Jenis Jenis Kain Baju Berdasarkan Kegunaannya

0
Rate this post

Jenis Jenis Kain Baju Berdasarkan Kegunaannya – Mengetahui berbagai jenis jenis kain baju akan memudahkan kita saat akan membuat pakaian, atau ketika kamu menemukan pakaian yang ada di pusat perbelanjaan dengan mudah kamu bisa tahu bahan apa yang digunakan oleh baju tersebut.

Kain Baju

Jenis jenis kain baju itu sangat banyak ya, terkadang kita juga sulit membedakan antara satu bahan dengan bahan lainnya, dan biasanya setiap bahan sudah memiliki kegunaannya masing-masing, contohnya kemeja menggunakan bahan katun seperti katun jepang misalnya, atau membuat celana menggunakan bahan denim atau dikenal dengan sebutan jeans, atau bahan drill yang juga cocok untuk dibuat rok.

Sama halnya dengan membuat kaos, jaket atau juga polo shirt yang mempunyai jenis bahannya sendiri-sendiri. Agar kamu bisa lebih paham, bagaimana jika kita bahas jenis jenis kain baju berdasarkan kegunaannya, terutama jenis jenis kain baju yang ada di Knitto Textiles.

Jenis Jenis Kain Baju Berdasarkan Komposisinya

Kain bisa kita kategorikan menjadi beberapa jenis berdasarkan komposisi yang digunakan. Sebenarnya ada banyak sekali jenis komposisi kain tapi bisa kita coba kategorikan menjadi 3, yaitu:

  • Natural: Bahan natural atau terbuat dari bahan alami tanpa adanya campuran bahan sintetis. Semua komposisi kain yang digunakannya memang benar-benar berasal dari alam.
  • Semi-Sintetis: Bahan semi sintetis ini biasanya menggunakan komposisi campuran antara bahan baku alami dan berbahan sintetis.
  • Sintetis: Jenis kain yang dibuat dari komposisi ini biasanya menggunakan jenis bahan Polyester sebagai bahan utama pembuatan kainnya.

Dari masing-masing komposisi ini pastinya mempunyai kekurangan dan kelebihan tersendiri. Kekurangan dan kelebihan kain ini lah jadi salah satu hal yang membuat harga kain tersebut menjadi lebih mahal atau justru lebih murah.

 Jenis Jenis Kain Baju Berdasarkan Kegunaannya

Setelah kita melihat jenis komposisi bahan, sekarang kita akan membahas beberapa jenis bahan baju berdasarkan kegunaan kainnya.

Jenis Jenis Kain Baju Untuk Kemeja

Kemeja adalah pakaian formal yang sangat wajib dimiliki oleh semua orang, setidaknya pasti kamu memiliki 1 jenis kemeja di lemari kamu untuk beberapa acara penting atau acara spesial, meskipun biasanya kamu hanya menggunakan kaos setiap harinya. 

Ada beberapa jenis kain yang biasanya digunakan untuk membuat kemeja, seperti:

  • Kain Katun: Bahan ini dibuat dari serat katun atau kapas, mempunyai karakter yang tidak mudah kusut, sedikit kaku, tetapi mempunyai daya serap yang baik dan terasa adem saat digunakan, cocok sekali untuk digunakan sebagai pakaian kantor.
  • Kain Oxford: adalah bahan kain yang biasa digunakan untuk kemeja formal maupun casual, yang juga bisa digunakan untuk seragam kerja, dan seragam sekolah. Tekstur kainnya mempunyai tampilan seperti titik-titik, dan tentu nyaman ketika digunakan.
  • Kain Chambray: Jika dilihat sekilas kain ini memang tampak seperti bahan denim, hanya saja tekstur kainnya lebih halus dan lembut, bahan ini sering sekali dipilih sebagai bahan untuk membuat kemeja.
  • Kain Denim: Kain yang sering digunakan sebagai bahan untuk rok atau celana, kain ini juga dapat kamu pilih untuk kemeja, kain ini cocok sekali untuk kemeja casual.
  • Kain Linen: Beberapa brand besar sudah menggunakan bahan ini untuk kemeja nya, bahannya yang nyaman, halus dan lembut membuat banyak orang tertarik dengan kemeja berbahan Linen, hanya saja memang kain ini cukup mudah kusut sehingga harus diperhatikan penyimpanannya.
  • Kain Pique: Kain Pique dapat dibuat dari bahan apapun, baik serat alami, serat semi-sintetis maupun full sintetis seperti yang dimiliki oleh Knitto yaitu CVC Pique dan Cotton Combed Pique. Kain ini mempunyai rajutan yang tebal dan corak rajutnya menyerupai segi enam dan segi empat.

Mungkin kamu bertanya, kenapa kain Pique masuk ke dalam daftar jenis jenis kain baju untuk kemeja? Padahal biasanya kain ini kan digunakan untuk membuat kaos polo? Memang kain Pique kegunaan sebenarnya adalah sebagai bahan untuk kaos polo atau polo shirt tetapi dengan sebuah kreativitas kain bahan kaos polo ini bisa kamu jadikan sebagai bahan untuk kemeja dan sudah banyak juga yang menggunakan jenis kain ini sebagai bahan untuk membuat kemeja.

Jenis Jenis Kain Baju Untuk Kaos

Selanjutnya jenis pakaian yang banyak digunakan oleh semua orang baik dewasa maupun anak-anak adalah kaos. Kaos jenis pakaian yang nyaman digunakan setiap saat baik untuk beraktivitas di dalam ruangan apalagi diluar ruangan. 

Banyak sekali jenis jenis kain baju yang digunakan untuk membuat kaos, dengan spesifikasi, karakteristik, kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kain. Berikut ini kami sajikan beberapa jenis kain kaos yang bisa kamu gunakan untuk membuat kaos yang nyaman dengan kualitas yang baik. Kain-kain ini juga sudah tersedia di Knitto Textiles.

  • Kain baju Combed: Kain yang dibuat dari 100% serat kapas dan dibuat dengan cara disisir pada mesin Combing. Kainnya mempunyai tekstur halus dan lembut, daya serapnya baik, adem saat digunakan dan juga mempunyai banyak varian, baik ketebalan maupun warnanya.

Cek kain Cotton Combed yang ada di Knitto

  • Kain baju Carded: Kain kaos yang juga dibuat dari 100% serat katun atau kapas, dengan cara digaruk pada mesin Carding. Tekstur dari kain ini tidak sehalus kain Combed, terkadang masih terdapat bintik putih pada permukaan kainnya, kainnya pun terasa kaku, tetapi kain ini bisa kamu jadikan alternatif bahan kaos katun dengan harga yang lebih terjangkau.
  • Kain baju Modal: Bahan ini dibuat dari serat campuran katun dan kayu, tetapi yang ada di Knitto kami menyediakan kain TENCEL™ Modal blended with Cotton. Mau tahu apa itu TENCEL™ Modal blended with Cotton? 

Baca Juga: Mengenal Bahan TENCEL Modal Blended with Cotton Untuk Kaos Premium

  • Kain baju Bamboo: Bahan Cotton Bamboo adalah bahan yang dibuat dari serat alami, campuran serat cotton dan serat bamboo, yang mana mempunyai keunggulan andalannya yaitu anti bakteri yang terkandung di dalam kainnya.
  • Kain baju U.S Pima Cotton: bahan kaos U.S. Pima Cotton dibuat dari 100% serat katun atau serat kapas yang langka dan, produksi serat kapasnya hanya 1% dari total produksi seluruh kapas dunia. 

Selain jenis-jenis kain baju untuk kaos di atas, masih ada beberapa jenis bahan kaos lainnya yang bisa digunakan untuk membuat kaos, dan juga mempunyai keunikan tersendiri yang bisa dijadikan pilihan variasi bahan dasar pembuatan kaos, seperti:

  • Cotton Galaxy
  • Cotton Combed Stripes
  • CVC Threetone
  • CVC Astro 
  • CVC Fuzy
  • CVC Slub Siro

Jenis Jenis Kain Baju Untuk Celana

Bahan yang digunakan untuk membuat celana juga bisa dibuat dari beberapa jenis, dan bisa ditandai dengan kegunaannya sebagai celana formal atau celana casual. Jenis jenis kain untuk membuat celana adalah sebagai berikut:

  • Bahan celana Drill
  • Bahan celana Katun
  • Bahan celana Twill
  • Bahan celana Denim
  • Bahan celana Canvas
  • Bahan Celana Baby Terry
  • Bahan Celana Fleece

Jenis-jenis kain baju yang ada di pasaran ini mempunyai kegunaan tersendiri tetapi bisa kamu kreasikan menjadi jenis pakaian lain, sesuai dengan keinginan kamu. Tetapi tetap harus disesuaikan juga dengan karakteristik bahannya, apakah memungkinkan untuk dibuat jenis pakaian tersebut.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur