Cara Untung Jualan dengan Strategi Bundling

0
strategi bundling

Pernahkah kamu ketika sedang berada di supermarket atau minimarket lalu terdapat penawaran yang cukup menggiurkan berupa kombinasi beberapa produk makanan dan minuman dengan harga yang ekonomis. Biasanya kombinasi produk ini, berupa dua sampai tiga jenis produk baik dengan produk yang sama atau gabungan dengan produk yang berbeda. Sebenarnya penggabungan produk ini merupakan salah satu strategi marketing yang salah satu tujuannya untuk menaikan penjualan, dan strategi ini disebut dengan Strategi Bundling atau Product Bundling.

Strategi Bundling atau Product Bundling adalah sebuah strategi pemasaran yang mana mengelompokan beberapa produk dan dijual dengan satu harga. Produk bundling adalah cara yang sangat elegan untuk memberikan diskon dan juga bisa memberikan value lain untuk sebuah brand. 

Mempromosikan produk dengan strategi bundling ini sebenarnya muncul pertama kali pada tahun 1995 yang digunakan saat ponsel CDMA hadir ke tengah-tengah kita. Dengan tujuan untuk bisa menarik perhatian dan masyarakat mau menggunakan ponsel CDMA ini. Tidak lupa para produsen ini juga memberikan iming-iming keuntungan yang menggiurkan agar pengguna ponsel CDMA semakin banyak.

Sejak dari sini, strategi bundling akhirnya mulai digunakan dan dianggap menjadi salah satu cara yang terbukti jitu untuk memasarkan produk. 

Apa manfaat menggunakan strategi Bundling?

Ada beberapa manfaat dari mempromosikan produk dengan menggunakan strategi bundling ini dan tentu akan mendatangkan keuntungan bagi para pebisnis. Apa saja manfaatnya? 

Meningkatkan Penjualan

Manfaat utama dari strategi bisnis ini adalah untuk meningkatkan penjualan

Memberikan &8220;Exposure” kepada produk tertentu

Mungkin kamu pernah merasa bingung ketika mendapati salah satu produk yang penjualannya kurang bagus. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memanfaatkan strategi bundling untuk mempromosikan produk tersebut dengan menyandingkan produk yang kurang laku tadi dengan produk yang sangat laku. 

Mengurangi stok gudang

Penumpukan stok yang ada di gudang juga bisa menjadi salah satu masalah bila tidak diatasi. Kamu bisa mengurangi stok yang mungkin sudah lama ada digudang dengan membundling dengan produk terbaru atau buat bundling produk yang saling melengkapi. Dari pada stok produk lama ini menumpuk dan tidak terjual, jika kamu coba cara ini siapa tau bisa terjual habis dan mendatangkan keuntungan.

“Apa gak rugi jualan bundling? “

strategi bundling bisa mendatangkan untung

Mungkin di dalam benak kamu sempat terlintas pertanyaan “apa gak rugi ya kalau bikin produk bundling gini?” dan pertanyaan ini juga sepertinya datang dari faktor harga produk yang terlihat lebih murah dan menggiurkan, sebagai pebisnis dan penjual, pasti ada kekhawatiran tersendiri ya. Tapi tenang saja, justru dengan menggunakan strategi ini, kamu bisa mendapatkan keuntungan terutama untuk mempromosikan produk yang sebenarnya kurang laku. 

Risiko Melakukan Strategi Bundling

Selain ada keuntungan dan manfaat, ada juga resiko juga tantangan tersendiri dalam melakukan promosi dengan menggunakan strategi bundling ini, yang sebenarnya resiko ini bisa diatasi atau diantisipasi. Jika kamu tidak teliti dalam persiapan promosi ini, bisa-bisa strategi ini menjadi berantakan dan mendatangkan masalah.

  • Salah dalam Memasangkan Produk

Dalam proses strategi bundling, niat dan minat customer sangatlah berperan penting, jika kamu salah memasangkan produk untuk bundling kamu dan sama sekali tidak memunculkan minat customer tentu strategi ini akan jadi sia-sia nantinya. Maka dari itu sebelum melakukan promosi ini, pastikan terlebih dahulu produk mana yang sekiranya akan menarik minat customer dan kira-kira produk apa yang pas atau cocok untuk dipasangkan dengan melakukan survey pasar. 

  • Kehabisan Stok untuk Produk yang di Bundling

Salah satu resiko yang juga akan dihadapi adalah ketika stok dari salah satu produk yang di bundling habis. Kerja sama antara tim marketing dengan tim gudang atau operasional sangat dibutuhkan disini, pastikan produk yang akan kamu bundling mempunyai persediaan stock yang mumpuni atau banyak, jangan sampai di pertengahan jalan produk ternyata habis. Buat perencanaan yang matang untuk promosi ini juga sangat perlu. 

Jenis-Jenis Strategi Bundling Produk

Pure Bundle

Pure Bundle adalah jenis bundling yang dimana berbentuk campuran produk yang hanya bisa dibeli dalam satu bundle dan tidak ada barang yang dijual terpisah. Contohnya, sebuah tour travel yang menawarkan perjalanan liburan dan sudah termasuk dengan akomodasi, pemandu, hotel, dll. Klien atau calon pengguna jasa tidak bisa hanya memesan salah satu dari pilihan tersebut. 

Mix and Match Bundling

Jenis bundling ini memberikan pelanggan atau pembeli kebebasan untuk memilih produk apa saja sesuai dengan yang diperlukan dan membuat bundle khusus. 

Cross-sell Bundling

Jenis Bundling ini menawarkan produk yang fungsinya sebagai pelengkap produk utamanya dan tentu jika digunakan terpisah produk bundling ini tidak dapat digunakan nantinya. Contohnya adalah, promosi produk handphone baru yang dibundling dengan casing atau aksesoris lainnya yang mana tidak dapat digunakan sendiri atau terpisah kan?

Bagaimana cara membuat promo Bundling ini?

Kamu mulai tertarik dengan strategi bundling ini? Jika saat ini kamu mulai bertanya-tanya bagaimana cara membuat promo bundling, berikut ini penjelasannya.

Buat “Penarik Perhatian” terhadap produk yang dipasangkan. 

Misalkan produk bisnis kamu yang paling laris adalah polos berwarna hitam dan kaos berwarna mustard kebetulan stoknya menumpuk. Kamu bisa gabungkan atau mem-bundling kaos hitam dan mustard ini menjadi satu dengan menawarkan harga special yang menguntungkan. Disini karena kaos hitam adalah produk favorit dan sangat laris, maka kaos hitam ini akan menjadi “penarik” perhatian dan menarik minat konsumen untuk membeli sekaligus dengan produk yang kurang populer atau tidak begitu diminati.

Berikan value lebih untuk produk yang di-Bundling

Seperti yang sudah dikatakan, strategi ini bisa dijadikan cara untuk memberikan awareness. Pasangkan produk kamu yang sudah mempunyai “penggemar” atau awareness tinggi dengan produk yang baru atau justru produk yang kurang laku.

Kasih Penawaran Yang Sulit Untuk Ditolak

Buat penawaran yang sulit ditolak oleh konsumen timbulkan pemikiran “duh sayang banget kalau gak beli harga segini bisa dapat hoodie dan kaos”. Maka dari itu kamu bisa memberikan harga yang menggiurkan dan jauh dari harga normal atau kombinasi produk yang dibundling saling berkolerasi dan melengkapi satu sama lain sehingga sulit bagi konsumen untuk membeli salah satunya saja.

Sebelum melakukan promosi Bundling ini, coba kamu lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui produk mana yang paling laris dan pastikan stok produk yang akan di bundling aman

Baca Juga: Apa itu Decoy Effect, Bisakah Diterapkan Untuk Strategi Bisnis Clothing?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari strategi bisnis yang cocok dan bisa mendatangkan keuntungan lebih. 

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat,

Telepon: (022) 4214962

 

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here