Kain Cotton Combed Yang Serba Guna

0
5/5 - Vote count: 1 vote

Kain Cotton Combed Yang Serba Guna – Apa itu Cotton Combed? Beberapa orang mungkin sudah pernah mendengar salah satu jenis bahan yang sudah sangat sering digunakan untuk membuat kaos ini. Cotton Combed adalah salah satu jenis bahan kaos yang dibuat dari 100% serat Cotton, diolah dengan cara disisir pada mesin combing untuk dibuang biji atau kontaminasi kapasnya. Proses ini menjadikan kain Cotton Combed mempunyai kualitas lebih baik dari jenis kain cotton biasa.

Tahukah knittopreneurs? Nama kain Cotton Combed juga diambil dari nama mesin pembuatnya yaitu mesin Combing

Jadi, jika ada pertanyaan mengenai “Apakah bahan Cotton Combed bagus atau tidak?”, jawaban kami tentu, bagus! Bahan Cotton Combed adalah jenis bahan katun yang berkualitas bagus dan sangat cocok digunakan di negara dengan iklim tropis yaitu Indonesia. 

Kelebihan Kain Cotton Combed

Jika kain Cotton Combed mempunyai kualitas yang bagus, lalu apa saja kelebihan Cotton Combed?

kain cotton combed
Bahan Kain Cotton Combed
  • Lebih Tidak Berbulu dan Permukaan Lebih Rata 

Cotton Combed memang kain yang dibuat dari bahan katun atau kapas. Sejatinya kain ini berbulu, tapi dengan proses pembuatannya, kain Cotton Combed menjadi lebih tidak berbulu dibandingkan dengan kain katun lainnya. Permukaan dari kain Cotton Combed juga sebenarnya lebih rata dan tidak terdapat bintik-bintik putih pada permukaan kainnya.

  • Menyerap Keringat dan Breathable 

Keunggulan Cotton Combed yang selanjutnya adalah kainnya mudah untuk menyerap keringat. Kembali lagi, bahan dasar dari kainnya yaitu 100% serat kapas, yang membuat kain ini mempunyai daya serap yang baik. Kain Cotton Combed juga breathable, atau kemampuan kain untuk menyerap dan mengeluarkan kelembaban dan menyalurkan udara cepat, dan dapat menjaga suhu tubuh menjadi tetap sejuk.

  • Lembut dan Lentur

Salah satu alasan mengapa banyak orang menggunakan kain Cotton Combed adalah handfeel kainnya yang lembut dan halus, selain itu kainnya juga lebih lentur dan tidak kaku. 

  • Nyaman Digunakan

Karena semua keunggulan kainnya, bahan Cotton Combed bisa dikatakan sebagai salah satu bahan kaos yang nyaman untuk digunakan, aman untuk kulit dan tidak membuat iritasi. 

  • Bahan Serba Guna

Sesuai dengan pembahasan utama dari artikel ini, kain Cotton Combed bisa kita nobatkan sebagai kain yang serbaguna. Tidak hanya sebagai bahan dasar kaos saja, kain Cotton Combed juga bisa digunakan untuk membuat jenis pakaian lain seperti hijab, dress, sprei, gendongan kaos sampai piyama. Kegunaan dari bahan Cotton Combed sebenarnya bisa lebih beragam daripada sebagai bahan untuk kaos, dan semuanya kembali ke kreativitas Knittopreneurs sebagai produsen.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kain Katun dengan Kualitas Terbaik

Kekurangan Kain Cotton Combed

Seperti jenis bahan lainnya yang mempunyai kekurangan, kain Cotton Combed juga mempunyai beberapa kekurangan seperti:

  • Mudah kusut
  • Cepat menyusut jika direndam terlalu lama di dalam air
  • Mudah rusak jika perawatannya tidak benar
  • Harga sedikit lebih mahal dari jenis kain dengan serat Cotton biasa

Adanya kekurangan pada kain Cotton Combed, tidak berarti jika kain ini mempunyai kualitas yang tidak baik. Kualitas dari sebuah kain, terutama kain Cotton Combed, juga kembali kepada supplier kainnya, apakah menyediakan kain yang berkualitas atau tidak.

Knitto Textiles sebagai supplier kain Cotton Combed menyediakan bahan Cotton Combed yang berkualitas premium, karena bahan baku yang digunakan juga berkualitas tinggi, diproses menggunakan mesin yang berkualitas.

Baca Juga: Jenis Bahan Kaos Adem Terbaik

Jenis – Jenis Cotton Combed

Bahan kaos Cotton Combed tidak hanya mempunyai 1 jenis saja, di pasaran sendiri terdapat beberapa jenis Cotton Combed yang banyak digunakan oleh produsen pakaian sebagai bahan baku untuk produk mereka. Jenis dari Cotton Combed dibedakan oleh ketebalan kainnya seperti Combed 20s, Combed 24s, Combed 30s dan Combed 40s.

Tahukah Knittopreneurs? Metode pengukuran untuk jenis kain sebenarnya berbeda dengan metode ukuran pada umumnya.

Jika suatu benda berbentuk besar, maka ukurannya pasti besar juga, tapi jika kain berbeda. Contoh: kain Cotton Combed 20s mempunyai angka yang lebih kecil dibandingkan dengan kain Combed 30s, tetapi kain Combed 20s itu sebenarnya lebih tebal dan kain Combed 30s lebih tipis. 

cotton combed 30s

Dalam hitungan kain, jika angka di depan “S” nya kecil maka gramasi nya akan lebih besar dan kainnya akan semakin tebal, dan sebaliknya jika angka di depan “S” nya semakin besar maka kain nya akan semakin tipis dan gramasi nya akan semakin kecil.” Penting sekali bagi Knittopreneurs untuk memahaminya sebelum memutuskan untuk membeli kain. 

Dari masing-masing jenis kain Cotton Combed ini, terdapat perbedaan ketebalan kain, gramasi dan panjang kain yang didapatkan. Nomor-nomor yang tertera seperti 20s, 24s dan 30s merupakan nomor benang dan huruf “S” yang tertera dibelakang nomornya adalah yarn count atau ketebalan benang. 

Apakah kualitas dari masing-masing kain Combed ini berbeda? Tidak ada perbedaan dari setiap jenis kain Cotton Combed, karena bahan dasar atau bahan baku yang digunakan sama, yang membedakan hanya ketebalan kainnya saja. 

Perhatikan tabel di bawah ini untuk mengetahui gramasi dari masing-masing jenis kain Cotton Combed

jenis jenis kain Cotton Combed

Dari tabel di atas, bisa diperhatikan masing-masing kain mempunyai gramasi atau satuan ukuran berat kain dalam gram/meter persegi (m2), juga panjang dari masing-masing kain juga berbeda karena ketebalan kain akan mempengaruhi panjang dari suatu kain. 

Lalu jenis Cotton Combed mana yang lebih cocok untuk bahan dasar kaos? Kami lebih merekomendasikan bahan kaos Cotton Combed 30s sebagai bahan yang paling ideal untuk bahan dasar kaos, karena bahan ini mempunyai ketebalan yang paling pas dan sangat cocok jika digunakan untuk di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Di Knitto Textiles sendiri, kain Cotton Combed 30s mempunyai pilihan warna yang sangat beragam. Kami sudah menyediakan 88 warna Cotton Combed yang bisa Anda gunakan untuk bahan dasar kaos, dengan metode pemesanan kain yang sangat mudah. Knittopreneurs bisa memesan kain secara online melalui WhatsApp atau melalui E-commerce (Tokopedia atau Shopee).

Semoga ulasan kami tentang kain Cotton Combed yang serbaguna ini bermanfaat, dan informasi tentang kain Cotton Combed ini bisa Knittopreneurs gunakan sebagai referensi sebelum membeli kainnya di Knitto Textiles.

Baca Juga: Baju Bahan Katun Terbaik dan Nyaman

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082120003035

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur