Apa Itu Katun Madinah ? Pengertian, Kelebihan Dan 7 Contoh Produknya

0
5/5 - Vote count: 109 votes

Apa Itu Katun Madinah ? Pengertian, Kelebihan Dan 7 Contoh Produknya – Setiap bahan kain pastinya akan mempengaruhi kenyamanan, tampilan, dan daya tahan pakaian.

Dalam dunia fashion muslim, salah satu bahan kain yang populer adalah Katun Madinah. Sebagaimana namanya, bahan ini terkenal berasal dari Madinah, Arab Saudi, dan banyak digunakan untuk pakaian seperti gamis, baju koko, dan kerudung. 

Apa Itu Katun Madinah, Pengertian Dan Contohnya
Apa Itu Katun Madinah, Pengertian Dan Contohnya

Apa Itu Katun Madinah ?

Kain Katun Madinah atau Kain Cotton Madinah adalah salah satu jenis bahan kain premium yang terbuat dari bahan dasar katun “cotton” atau kapas dengan menggunakan benang katun kationik atau cationic sehingga memiliki karakteristik yang halus, dingin, mudah menyerap keringat dan memiliki tampilan warna yang soft. Kain Katun Madinah sering digunakan untuk membuat gamis, kerudung, baju koko, dan atasan lainnya.

 

Kelebihan Dan Manfaat Katun Madinah

  • Sifat Menyerap Keringat

Katun yang satu ini dikenal memiliki kemampuan menyerap keringat yang baik. Hal ini dirasa sangat penting terutama bagi orang yang tinggal negara-negara tropis atau negara dengan tingkat panas yang tinggi.

  • Udara Dapat Mengalir Dengan Baik 

Produk yang terbuat dari bahan katun madinah memberikan keunggulan yaitu udara dapat mengalir dengan baik, sehingga pakaian tidak terasa gerah dan tidak lembab.

  • Memiliki Tekstur Halus 

Satu kelebihan dari katun Madinah adalah teksturnya yang halus dan lembut ketika bersentuhan dengan permukaan kulit, hal ini dikarenakan kain ini dibuat dengan menggunakan benang katun kationik atau cationic.

  • Tidak Mudah Kusut 

Meski tidak 100% bebas dari kusut, bahan ini cenderung lebih mudah diatur dan dirawat dibandingkan beberapa jenis kain lain.

  • Kuat dan Tahan Lama 

Dibandingkan dengan bahan katun lain, Katun Madinah lebih kuat dan tahan lama meskipun telah dicuci berulang kali, hal ini dikarenakan  katun ini dibuat dengan anyaman plat.

  • Tidak Mudah Luntur 

Warna pada kain ini cenderung lebih tahan lama dan tidak mudah pudar, membuat pakaian tetap terlihat baru meski telah beberapa kali dicuci.

  • Memiliki Motif Dan Warna Yang Beragam 

Katun Madinah tersedia dalam berbagai motif dan warna, dari yang polos hingga bermotif, sehingga cocok untuk berbagai acara dan kebutuhan.

  • Mudah Dirawat 

Bahan ini mudah dicuci dan dirawat. Beberapa jenisnya bahkan bisa dicuci dengan mesin tanpa merusak kualitas kain.

  • Sesuai Untuk Semua Umur 

Jenis katun yang satu ini cocok untuk semua umur, dari anak-anak hingga dewasa, karena kelembutannya yang nyaman di kulit.

 

Contoh Penggunaan Produk Berbahan Katun Madinah

  • Gamis atau Tunik 

Salah satu pakaian wanita yang sering menggunakan bahan katun Madinah adalah gamis atau tunik. Dengan tekstur yang lembut dan nyaman, gamis berbahan katun Madinah sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari atau acara semi-formal.

  • Baju Koko Untuk pria 

Baju koko dengan bahan katun ini selalu menjadi pilihan yang nyaman dan elegan, terutama untuk kegiatan ibadah atau acara formal.

  • Mukena 

Mukena dari bahan katun Madinah sering dipilih oleh wanita muslim karena kenyamanannya, terutama untuk digunakan dalam waktu yang lama saat tarawih atau ibadah lainnya.

  • Sarung dan Ikat Pinggang 

Banyak sarung dan ikat pinggang ibadah yang juga menggunakan bahan katun Madinah karena daya tahannya dan kenyamanan saat digunakan.

  • Baju Muslim Anak 

Karena teksturnya yang lembut dan nyaman, umumnya baju muslim untuk anak-anak sering kali menggunakan bahan ini.

  • Kerudung atau Hijab 

Selain untuk pakaian, katun ini juga sering digunakan untuk membuat kerudung atau hijab. Teksturnya yang lembut dan sifatnya yang mudah menyerap keringat membuat bahan ini ideal untuk hijab.

  • Tasbih 

Meski tidak umum, ada beberapa jenis tasbih yang dibungkus dengan kain katun madinah untuk menambah tampilan estetik dan kenyamanan saat digunakan.

  • Sejadah 

Kelembutan dan daya serap bahan katun ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk sajadah.

 

Kesimpulan

Kain Katun Madinah atau Kain Cotton Madinah adalah salah satu jenis bahan kain premium yang terbuat dari bahan dasar katun “cotton” atau kapas dengan menggunakan benang katun kationik/cationic sehingga memiliki karakteristik yang halus, dingin, mudah menyerap keringat dan memiliki tampilan warna yang soft. 

Dengan kelebihan yang dimiliki, tidak heran jika bahan ini menjadi salah satu pilihan favorit untuk membuat sebuah produk, terutama produk muslim seperti gamis, baju muslim, kerudung, mukena dan sajadah. Selain itu, Bahan ini juga dapat digunakan untuk berbagai macam aksesoris seperti tasbih yang dibungkus dengan Katun Madinah sehingga menampilkan tampilan yang estetik.

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur