4 Perbedaan Jersey Dan Spandek Untuk Pakaian

0
4.8/5 - Vote count: 171 votes

4 Perbedaan Jersey Dan Spandek Untuk Pakaian –  Apakah keduanya dibuat dari bahan yang sama? Apakah fungsi dari kain ini juga sama? Wah banyak juga ya pertanyaannya Knittopreneurs, tapi tenang saja, pertanyaan kamu seputar beda jersey dan spandek ini akan Minto jawab dan jelaskan pada artikel ini, jadi pastikan kamu membacanya sampai habis ya.

Jersey Dan Spandek
Jersey Dan Spandek

Apa itu Kain Jersey?

Jersey merupakan jenis kain rajut atau kain knit, bukan kain tenun atau kain woven. Kenapa kain ini disebut Jersey? Karena kain ini pertama kali diproduksi di Jersey, Kepulauan Channel pada abad pertengahan, sudah lama kan keberadaan kain ini? Dahulu, kain ini hanya digunakan untuk pakaian pria saja, dan digunakan untuk pakaian dalam juga sweater para nelayan.

Namun semuanya berubah ketika kain ini ada di tangan Coco Chanel desainer terkenal pemilik high end fashion brand Chanel, ia memperluas kegunaan kain Jersey dan membawanya ke dalam industri fashion wanita dan membuat gaun, serta mantel dari bahan jersey.

Kain rajut ini memiliki dua jenis tipe, yang dibedakan oleh bentuk rajutannya, yaitu:

  • Jersey Standar, jenis kain jersey ini juga sering disebut dengan Single Knit. Kain ini dibuat dengan menggunakan satu jarum yang mana pada satu sisinya terlihat rapi dan mulus, tapi di sisi dalamnya terlihat lebih bertumpuk.
  • Jersey Double Knit, jenis jersey ini juga sering disebut dengan jersey Interlock. Disebut double knit pun karena proses pembuatannya yang mana menggabungkan rajutan single knit menjadi satu sehingga kedua sisi atau permukaan luar dan dalamnya menjadi sama-sama halus dan mulus.

Kain Jersey dulu dibuat dari wol, namun seiring dengan perkembangannya, bahan dasar pembuatan dari kain ini pun beralih dengan menggunakan serat kapas dan sintetis. Sampai saat ini pun pembuatan kain Jersey lebih di dominasi dengan bahan dasar kapas dan sintetis atau campuran keduanya. Serat kapas yang bisa menekan harga, dan sintetis yang membuat kain lebih tahan lama. 

Karakteristik Bahan Jersey

Bahan Jersey merupakan kain yang serbaguna, dan mempunyai kualitas yang bagus sehingga aman dan nyaman untuk digunakan sehari-hari. Berikut ini adalah karakteristik dari bahan jersey.

  • Lentur

Bahan Jersey terkenal dengan kainnya yang dapat meregang atau lentur, mengikuti bentuk tubuh pengguna kain ini, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas pengguna.

  • Lembut

Kain Jersey juga terasa halus dan lembut, dan bisa memberikan kenyamanan yang tinggi untuk pengguna kainnya.

  • Mempunyai Daya Serap dan Sirkulasi Udara Yang Baik

Kain jersey yang dibuat dari bahan katun dapat menyerap air atau keringat dengan baik, kaya serat kapas adalah rajanya dalam urusan daya serap yang baik. Selain itu sirkulasi udara yang dimiliki oleh bahan ini sangat baik, sehingga kain tetap terasa dingin saat dipakai, jadi tidak heran jika bahan ini sering digunakan untuk pakaian sehari-hari seperti kaos.

  • Tekstur Kain Yang Bagus

Tekstur dari kain Jersey itu sangat bagus, selain lembut dan halus, kain ini juga nyaman sekali digunakan.

  • Mudah Perawatannya

Kain ini mudah sekali untuk di cuci, yang terpenting jika ingin pakaian yang kamu punya dari bahan ini tetap awet dan tidak mudah rusak, adalah selalu memperhatikan cara merawatnya saja.

Apa itu Kain Spandex?

Kain Spandek adalah jenis kain yang dibuat dari bahan polimer sintetis seperti Nilon dan Polyester, kain ini juga sering dikenal dengan sebutan Elastane. Jika kamu perhatikan seringnya kain Spandek ini tidak hanya dibuat menggunakan satu jenis bahan dasar saja, karena memang bahan spandek saja tidak bisa langsung dibuat menjadi kain, memerlukan jenis bahan dasar lain atau dikombinasikan dengan serat lainnya, seperti yang paling sering digunakan adalah serat Katun, Rayon, bahkan Polyester sekalipun.

Karakteristik Bahan Spandek

Ada beberapa karakteristik dari kain Spandek yang harus kamu tahu, seperti di bawah ini.

  • Kainnya Lentur

Jika kain Jersey itu lentur, maka kain Spandex jauh lebih lentur lagi dari bahan Jersey. Kainnya tidak mudah berkerut , bahkan kelenturan kain ini bisa sampai 5x dari ukuran aslinya, dan bisa kembali lagi ke ukuran semula, sehingga ruang gerak penggunanya tidak akan terganggu.

  • Kainnya Kuat dan Tahan Lama

Kain ini mempunyai ketahanan yang sangat baik, tidak mudah rusak meskipun terkena bahan kimia yang biasa dapat merusak kain seperti asam, air laut, alkali, lotion, dan juga jenis bahan kimia lainnya.

  • Ketahanan Warna

Warna dari kain Spandex cenderung lebih kuat dan tidak mudah pudar, dan juga kainnya tidak mudah luntur.

  • Tekstur kainnya Halus

Tekstur yang dimiliki kain Spandek juga halus, dan kainnya juga bisa mengikuti bentuk tubuh kamu, tidak kaku.

  • Perawatannya Mudah

Untuk merawat kain yang Spandek sebenarnya tidak terlalu sulit juga, kamu hanya perlu mencuci seperti biasa, keringkan dan kamu tinggal lipat saja lalu masukan ke dalam lemari penyimpanan tanpa harus menyetrika nya terlebih dahulu.

Beda Jersey Dan Spandek Untuk Pakaian

Dari penjelasan tentang kedua kain, tentu sudah terlihat jelas beda Jersey dan Spandek sebagai bahan untuk pakaian, agar lebih jelas perhatikan beberapa poin di bawah ini ya.

  • Beda Jersey dan Spandek yang pertama adalah dari segi harga kainnya, kain Spandek memang cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan bahan Jersey, apalagi kain Jersey yang dibuat dari bahan katun atau kapas yang harganya lebih mahal.
  • Kedua, beda Jersey dan Spandek adalah dari tingkat ketebalan kainnya, biasanya memang kain Spandek lebih ringan atau lebih tipis dibandingkan dengan bahan Jersey, meskipun ketebalan dari kedua kain bisa diatur sesuai dengan jenis nomor benang yang digunakan.
  • Ketiga, beda Jersey dan Spandek juga terlihat dari sifat kainnya. Kain Spandek itu lebih mengikuti bentuk tubuh pengguna sedangkan kain Jersey jauh lebih jatuh.
  • Terakhir, beda Jersey dan Spandek terletak pada tingkat Elastis kainnya. Kain Spandek jauh lebih elastis atau lebih lentur dibandingkan dengan kain Jersey, meskipun kain Jersey juga mempunyai tingkat elastisitas yang baik, hanya saja memang bahan dasar dari kain Spandek yang membuat kain ini lebih elastis.

Jadi Knittopreneurs sudah paham kan beda Jersey dan Spandek sebagai bahan untuk pakaian? Keduanya merupakan dua jenis kain yang berbeda, dan mempunyai fungsi yang hampir sama, hanya saja memang kain Jersey lebih banyak digunakan sebagai bahan untuk pakaian casual seperti kaos, dress, hijab, dan lain sebagainya. Sedangkan Spandek lebih banyak digunakan untuk pakaian olahraga, Tank Top, Legging, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 6 Kelebihan Bahan Spandex Terbaik dan Kegunaanya

Semoga apa yang Minto jelaskan ini bisa menjawab pertanyaan kamu ya, kalau kamu mencari berbagai macam jenis kain Jersey kamu bisa mendapatkannya di Knitto Textiles ya. Order kain yang kamu butuhkan melalui Portal Customer Knitto portal.knitto.co.id 

 TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur