Mana yang Lebih Baik, Serat Kapas atau Serat Linen?

0

BELI SEKARANG

Mana yang Lebih Baik, Serat Kapas atau Serat Linen? – Serat kapas dan serat linen merupakan serat yang berasal dari alam, termasuk serat nabati yang diambil dari tumbuhan. Serat kapas terbuat dari tumbuhan kapas dan serat linen terbuat dari tumbuhan rami.

Keduanya dapat ditemukan di lingkungan sekitar kita dan umum digunakan sehari-hari. Serat kapas atau serat linen, mana yang lebih baik ya? Yuk simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Serat Kapas

Kain yang menggunakan serat kapas sangat mudah ditemukan pada kehidupan sehari-hari, mulai dari pakaian hingga pelengkap rumah.

Kain yang terbuat dari serat kapas umumnya disebut kain katun, dan memiliki variasi yang sangat luas, bahkan bisa dicampur dengan serat lain.

Contohnya adalah kain Combed dan single knit pada kain rajut dan kain Katun Jepang, Katun Ima, Katun Toyobo yang diproses dengan teknik tenun.

Serat kapas juga dapat diproses menggunakan teknik rajut, menghasilkan kain yang cocok untuk bahan kaos.

Serat kapas yang diproses menggunakan teknik rajut menghasilkan kain Cotton Combed, Cotton Combed Enzyme, Cotton Bamboo, TENCEL™ Modal Blended with Cotton, dan lain-lain yang tersedia juga di Knitto Textiles.

Ciri-Ciri Serat Kapas

  1. Serat Kapas memiliki warna dasar putih yang bercampur dengan sedikit warna cream. 
  2. Serat kapas juga terbilang kuat, apalagi jika dalam keadaan terkena air atau basah. 
  3. Memiliki daya serap yang sangat baik. 
  4. Serat kapas juga sangat breathable sehingga sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik.
  5. Serat kapas juga memiliki tekstur yang lembut dan halus, maka dari itu sangat cocok dijadikan bahan kain yang kemudian diolah menjadi pakaian.

Serat Linen

Kain yang terbuat dari serat rami atau lebih dikenal dengan serat linen cukup sering dijumpai dikehidupan sehari-hari. Kain yang diolah dari serat linen sering dijumpai juga walau tak sebanyak kain yang dibuat dari serat linen.

Serat linen merupakan serat nabati termahal dibanding serat nabati lainnya. Proses pembuatan serat linen juga memerlukan proses pengolahan yang lebih lama dibanding serat kapas.

serat linen lebih umum diproses menggunakan teknik tenun, menghasilkan berbagai kain linen seperti Linen Damask, Pure Linen, Linen Look, Linen Viscose dan lainnya. Serat linen juga terbilang lebih kuat dibanding serat kapas. Bahan ini cocok dijadikan pakaian dan lainnya, namun pengaplikasiannya tidak sebanyak serat kapas.

Ciri-Ciri Serat Linen

  1. Serat linen memiliki kekuatan serat yang sangat baik, lebih kuat dibandingkan serat kapas.
  2. Serat linen sangat rentan terhadap kerutan dan seringkali kerutannya menjadi ciri khas dari kain linen.
  3. Kain linen dapat bertekstur maupun halus, tergantung dari proses pembuatannya.
  4. Memiliki daya serap yang baik karena terbuat dari serat alami.

Pilih Serat Kapas atau Serat Linen?

Kedua serat ini sama baiknya dan memiliki kelebihan masing-masing. Anda dapat memilih kain yang menurut Anda lebih cocok untuk keperluan Anda.

Untuk kegiatan sehari-hari, Anda dapat menggunakan kain yang dibuat dari serat kapas karena memiliki daya serap tinggi dan breathable, tekstur lebih halus, dan mudah didapatkan. Kain yang dibuat dari serat linen dapat digunakan untuk pakaian maupun dekorasi interior.

Pilihan Kain Bahan Serat Kapas Terbaik

Di Knitto Textiles, Anda dapat menemukan kain-kain rajut berkualitas yang cocok dijadikan pakaian sehari-hari seperti kaos, polo shirt, hingga jaket.

Kain-kain yang diproduksi Knitto Textiles banyak menggunakan serat kapas 100% maupun serat kapas yang dicampur dengan serat alami dan polyester.

Tersedia dalam kategori yang luas dan varian warna menarik, hal ini tak boleh dilewatkan! Berikut rekomendasi kain-kain berkualitas yang perlu Anda lirik.

Rekomendasi Bahan dari Serat Kapas Knitto Textiles

Serat Kapas

  1. sisir katun

Cotton Combed merupakan kain rajut, terbuat dari 100% serat katun pilihan. Kain ini diproses menggunakan mesin combing atau penyisiran.

Cotton Combed memiliki daya serap tinggi sehingga mampu menyerap keringat dengan baik, breathable atau sejuk saat dipakai, serta teksturnya halus dan lembut. Kain ini tersedia dalam 5  jenis ketebalan 100 varian warna solid yang sangat menarik.

Serat Kapas

2. Cotton Combed Activecool™ + Activefresh™ 

Cotton Combed Activecool™ + Activefresh™  adalah Cotton Combed yang dilengkapi dengan teknologi 2 in 1. Teknologi Activecool™ merupakan teknologi yang akan membuat kain menjadi lebih terasa dingin, teknologi Activefresh™ merupakan teknologi yang mengandung anti-bakteri sehingga menjaga kain agar tidak memiliki bau tidak sedap. Tersedia dalam warna yang menarik dengan ketebalan 30s.

bahan tencel

3. Modal TENCEL™ Dicampur dengan Kapas 

TENCEL™ Modal Blended with Cotton terbuat dari campuran serat kapas 50% dan serat TENCEL™ Modal 50%. Kain TENCEL™ Modal Blended with Cotton 30s merupakan kain biodegradable (dapat diperbaharui) sehingga ramah lingkungan.

Kain ini dapat diuraikan oleh alam. Kain ini mempunyai pengatur suhu alami yang bisa melepaskan kelembaban tubuh. Tersedia dalam 12 warna menarik dalam ketebalan 30s.

Mana yang Lebih Baik, Serat Kapas atau Serat Linen?

4. Bambu Kapas

Cotton Bamboo terbuat dari campuran 30% serat kapas dan 70% serat bambu. Cotton masuk dalam jajaran kain berkualitas premium dalam koleksi kain Knitto Textiles, dan mempunyai banyak keunggulan.

Keunggulannya meliputi  mempunyai kandungan anti bakteri, anti bau dan anti jamur, serta terdapat anti sinar UV. Kain ini memiliki ciri tekstur yang halus dan lembut, bahannya jatuh dan tidak mudah kusut, dan sejuk. Tersedia dalam 29 varian warna cantik dan 2 ketebalan kain.

Mana yang Lebih Baik, Serat Kapas atau Serat Linen?

5. Garis

cotton Combed Stripes terbuat dari 100% serat kapas pilihan. Kain Cotton Combed Stripes memiliki daya serap yang baik, sejuk saat dipakai, memiliki tekstur halus dan lembut.

Kain Cotton Combed Stripes memiliki ciri khas motif garis dengan kombinasi 2 warna pada satu kain dengan bentuk garis vertikal dengan ukuran lebar stripes 0.8 cm/ 0.8 cm (Type 1), 1.1 cm x 0.5 cm (Type 2), 1.1 cm / 1.1 cm (Type 3).

Rekomendasi Bahan Jaket Serat Kapas

Mana yang Lebih Baik, Serat Kapas atau Serat Linen?

  1. Bulu

Cotton Combed Fleece terbuat dari 100% serat kapas pilihan. Kain Cotton Fleece mampu menyerap keringat, memiliki tekstur yang halus dan lembut, dan memiliki ciri khas pada bagian dalamnya yang memiliki gumpalan bulu halus. Cotton Combed Fleece tersedia dalam 20 varian warna yang menarik dan 2 jenis ketebalan.

Mana yang Lebih Baik, Serat Kapas atau Serat Linen?

2. Bayi Terry Cotton Combed

Cotton Combed Baby Terry terbuat dari 100% serat kapas pilihan. Kain Combed Baby Terry mampu menyerap keringat walaupun memiliki ketebalan sedang, Memiliki tekstur halus, dan memiliki ciri khas pada bagian dalamnya memiliki struktur yang berbentuk seperti kumpulan “loop”. Bagian luarnya seperti bahan pada umumnya. Tersedia dalam 34 varian warna yang menarik.

Nah sekarang jadi tahu kan perbedaan antara serat kapas dan serat linen? Keduanya merupakan serat natural dan sering ditemukan sehari-hari. Keduanya sama baiknya, memiliki kelebihan masing-masing.

Karena itu, Anda perlu menentukan sendiri mana pilihan yang tepat untuk Anda dan yang cocok pada kebutuhan Anda. Kunjungi Knitto Textiles untuk melihat koleksi kain dengan serat kapas pilihan yang menarik dan tersedia di banyak varian warna dan ketebalan, atau kunjungi website Knitto Textiles untuk mengunduh e-katalog gratis!

TOKO BAHAN KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

WhatsApp Resmi: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*