Mengenal Bahan Lotto: Pengertian, Fungsi, dan Keunggulannya dalam Dunia Pakaian

0
5/5 - Vote count: 6 votes

Mengenal Bahan Lotto: Pengertian, Fungsi, dan Keunggulannya dalam Dunia Pakaian Sekarang ini banyak sekali jenis pakaian terutama untuk pakaian olahraga yang hadir di tengah-tengah masyarakat, mengedepankan berbagai macam keunggulan serta konsep dari bahannya yang membuat pakaian tersebut disukai pada akhirnya. Salah satu jenis bahan untuk pakaian olahraga yang juga saat ini sudah dikenal dan diakui mempunyai kualitas yang bagus adalah bahan Lotto.

Apa itu Bahan Lotto?

Bahan Lotto adalah jenis kain yang terbuat dari serat sintetis atau bisa juga dibuat dari serat campuran yang mana teksturnya halus dan ringan. Namun memang pada umumnya bahan ini dibuat dari serat Polyester.

Lotto memiliki kepadatan yang tinggi, namun tetap lembut dan elastis. Kain ini memiliki tekstur yang halus dan mengkilap, serta tahan terhadap kerut dan luntur warna. Keunggulan ini membuat bahan Lotto menjadi pilihan yang populer dalam pembuatan pakaian. 

Kehadiran dari kain Lotto ini sebenarnya berawal dari kemunculan merk dagang pakaian dan sepatu olahraga dari Italia yaitu Lotto, sehingga banyak produsen yang mulai membuat replika dari bahan pakaian yang sudah ada sejak lama ini untuk dijual di pasaran yang dianggap mempunyai karakter khas dan cukup berbeda jika dibandingkan dengan bahan pakaian pada umumnya.

Fungsi-fungsi Bahan Lotto

Bahan Lotto memiliki berbagai fungsi yang membuat bahan ini akhirnya banyak digunakan dalam dunia pakaian, meskipun bisa dikatakan fungsi utamanya untuk pakaian olahraga. Berikut adalah beberapa fungsi bahan Lotto:

  • Pakaian Sehari-hari

Bahan Lotto sering digunakan dalam pembuatan pakaian sehari-hari, seperti kaos, celana, rok, jaket dan pakaian atasan. Kain Lotto uang lembut dan nyaman dinilai cocok untuk digunakan dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

  • Pakaian Olahraga

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kain Lotto memang difungsikan sebagai bahan untuk pakaian olahraga. Apakah karena merek pakaian yang berasal dari italia yang menjadikan bahan replika nya pun digunakan untuk pakaian olahraga? 

Memang benar karena merek dagang Italia inilah, kain Lotto jadi sangat populer untuk pakaian olahraga, kain ini juga punya kemampuan daya serap yang baik, menjaga tubuh tetap kering dan nyaman selama aktivitas fisik. Kain Lotto yang elastis juga memungkinkan pemain olahraga bergerak dengan leluasa.

Kain Lotto juga digunakan dalam pembuatan pakaian renang, seperti bikini, baju renang, dan pakaian renang lainnya. Kain Lotto memiliki sirkulasi udara yang baik dan tahan terhadap air, sehingga sangat cocok untuk digunakan di dalam air, dan sebagai bahan untuk pakaian renang.

  • Pakaian Dalam

Karena bahan Lotto yang lembut dan nyaman membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk pakaian dalam, seperti bra, celana dalam, dan pakaian tidur. Kain Lotto yang elastis juga memberikan dukungan dan kenyamanan ekstra.

  • Pakaian Wanita

Selain untuk pakaian olahraga, kamu juga bisa menggunakan bahan ini untuk membuat pakaian wanita seperti dress, blus, dan gaun. Kelembutan dan keindahan kain Lotto memberikan tampilan yang elegan dan modis.

  • Pakaian Berperforma Tinggi

Kain Lotto sering digunakan dalam pakaian berperforma tinggi, seperti pakaian untuk hiking, ski, dan aktivitas luar ruangan lainnya. Kain ini tahan terhadap gesekan dan keausan, serta mampu menjaga kenyamanan dan performa penggunanya dalam kondisi yang ekstrem.

  • Pakaian Dengan Tingkat Keamanan Tinggi

Bahan ini bisa digunakan dalam pakaian dengan tingkat keamanan tinggi maksudnya seperti pakaian pelindung atau reflektif. Kain Lotto memiliki kemampuan untuk menahan tekanan dan memberikan perlindungan ekstra dalam situasi yang berbahaya.

Dari beberapa keterangan tentang fungsi dan kegunaan bahan lotto di atas bisa dikatakan jika bahan ini cukup serbaguna ya sebagai bahan untuk pakaian. Tidak hanya berhenti pada baju olahraga saja, tetapi untuk pakaian lain pun kain ini bisa kita manfaatkan.

Baca Juga: 5 PIlihan Bahan Yang Bagus Untuk Inner Dress

Keunggulan dan Kekurangan Bahan Lotto

Setelah mengetahui apa saja fungsi serta kegunaan bahannya, sekarang mari kita cari tahu apa saja kekurangan dan keunggulan dari bahan ini, agar kamu semakin yakin sebelum menggunakan bahannya.

Keunggulan Bahan Lotto

1. Ringan

Bahan Lotto sangat ringan dan nyaman digunakan. Ketika digunakan sebagai bahan pakaian, kain ini tidak memberikan beban berlebih pada penggunanya, sehingga cocok untuk dipakai dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

2. Tahan Lama

Bahan Lotto memiliki ketahanan yang tinggi terhadap kerusakan dan perubahan bentuk. Pakaian yang terbuat dari bahan Lotto cenderung lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan bahan lainnya.

3. Mudah Perawatannya

Salah satu keunggulan bahan Lotto adalah kemudahan perawatannya. Kain ini cenderung tidak mudah kusut, sehingga mengurangi waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk menyetrika pakaian. Selain itu, bahan Lotto juga cepat kering setelah dicuci.

4. Warna Tahan Lama

Bahan Lotto tahan terhadap luntur warna. Ketika dicuci, warna pakaian yang terbuat dari bahan Lotto tidak akan mudah pudar atau luntur, menjadikannya tetap terlihat cerah dan menarik. Tapi meskipun begitu kamu pun harus tetap memperhatikan cara perawatannya ya.

5. Fleksibel

Bahan Lotto memiliki elastisitas yang baik, memungkinkan pakaian yang terbuat dari bahan ini untuk mengikuti gerakan tubuh dengan baik. Hal ini menjadikan pakaian Lotto sangat nyaman digunakan dalam berbagai aktivitas, termasuk olahraga.

Kekurangan Bahan Lotto

1. Cukup Mudah Rusak 

Memang benar jika bahan Lotto itu kuat, tetapi jika tidak dirawat dengan cara yang benar maka tetap akan mengalami kerusakan juga. Salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah ketika kamu akan mencuci pakaian yang dibuat dari kain Lotto, pilih deterjen yang aman dan tidak terlalu keras, juga jangan gunakan terlalu banyak detergen. Serat bahan Lotto bisa rusak karena detergen lho!

2. Tidak Cocok Untuk Cuaca Ekstrim dan Udara Dingin

Perlu kamu tahu jika pakaian yang dibuat dari kain Lotto sebenarnya kurang cocok digunakan pada daerah dengan suhu ekstrim karena bahannya yang kurang tebal. Jadi meskipun bahan ini sering juga digunakan untuk bahan dasar pembuatan jaket, tapi karena kurang tebalnya kain ini sehingga kainnya tidak cukup menghangatkan tubuh.

3. Tidak Cocok Untuk Kulit Sensitif

Beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi terhadap bahan Lotto. Meskipun jarang terjadi, ada kemungkinan beberapa individu mengalami iritasi kulit atau alergi saat menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan ini. Penting bagi individu yang rentan terhadap alergi untuk melakukan uji coba terhadap bahan Lotto sebelum menggunakannya secara luas.

4. Tidak Waterproof

Bahan Lotto tidak memiliki kemampuan atau sifat tahan terhadap air alias waterproof, jadi sebaiknya jangan gunakan pakaian dan jaket dari bahan ini untuk pengendara motor atau mendaki gunung.

jadi kesimpulannya, bahan Lotto merupakan inovasi terbaru dalam industri tekstil dan fashion. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, bahan ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk pakaian berkualitas dan nyaman. 

Tapi sedikit info saja, selain kain Lotto kamu juga bisa menggunakan bahan Polyester Activedry dari Knitto Textiles sebagai bahan untuk membuat baju olahraga. Kamu bisa pelajari dulu tentang kainnya disini. Terima kasih sudah membaca artikel ini ya, semoga bermanfaat.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur