, lebar kain, dan gramasi kain yang berbeda-beda sesuai produsen kainnya. Jenis kain Fleece dapat terbuat dari pure 100% cotton, 100% polyester, maupun campuran dari serat katun dan polyester yang biasa disebut dengan CVC atau Chief Value Cotton. 

Di Knitto Textiles sendiri, terdapat 3 jenis kain Fleece yaitu Cotton Combed Fleece, CVC Fleece, dan Heavy Cotton Combed Fleece. Favorit Knittopreneurs yang mana, nih?

Baca Juga: Jenis Resleting Jaket Atau Hoodie Terbaik dan Bagus

3 Jenis Kain Fleece Terbaik di Knitto

Kain Cotton Combed Fleece
Kain Cotton Combed Fleece

Cotton Combed Fleece Knitto Textiles terbuat dari 100% serat kapas pilihan, memiliki gramasi 280-290 gsm dengan lebar kain 72” setting open finish. Kain ini lembut, halus, dan dapat menyerap keringat cukup baik karena berbahan 100% serat kapas. Jenis kain Fleece ini dapat dijadikan bahan hoodie, jaket, bahkan selimut karena memiliki kemampuan menahan suhu hangat tubuh dengan baik. Kain Cotton Combed Fleece tersedia dalam 24 varian warna menarik.

Kain CVC Fleece
Kain CVC Fleece

CVC Fleece Knitto Textiles terbuat dari campuran 2 serat yaitu polyester dan katun atau kapas, memiliki gramasi 280-290 dengan lebar kain 72” setting open finish. Walaupun mengandung komposisi polyester, CVC Fleece Knitto Textiles masih terbilang nyaman, halus, lembut, dan tidak menimbulkan rasa panas yang berlebihan karena komposisi serat kapasnya masih lebih banyak dibanding polyesternya. 

Sama seperti Cotton Combed Fleece, jenis kain Fleece ini cocok dijadikan bahan hoodie, jaket, dan pakaian penghangat lainnya bahkan selimut sekalipun. Kain CVC Fleece tersedia dalam 5 varian warna menarik.

  • Heavy Cotton Combed Fleece

Kain Heavy Cotton Combed Fleece
Kain Heavy Cotton Combed Fleece

Heavy Cotton Combed Fleece merupakan versi Cotton Combed Fleece yang lebih tebal. Heavy Cotton Combed Fleece memiliki gramasi 330-350 gsm dengan lebar kain 72” setting open finish. Karena memiliki ketebalan dan gramasi yang lebih tebal dan berat, jenis kain Fleece ini cocok untuk kamu yang sedang cari bahan jaket, hoodie, pakaian penghangat yang memiliki ketebalan yang lebih berat. Heavy Cotton Combed Fleece tersedia dalam 3 varian warna menarik.

Untuk melihat varian warna kain Fleece dan kain lainnya, bisa mengunjungi website Knitto ya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bulu Di Jaket Hoodie

Cara Merawat Jenis Kain Fleece yang Dimiliki

Dengan merawat kain Fleece dengan benar, Knittopreneurs bisa membantu menjaga umur pakai dari  pakaian tersebut. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat kain Fleece agar tetap awet:

  • Cuci dengan Mesin Cuci

Kain Fleece aman dicuci menggunakan mesin cuci karena memiliki struktur rajut yang lebih kuat dibandingkan dengan bahan kaos. Namun tetap saja, hindari pencucian yang terlalu sering agar tidak mudah rusak.

  • Gunakan Deterjen Lembut

Saat mencuci, pilihlah deterjen yang lembut, karena deterjen yang terlalu kuat kuat dapat merusak serat kain Fleece sehingga kain tersebut mudah aus dan berbulu. Knittopreneurs juga perlu mempertimbangkan untuk mengurangi penggunaan pelembut kain, karena pelembut bisa mengurangi sifat tahan air    alami Fleece pada bagian luar kainnya.

  • Hindari Penggunaan Pemutih

Sebaiknya jangan gunakan pemutih pada tahap pencucian kain Fleece, karena dapat merusak warna dan seratnya. Lama-lama serat kain Fleece akan mudah rapuh bila terlalu sering terkena zat pemutih.

  • Jangan Gunakan Mesin Pengering 

Setelah mencuci, sebaiknya hindari mengeringkan Fleece dengan mesin pengering panas. Sebaiknya keringkan kain Fleece dengan cara digantungkan di ruang terbuka sehingga kering secara alami. Suhu panas yang disebabkan oleh mesin pengering dapat menyebabkan serat Fleece menjadi rusak atau mudah rapuh.

  • Hindari Mencuci Fleece dengan Media Kasar

Saat mencuci Fleece, hindari mencampurkannya dengan pakaian atau barang-barang lain yang memiliki tekstur kasar seperti penutup Velcro. Mencampur dengan media kasar bisa menyebabkan abrasi dan aus yang merusak serat fleece.

  • Jangan Menyikat Terlalu Kuat

Bila mencuci menggunakan teknik manual, hindari menyikat kain Fleece terlalu keras, karena ini bisa merusak permukaan lapisan berbulunya. Gunakan sikat berbulu lembut jika diperlukan untuk menghilangkan debu atau kotoran.

  • Simpan Dengan Baik

Simpan pakaian atau produk dari kain Fleece dengan baik, lebih baik jauhkan dari sinar matahari langsung atau panas berlebihan, karena sinar UV dan panas dapat merusak serat khususnya serat sintetis.

*Selalu ikuti petunjuk perawatan yang tertera pada label produk untuk hasil terbaik.

Nah sekarang sudah tahu kan bagaimana merawat kain Fleece dengan baik dan benar? Untuk memastikan kamu memakai kain Fleece berkualitas, Minto sarankan untuk beli kain Fleece nya di Knitto Textiles aja!  Tersedia hingga 3 jenis kain Fleece, warnanya juga lengkap! Yuk kunjungi website utama Knitto untuk lihat katalognya!

Baca Juga: Cara Membedakan Jenis Kain Hoodie Fleece dan Baby Terry

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035