Cara Menghilangkan Sablon Di Sweater Dengan Praktis Dan Mudah

0
Rate this post

1. Cara menghilangkan sablon polyflex di baju dengan di setrika

Jika kaos sablon yang kamu punya kebetulan menggunakan sablon Polyflex sebagai jenis sablon yang digunakannya maka berikut ini cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan sablonan pada kaosnya. Biasanya untuk kaos yang menggunakan sablon jenis Polyflex bisa dihilangkan dengan cara disetrika.

Alat dan bahan yang diperlukan:

2 buah kain kering atau handuk, setrika, pisau atau gunting.

  • Langkah pertama untuk menghilangkan sablon nya adalah panaskan setrika sampai suhu maksimal.
  • Siapkan 2 buah kain kering, letakkan salah satunya di bagian dalam kaos
  • Setelah itu tutup bagian bersablon dengan kain satunya. Jangan sampai kamu tidak menggunakan 2 lapis kain ya, karena lapisan dalam nya berfungsi untuk melindungi kaos di bagian lainnya atau bagian belakang.
  • Jika setrika sudah panas, langsung setrika kaosmu yang sudah dilapisi kain tadi selama beberapa detik saja
  • Angkat kain kering yang menutupi permukaan sablon dan lumuri bagian sablon yang masih panas dengan alkohol menggunakan kain, lalu terlihat sablonan akan mengerut dan tarik bagian sablon yang sudah mengerut tadi, sebaiknya gunakan pisau.
  • Silakan ulangi proses ini beberapa kali sampai sablonan benar-benar hilang
  • Setelah selesai, silakan untuk melumuri bagian sablonnya dengan menggunakan alkohol untuk menghilangkan bekas perekat sablon dan setelah itu cuci kaos sampai bersih.

2. Cara menghilangkan bekas sablon di baju dengan bensin

Selanjutnya cara menghilangkan sablon di baju yang bisa kamu coba untuk mengatasi sablonan yang rusak pada baju atau kaos adalah dengan menggunakan Bensin, selain Bensin sebenarnya bisa kamu coba juga cara menghilangkan sablon kaos dengan Minyak Kayu Putih. Tapi perlu kamu ingat cara ini sebenarnya bisa jadi tidak lebih efektif dari cara yang sebelumnya atau menggunakan setrika, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. 

Alat dan bahan yang harus disiapkan:

2 Kain atau handuk kering, Bensin atau Minyak Kayu Putih, Gunting atau Pisau. 

  • Pertama, persiapkan baju atau kaos yang akan dihilangkan sablonannya. Lalu kamu balik kaosnya (posisi sablonannya harus berada di dalam). 
  • Seperti cara sebelumnya letakkan kain atau handuk di bagian dalam kaos, hal ini bertujuan agar cairan tidak merembes kemana-mana. 
  • Sekarang olesi bagian sablon pada kaos yang sudah dibalik dengan bensin atau minyak kayu putih
  • Diamkan sebentar sampai bensin atau minyak kayu putih kering
  • Lalu gunakan pisau atau gunting untuk mengelupas sablonan pada kaos atau baju
  • Jika sablon masih belum mengelupas, coba kamu ulangi cara menghilangkan sablon di baju ini 3 sampai 5 kali sampai sablonan benar-benar hilang
  • Langkah terakhir adalah, cuci baju sampai benar-benar bersih menggunakan sabun dan detergen. Gunakan juga pewangi pakaian agar bau bensin hilang.

3. Cara menghilangkan cat sablon di baju dengan cairan M3

Apakah menggunakan cairan M3 merupakan cara menghilangkan sablonan di baju paling ampuh? Bisa jadi, karena cairan M3 ini hampir menyerupai thinner atau pelarut sehingga dapat memudarkan warna sablon yang ada pada baju.

Alat dan bahan yang diperlukan:

2 buah kain atau handuk kering, Cairan M3, Masker dan Pisau atau Gunting

Cairan M3 ini bisa kamu dapatkan di toko cat sablon terdekat atau bisa juga dibeli melalui online shop. Biasanya cairan M3 ini sering digunakan untuk menghilangkan sablonan pada baju atau kaos yang menggunakan jenis sablon Plastisol atau Rubber. Mari kita mulai langkah-langkahnya

  • Pertama, sebelum memulai gunakan masker terlebih dahulu untuk menghindari uap dari cairan M3 ini terhirup. Dianjurkan juga untuk menggunakan sarung tangan karet saat menggunakan cairan ini karena, cairan M3 bisa menyebabkan kulit kamu gatal atau iritasi jika terkena langsung
  • Siapkan alat dan bahannya, letakkan kaos atau baju pada permukaan yang datar dengan mengarahkan bagian sablonnya menghadap ke atas
  • Seperti cara sebelumnya masukkan handuk atau kain kering ke dalam bagian kaos, agar cairan tidak merembes ke area lain baju atau kaos. 
  • Lalu basahi kain kering yang satunya dengan cairan M3, setelah itu lumuri bagian sablon yang rusak atau ingin dihilangkan dengan kain yang sudah basah oleh cairan tadi.
  • Diamkan kaos beberapa saat sampai ada reaksi pada sablonan yang sudah di olesi cairan M3 tadi, jika sudah terlihat mengkerut langsung gunakan pisau atau gunting untuk mengelupas sablon dari kaos. 
  • Seperti biasa, ulangi langkah-langkah ini sampai sablonannya benar-benar terkelupas semua.
  • Langkah terakhir adalah cuci kaos atau baju sampai benar-benar bersin. Kamu harus memastikan jika kamu sudah terbebas dari cairan M3 karena kalau tidak kulit kamu bisa iritasi atau terjadi reaksi gatal.

Langkah-langkah di atas bisa kamu coba untuk menghilangkan bekas sablon di sweater dengan mudah, dan agar sweater juga tetap awet serta bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka perawatan sweaternya harus benar. Berikut ini cara untuk merawat sweater agar tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  • Jika sweater yang kamu punya menggunakan  jenis bahan terry, kain ini tidak tahan terhadap air, sehingga jangan merendam pakaian dari bahan ini terlalu lama cukup sekitar 30 menit – 1 jam atau kain dapat menyusut dan warna nya rusak. Sebaiknya ketika mencuci bahan Baby Terry ini menggunakan air dingin, untuk menjaga kondisi bahan tetap aman, gunakan air dengan suhu kurang lebih 30℃ (Celcius) atau air dingin.
  • Cuci dengan di kucek menggunakan tangan atau dengan mesin cuci, tapi pisahkan dengan jenis pakaian lainnya.
  • Jangan jemur pakaian dari bahan terry di bawah paparan sinar matahari langsung untuk mencegah perubahan warna, cukup diangin-anginkan saja
  • Setrika dengan suhu sekitar 140 ° C

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur