Hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Bisnis Kaos

0
4.9/5 - Vote count: 30 votes

Bisnis kaos merupakan salah satu pilihan bisnis yang cukup diminati oleh masyarakat. Mengingat kaos merupakan pakaian yang cukup sering digunakan sehari-hari, clothing line yang menjual berbagai jenis kaos pun semakin marak dari tahun ke tahun.

Kaos sendiri sekarang memiliki banyak sekali variasi desain, warna, bahan sehingga tercipta banyak sekali jenis kaos yang berbeda di pasaran. Saat ini kaos bersiluet oversized sedang digemari oleh sebagian besar masyarakat muda. Melihat peluang ini, tentunya banyak yang ingin memulai bisnis kaos. Kira-kira apa saja ya yang perlu disiapkan? Minto akan membagi info apa saja sih yang perlu kamu siapkan.

Bisnis Kaos

Hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Bisnis Kaos

  • Branding

Branding atau pembentukan brand tentu sangat penting dalam setiap bisnis. Dalam branding inilah kamu dapat menentukan produk kamu akan terlihat seperti apa di masyarakat. 

Dalam Branding, kamu perlu mempersiapkan pondasi-pondasi kuat seperti nama brand, logo brand, target market, jenis produk yang akan dijual, dan hal-hal mendalam lainnya. Untuk penjelasan tentang branding yang lebih lengkap, kamu bisa cek artikel lainnya di Knitto Textiles ya!

Setelah menentukan branding, tentunya kamu harus mempersiapkan modal. Semua bisnis memerlukan modal, bila modal kamu masih minim, kamu bisa mulai dari produksi kecil-kecilan dulu atau pakai teknik “mencicil” produksi. 

Misalnya bulan ini kamu produksi 3 desain kaos dan bulan selanjutnya memproduksi 3 desain kaos lainnya sehingga waktu launching produknya akan lebih bervariatif.

  • Unique Selling Point

Perlu  kamu ingat, semua produk harus memiliki USP atau Unique Selling Point. Unique Selling point adalah ciri khas dari produk kamu yang dapat membedakan produk kamu dengan produk kompetitor sehingga lebih mudah bersaing dalam pasar.

Unique Selling Point dapat berupa desain produk yang  khas, bahan yang dipakai, atau sesuatu yang dapat memberi ciri  khas bahwa produk tersebut dibuat oleh brand kamu.

  • Strategi Marketing

Strategi marketing juga sangat penting dalam segala bisnis. Kamu harus memikirkan strategi marketing apa yang cocok untuk bisnis kamu. Misalnya dengan membuat toko fisik, mengikuti bazaar, membuka toko e-commerce, memasang iklan, dan lain-lainnya.

Tentunya poin-poin di atas merupakan penjelasan singkat saja ya. Minto juga punya clothing business planner yang bisa bantu kamu untuk membuat bisnis clothing. Kamu bisa dapatkan lembarnya dengan mendownload secara gratis di website Knitto Textiles > Panduan > Resources.

Selanjutnya, Minto akan beri info seputar hal yang perlu dilakukan sebelum memulai bisnis kaos. Yuk simak sama-sama.

Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Bisnis Kaos

  • Cari Supplier Bahan Kaos Berkualitas

Membuat kaos tentunya memerlukan bahan baku. Untuk membuat kaos yang berkualitas, tentunya kamu juga harus memilih dan memakai bahan yang berkualitas. Carilah supplier bahan kaos yang berkualitas dan cocok dengan budget kamu.

Untuk bisnis kaos sablon, biasanya ada konveksi juga yang menyediakan sistem full order. Sistem full order adalah konveksi tersebut menyediakan jasa jahit kaos serta jasa sablonnya. Namun ada juga yang menerapkan sistem makloon, Makloon adalah hanya menyediakan jasa sablonnya dan kamu harus buat / cari vendor jahit kaosnya.

  • Cari Vendor yang Terpercaya

Kamu perlu cari vendor jahit yang terpercaya. Gimana ya cara cari tahu vendor itu terpercaya? Salah satu caranya adalah melihat portofolio produk vendor tersebut apakah rapi dan berkualitas. Semakin banyak brand yang sudah memakai jasa mereka tentunya kamu juga bisa lebih percaya dengan vendor tersebut. 

  • Sampling Produk dan Quality Check

Setelah kamu cukup yakin pada vendor tersebut, kamu boleh mulai sampling produk. Dari sampling produk, kamu bisa lihat apakah vendor tersebut layak dipertahankan atau tidak. Periksa juga apakah kualitas jahitannya rapi dan hasil kaosnya sesuai.

Rekomendasi Bahan Kaos Terbaik

Untuk membuat kaos yang berkualitas tentu dibutuhkan bahan baku yang sama berkualitasnya. Knitto Textiles menyediakan berbagai bahan kaos berkualitas dengan gramasi dan pilihan warna yang lengkap. Berikut beberapa rekomendasi bahan kaos terbaik yang patut kamu coba.

  • Cotton Combed

Hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Bisnis Kaos

Cotton Combed merupakan kain bahan kaos yang sudah sangat sering dijadikan pilihan sebagai bahan utama kaos. Cotton Combed merupakan kain bahan kaos yang terbuat dari 100% serat kapas pilihan yang kemudian melewati tahap penyisiran atau combing, menghasilkan kain yang halus, lembut, menyerap keringat dengan baik, dan nyaman digunakan. Bahkan, Cotton Combed 30s sering digunakan sebagai bahan kaos distro loh!

Cotton Combed merupakan kain yang dapat digunakan sebagai bahan kaos, pakaian anak, pakaian dewasa, dress, dalaman, dan lain-lain. Tidak semua Cotton Combed memiliki kualitas yang bagus, namun Cotton Combed Knitto Textiles dijamin berkualitas dengan pilihan gramasi dan warna yang lengkap bahkan hingga 100 varian warna.

  • Cotton Combed Enzyme

Hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Bisnis Kaos

Cotton Combed Enzyme, kain bahan kaos yang memiliki kelebihan tambahan. Cotton Combed Enzyme merupakan kain Cotton Combed yang telah melalui proses pencucian atau washing tambahan menggunakan protein alami enzim. Proses pencucian inilah yang membuat kain ini lebih lembut, lebih minim bulu, dan lebih nyaman dibandingkan Cotton Combed yang padahal sudah memiliki kualitas yang sangat baik.

Sama seperti Cotton Combed, Cotton Combed Enzyme dapat dijadikan sebagai bahan kaos, pakaian anak atau dewasa, dress, dan pakaian lainnya. 

  • Cotton Bamboo

Hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Bisnis Kaos

Cotton Bamboo merupakan kain bahan kaos premium yang terbuat dari 30% serat kapas dan 70% serat bambu. Kenapa Cotton Bamboo termasuk pada jajaran cotton premium? Hal ini disebabkan oleh karena Cotton Bamboo mengandung banyak manfaat dan kelebihan. Cotton Bamboo mengandung teknologi anti-bau, anti-jamur, anti-bakteri, dan anti-UV. Dari handfeelnya pun Cotton Bamboo jauh lebih halus dan lembut, dan memiliki sifat kain yang “jatuh” atau flowy.

Cotton Bamboo merupakan kain yang cocok digunakan untuk bayi, anak-anak, bahkan dewasa yang memiliki kulit sensitif karena kain ini sangat lembut dan halus di kulit. Cotton Bamboo cocok untuk bahan kaos premium, pakaian wanita, pakaian anak-anak, dalaman, bahkan sprei sekalipun.

  • TENCEL™ Modal Blended with Cotton

bahan tencel

TENCEL™ Modal Blended with Cotton merupakan kain premium yang terbuat dari 50% serat kapas dan 50% serat TENCEL™ Modal. Serat TENCEL™ Modal yang digunakan merupakan serat yang diproduksi oleh perusahaan Lenzing dari Austria yang memproduksi berbagai serat bahan kain berkualitas. TENCEL™ Modal Blended with Cotton merupakan kain yang mendukung sustainable living karena bahan ini biodegradable.

TENCEL™ Modal Blended with Cotton merupakan kain yang cocok digunakan untuk bayi, anak-anak, bahkan dewasa untuk membuat pakaian berkualitas premium karena kain ini sangat lembut dan halus di kulit sehingga nyaman digunakan. TENCEL™ Modal Blended with Cotton cocok untuk bahan kaos premium, dress wanita, pakaian anak-anak, dalaman, bahkan sprei dan sarung bantal.

Knitto Textiles Cocok Untuk Kamu yang Baru Mau Mulai Bisnis Kaos

Kenapa Knitto Textiles cocok untuk kamu yang baru mau mulai bisnis kaos? Di Knitto Textiles, minimal pembelian kain hanya 1 Kg, sehingga untuk yang memiliki modal kecil atau baru ingin sampling bisa beli kain mulai 1 Kg saja bahkan kurang dari 1 Kg sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kain di Knitto Textiles terbilang sangat lengkap dengan berbagai jenis, variasi warna, dan gramasi kain. Tak hanya bahan kaos, Knitto Textiles juga menyediakan bahan kaos polo, jaket, dan aksesorisnya. Tunggu apa lagi, yuk penuhi kebutuhan kain kamu hanya di Knitto Textiles.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur