2 Jenis Ukuran Baju Terbaik Dan Cara Menentukannya

0
5/5 - Vote count: 113 votes

Satu hal yang paling penting ketika kita membeli sebuah baju adalah memilih ukuran baju yang tepat agar pas saat digunakan di tubuh. Meskipun saat ini banyak juga pakaian yang ukurannya justru lebih besar dari ukuran normal, dan menjadi tren berpakaian yang sangat digemari oleh kalangan muda di tahun 2022 ini, style ini dikenal juga dengan nama “Baggy Style”.

Jenis Ukuran Baju
Jenis Ukuran Baju

Beberapa tahun kebelakang gaya berbusana menjadi sangat unik, bentuk pakaian yang juga berubah-ubah mode nya, hingga jenis ukuran baju yang tidak pada tempatnya alias tidak menggunakan ukuran normal.

Berbicara tentang jenis ukuran baju, di dunia fashion ada beberapa jenis ukuran baju yang tersedia yang pastinya sudah disesuaikan dengan ukuran tubuh manusia yang diambil rata-rata ukurannya, sehingga memudahkan pengguna untuk memilih jenis ukuran baju mana yang tepat dan cocok untuk mereka.

Hal ini berbanding terbalik dengan bagaimana orang-orang di jaman dulu ketika membuat baju dan menentukan ukurannya dengan cara mengukur secara langsung tubuh pengguna baju tersebut, mari kita menilik sedikit bagaimana sejarah ukuran baju yuk!

Sejarah Ukuran Baju

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, jika dahulu kala, proses pembuatan baju tidak semudah sekarang dimana ukuran baju sudah menemukan standarnya sehingga proses pembuatan baju secara massal pun sudah banyak dilakukan. Dulu, untuk membuat baju penjahit harus mengukur sang pengguna baju secara manual, satu per satu, karena tidak adanya standar baku ukuran pakaian. 

Hingga mulai dari awal 1800-an, penjahit mulai memproduksi pakaian jadi tanpa harus mengukur perorangan lebih dulu, karena sudah menggunakan ukuran standar ini. Seiring berjalannya waktu, cara pembuatan pakaian juga jadi lebih simple. Di beberapa negara pun standar ukuran bisa jadi berbeda-beda, maka dari itu kita dapat menemukan berbagai penamaan standar ukuran pakaian. Sebagai contoh, terdapat teknik Alpha Sizing yang mulai dikenal pada tahun 1996. 

Tahukah kamu? Cara menjahit pola untuk pakaian yang kita gunakan saat ini, ditemukan pertama kali oleh Juan de Alcega, seorang penjahit sekaligus ahli matematika yang berasal dari Spanyol. Hingga sampai abad ke 19, pakaian biasanya dipesan terlebih dahulu dan memang hanya diproduksi untuk per-individu.

Meninggalkan sejarah dari bagaimana proses menjahit dan pembuatan pola serta proses pengukuran ditemukan, sekarang Minto akan menjelaskan tentang jenis ukuran baju dan juga cara menentukan atau memilih ukuran yang pas untuk tubuh kamu.

Jenis Ukuran Baju Yang Harus Kamu Tahu

Saat ini terdapat dua jenis ukuran baju yang digunakan sebagai patokan ketika memilih size atau ukuran baju yang pas untuk seseorang, mungkin kamu pernah melihat beberapa pakaian yang menggunakan ukuran berupa Angka dan juga ukuran yang menggunakan Huruf atau Alphabet sebagai penanda ukuran bajunya. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang jenis ukuran baju.

Alpha Sizing.

Jenis ukuran ini yang pastinya lebih banyak digunakan oleh para produsen pakaian di Indonesia, mungkin baju-baju yang kamu pakai juga kebanyakan ukurannya menggunakan Alpha Sizing atau Letter Sizing. 

Alpha Sizing mencakup beberapa jenis ukuran baju seperti XS, S, M, L, XL, XXL. Setiap huruf atau alfabet nya mewakili beberapa ukuran tubuh, karena Alpha sizing juga sebenarnya dapat mencakup ukuran tubuh yang lebih luas. tapi memang nantinya tidak akan se fit-in pakaian yang menggunakan numeric sizing. Selain itu pakaian dengan ukuran ini juga kurang memperhatikan detail, tidak seperti pakaian yang menggunakan ukuran numeric.

Numeric Sizing

Sesuai dengan namanya, Numeric Sizing menggunakan angka sebagai penanda dari ukuran pakaian. Contohnya seperti: 0, 2, 4, 6, 7, 10, dst. 

Tidak seperti Alpha Sizing yang  bisa mencakup ukuran tubuh, Numeric sizing lebih sering digunakan untuk jenis-jenis pakaian yang ukurannya Pas seperti pakaian formal. Untuk membuat pakaian dengan numeric sizing sebenarnya dibutuhkan biaya yang lebih besar, karena untuk membuat pakaian yang menggunakan numeric sizing yang lengkap setidaknya sekitar 8-10 ukuran harus dibuat sehingga, bahan baku serta perlengkapannya dibutuhkan lebih banyak lagi, jadi pastinya budget pun akan lebih besar.

Cara Menentukan Ukuran Baju Yang Tepat 

  • Pertama, ketahui dulu bagaimana cara untuk mengukur badan dan bagian mana saja yang harus diukur, seperti: lingkar dada, lingkar pinggang, lingkar pinggul, dll.
  • Jangan langsung percaya dengan ukuran pakaian yang tertera, sebaiknya kamu cari tahu ukuran secara detailnya.
  • Jika kamu merasa pakaian ini tidak akan muat atau memang tidak terdapat ukuran pasti pada keterangan baju nya, sebaiknya jangan paksakan untuk membeli.
  • Cari tahu jenis bahan yang digunakan, apakah akan menimbulkan perubahan ukuran setelah di cuci atau tidak. 
  • Untuk mendapatkan ukuran terbaik memang sebaiknya baju tersebut kamu coba secara langsung, kecuali jika kamu membeli nya secara online. 
  • Pilih toko atau seller yang menerima untuk penukaran atau pengembalian barang jika seandainya baju tersebut ternyata tidak muat.

Baca Juga: Perbedaan Katun dan Rayon Yang Harus Kamu Tahu

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur