9 Jenis Kain Brokat Terbaik Dan Harganya

0
5/5 - Vote count: 10 votes

9 Jenis Kain Brokat Terbaik Dan HarganyaJenis kain brokat yang ada di pasaran sangat banyak dan bermacam-macam dengan motifnya masing-masing, bahan ini biasanya menjadi favorit dan akan sangat dibutuhkan untuk pakaian pergi ke acara formal, acara pernikahan atau pesta-pesta lainnya.

Kain Brokat
Kain Brokat

Karena begitu banyak jenis kain brokat dan harganya juga yang berbeda-beda maka dari itu Minto akan coba untuk spill sama Knittopreneurs jenis bahan brokat dan harganya yang bisa kamu pilih dan kamu gunakan untuk kebaya kamu.

Jenis Kain Brokat dan Harganya 

Kain Brokat Tile

Jenis kain brokat Tile adalah brokat yang mana dibuat pada kain tile/tulle. Jenis kain brokat yang menggunakan bahan ini biasanya mempunyai beberapa jenis kualitas, untuk yang berkualitas premium pastinya akan menggunakan bahan dasar tile yang berkualitas juga sehingga kain terasa halus dan nyaman ketika digunakan. 

Untuk membuat brukat ini menggunakan sistem rajut khusus. Motif dari brokat Tile juga termasuk minimalis dan simple, karakteristik bahannya ringan jadi cocok untuk digunakan selain untuk kebaya, bisa juga untuk outer.

Jenis kain brokat Tile ini harganya cukup terjangkau sehingga cocok juga untuk dijadikan bahan membuat seragam untuk keluarga atau kerabat. 

Jenis kain brokat dan harganya untuk model Tile berkisar sekitar Rp 30.000 sampai dengan Rp 150.000 tergantung dengan jenis kain brokat tile apa yang akan kamu gunakan.

Kain Brokat Perancis

Predikat salah satu jenis kain brokat yang mana mempunyai kerapatan motif yang paling rapat atau paling tinggi diantara jenis kain brokat lainnya jatuh kepada kain Brokat Paris ini. Tidak seperti kebanyakan jenis kain brokat yang mana membutuhkan lapisan tambahan kain lainnya, dengan alasan karena tipisnya kain brokat tersebut.

Selain kerapatan motifnya, kain brokat Perancis juga terkenal dengan tekstur kainnya yang lembut dan halus, saat digunakan kain ini pun tidak terasa panas, jadi akan terasa nyaman oleh penggunanya. Kain brokat Perancis juga tidak akan menimbulkan efek atau rasa gatal jadi aman untuk semua orang.

Banyak juga kan keunggulan yang kamu dapatkan jika menggunakan bahan brokat Prancis ini untuk pakaian kamu? Karena adanya beberapa keunggulan dari kain ini, tidak heran jika harga kain brokat lebih mahal dari jenis brokat yang lainnya. 

Jenis kain brokat dan harganya untuk model Brokat Prancis berada di kisaran harga Rp 100.000 sampai yang termahal bisa mencapai Rp 600.000

Kain Brokat Semi Perancis

Jika brokat Perancis terlalu mahal buat kamu, maka kamu bisa memilih brokat semi Perancis. Perbedaan kualitas di antara keduanya adalah pada tekstur kainnya. Brokat semi Perancis memiliki tekstur yang cenderung kaku.

Banyak perancang busana yang justru memilih brokat semi Perancis dikarenakan teksturnya yang cenderung kaku. Tekstur seperti ini memiliki kelebihan tersendiri, yakni mudah dijahit dan lebih kuat.

Jenis kain brokat dan harganya untuk model Semi Prancis ini adalah Rp 65.000 sampai dengan Rp 400.000

Kain Brokat Prada

Jenis kain brokat dan harganya yang selanjutnya adalah Brokat prada. Brokat ini mempunyai kelebihan pada motifnya yang timbul tetapi teksturnya tetap halus. Banyak orang yang menjadikan jenis brokat ini sebagai bahan untuk membuat kebaya karena permukaan kainnya yang bagus dan elegan.

Harga brokat ini sangat beragam tergantung dengan seperti apa pola corak motifnya dan tingkat kehalusan bahannya. Brokat prada juga bisa kamu jumpai di pasaran, yang artinya tidak sulit untuk mendapatkan jenis brokat satu ini.

Jenis kain brokat dan harganya untuk model Prada ini ada di kisaran Rp 50.000 sampai dengan Rp 500.000

Kain Brokat Italy

Motif payet dan bordir merupakan sesuatu yang jadi ciri khas pada kain brokat Italy. Kalau memang kamu ingin brokat dengan hiasan payet dan bordir, sudah tepat jika kamu langsung membeli brokat jenis Itali daripada harus menggunakan brokat jenis lain dan harus menambahkan manual payet dan bordir.

Jenis kain brokat dan harganya untuk model Italy ini ada di kisaran Rp 50.000 sampai dengan Rp 500.000

Kain Brokat Jepang

Brokat Jepang adalah salah satu jenis kain brokat terbaru yang halus, tetapi untuk kualitasnya masih ada dibawah brokat Perancis. Apa yang yang menjadi pembeda dengan jenis brokat lainnya adalah motif bunganya yang besar dan menyebar ke seluruh bagian kain.

Motif bunga yang besar punya daya tarik tersendiri untuk peminatnya, karena akan sangat menarik jika diaplikasikan pada kebaya untuk pesta pernikahan atau acara wisuda. Ukuran kain dari brokat Jepang ini tidak begitu lebar sebagaimana kain brokat Perancis.

Jenis kain brokat dan harganya untuk model Jepang ini ada di kisaran Rp 45.000 sampai dengan Rp 400.000

Kain Brokat Corneli

Hampir sama dengan brokat Italy jenis brokat ini juga cukup menarik sama seperti jenis brokat lainnya. Apa yang membuat jenis brokat ini menarik? Yang membuatnya menjadi sangat menarik adalah motif bordirnya. Yang menjadi pembeda dari brokat italy adalah kerapatan bordir yang dimiliki brokat corneli lebih rapat dibandingkan brokat italy.

Ketika kamu menggunakan bahan ini sebagai bahan untuk gaun atau kebaya, memang bobot dari baju tersebut akan lebih berat karena kerapatan bordir dari brokat corneli ini. Tetapi soal bobot kainnya yang lebih berat tidak akan menjadi masalah karena sebanding dengan keindahan tampilan brokat ini.

Kain Brokat Tile 3D

Yang membedakan antara brokat Tile 3d ini dengan brokat Tile biasa adalah tambahan bentuk bunga yang mengikuti motif kain dasarnya dan tampak timbul, sehingga dinamakan brokat tile 3D. Tapi dari segi tekstur kain tetap sama yaitu sama-sama lembut dan halus ketika digunakan, juga kainnya yang ringan sehingga membuat penggunanya sangat nyaman.

Selain motif bunga, biasanya brokat terbaru jenis ini juga ada tambahan payet pada motifnya, sehingga terlihat lebih cantik dibandingkan dengan brokat tile biasa.

Kain Brokat Suppert

Umumnya kain brokat tidak ada yang mempunyai tekstur lentur atau melar, tetapi berbeda dengan jenis kain brokat yang satu ini, karena kain ini tampak seperti kaos denim yang cukup lentur dan bisa melar.

Jika ingin membuat kebaya yang bisa menyesuaikan bentuk tubuh penggunanya, maka kain brokat  ini bisa kamu pilih dan gunakan. Dengan karakter seperti itu, maka kenyamanan ketika menggunakan adalah keunggulan utama dari kain brokat suppert ini.

Berbicara tentang motifnya, kain brokat suppert juga tidak kalah menarik dari jenis kain brokat lainnya yang memiliki motif-motif menarik. Brokat suppert tidak hanya cocok untuk kegiatan formal, kegiatan non formal juga bisa nyaman untuk digunakan.  

Baca Juga: 6 Ide OOTD Hijab Simple Jeans Untuk Sehari-Hari

Jadi banyak sekali kan jenis kain brokat dan harganya pun cukup berbeda-beda ya, kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan kamu yang juga disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Semoga apa yang minto sampaikan pada artikel ini bermanfaat ya.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur