Cara Praktis Hitung Kebutuhan Kain Kaos

0

BELI SEKARANG

Cara Praktis Hitung Kebutuhan Kain Kaos – Sebagian dari kita khususnya kamu pemula yang punya bisnis konveksi pakaian pasti sering bingung dan susah cari metode yang pas untuk hitung kebutuhan kain untuk produksi agar maksimal dan efektif.

Dalam artikel kali ini, Minto akan beri 4 metode yang bisa bantu hitung kebutuhan bahan agar lebih efektif dan akurat.

4 Metode Hitung Kebutuhan Bahan Produksi

  • Menggunakan Software CAD

Kamu bisa pakai software CAD atau Computer Aided Design, sebuah software yang dapat mengatur letak pola pada bahan lebih efektif.

Dengan mengatur letak pola lewat software CAD, kamu juga bisa membuat penggunaan bahan lebih efektif dan mengetahui kebutuhan bahan dengan akurat.

Dapat dibilang, cara ini adalah cara terefektif untuk mengetahui kebutuhan bahan produksi dibanding metode lainnya.

Kamu bisa pakai pola yang dibuat secara manual yang kemudian dimasukkan atau di convert ke software CAD.

Namun Minto sarankan, lebih baik gunakan pola digital karena lebih akurat dan dapat meminimalisir human error karena tidak perlu di convert lagi.

Kamu bisa gunakan software-software CAD seperti Lectra, Optitex, Gerber AccuMark, dan lainnya untuk membuat pola digital dan mengatur tata letak pola.

  • Menggunakan Chart Perkiraan Kebutuhan Bahan

Metode ini adalah metode yang paling umum digunakan oleh pemula bisnis konveksi. Metode ini adalah metode yang memakai perkiraan kebutuhan bahan pada umumnya. Misalnya, seperti kain Combed 30s dengan berat 1kg dapat diolah menjadi 5 kaos ukuran L dengan size lokal.

Namun metode ini punya kekurangan yang cukup besar karena size chart yang digunakan setiap konveksi berbeda. Selain itu, penempatan pola dan kerumitan pola sangat dapat mempengaruhi kebutuhan kain.

Hal inilah yang menyebabkan metode ini kurang akurat. Kamu bisa pakai metode ini untuk menghitung kebutuhan bahan untuk pakaian seperti kaos dan lainnya yang relatif simple, tidak disarankan untuk menghitung kebutuhan pakaian dengan pola yang rumit.

  • Menggunakan Rumus Matematika

Sebenarnya, banyak diluar sana yang menggunakan rumus matematika untuk menghitung bahan. Rumus yang digunakan juga beragam dan dapat bervariatif.

Berikut rumus matematika yang dapat digunakan menghitung kebutuhan bahan dalam satuan Kg.

kain kaos

*10% merupakan perkiraan bagian kain yang tak terpakai

** 12 dan 6 merupakan ukuran kampuh dasar, dapat disesuaikan kembali

Rumus diatas merupakan rumus untuk menghitung kebutuhan bahan dalam satuan berat, bukan panjang. Rumus ini cukup memberikan jawaban yang cukup akurat, namun tetap memiliki kekurangan, karena tidak dapat menentukan lebar bahan yang digunakan.

  • Menggunakan Kalkulator Bahan

Textiles telah meluncurkan fitur kalkulator bahan yang dapat membantu kamu hitung kebutuhan bahan untuk produksi. Fitur ini dapat kamu akses lewat portal Knitto Textiles.

Kamu bisa menginput mulai dari bahan kaos, size kaos, dan jumlah kaos sehingga hasil kebutuhan bahannya cukup akurat.

Fitur kalkulator bahan textiles dirancang untuk mempermudah pelanggan setia Knitto untuk dapat menghitung kebutuhan bahan dengan lebih mudah bahkan hanya dengan sentuhan jari.

Textiles mengusahakan yang terbaik agar konsumen Knitto Textiles selalu merasa puas.

Keuntungan Menghitung Kebutuhan Bahan

Kira-kira kenapa ya kita harus menghitung bahan untuk memenuhi kebutuhan produksi? Tahukah kamu, menghitung kebutuhan bahan memiliki banyak manfaat.

Proses produksi akan lebih efisien ketika kamu membeli bahan yang cukup atau lebih sehingga kamu tak perlu repot-repot kembali ke toko untuk membeli bahan.

Menghitung kebutuhan bahan juga dapat melatih kita untuk menata pola agar efektif, sehingga limbah kain lebih sedikit.

Fasilitas Lain Di Portal

  1. Cek Pricelist Kain dan E-Katalog
  2. Order Kain
  3. Cek Katalog Warna
  4. Cek Stok Kain
  5. Meminta Sample Kain
  6. Cek Status Order

Nah gimana, tertarik untuk coba fitur kalkulator bahan Textiles? Yuk coba gratis sekarang lewat portal Knitto Textiles. kamu juga bisa coba fitur lainnya yang gak kalah keren dan canggih di portal Knitto Textiles.

Kunjungi Textiles untuk mengetahui pilihan kain untuk bahan kaos berkualitas dan bahan jaket seperti Baby Terry dan Fleece. Jangan lupa untuk unduh e-katalog gratis untuk mempermudah kamu melihat koleksi kain yang tersedia di Knitto Textiles.

TOKO BAHAN KAOS BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*