5 Rekomendasi Jenis Kain Untuk Gamis Terbaik Dan Gambarnya

0
5/5 - Vote count: 120 votes

5 Rekomendasi Jenis Kain Untuk Gamis Terbaik Dan Gambarnya – Gamis adalah salah satu fashion item yang digunakan oleh para perempuan terutama perempuan muslim yang sering menggunakan pakaian ini sehari-hari untuk berbagai kegiatan mereka.

Banyak model gamis yang dijual dan sebenarnya kamu juga bisa membuatnya sendiri sesuai dengan desain yang kamu inginkan, bukan hanya desain atau model dari gamisnya saja, kamu juga bisa memilih bahan untuk gamisnya sesuai dengan yang kamu mau dan yang membuat kamu nyaman menggunakan gamisnya nanti.

Maka dari itu Minto mencoba membuat beberapa rekomendasi jenis kain untuk gamis dan gambarnya sebagai referensi untuk kamu yang ingin membuat baju gamis sendiri sesuai dengan keinginan kamu. Check the recommendations in this article.

Jenis Kain Untuk Gamis dan Gambarnya

Beberapa jenis kain untuk gamis ini mungkin sudah sering kamu gunakan atau kamu tahu sebelumya, karena beberapa jenis bahan di bawah ini juga bisa digunakan untuk membuat jenis pakaian lainnya.

  • Jenis Kain Untuk Gamis: Kain Katun 

Katun adalah salah satu bahan pakaian yang fungsinya luar biasa sangat banyak, bukan hanya bahan untuk 1 pakaian saja, berbagai macam pakaian bisa dibuat menggunakan bahan katun. Katun sejatinya dibuat dari kapas, dan tahukah kamu menurut sejarahnya kapas adalah tanaman yang sudah ditemukan sekitar 6.000 SM di India dan Pakistan.

Karakteristik dari kain Katun yang membuat kain ini banyak dipilih dan digunakan oleh orang-orang sebagai bahan dasar untuk membuat pakaian. 

Kain Untuk Gamis
Kain Untuk Gamis

Karakteristik kain katun sangat nyaman dipakai, adem dan mudah menyerap keringat, tekstur dari kainnya pun biasanya halus dan lembut.

  • Jenis Kain Untuk Gamis: Kain Linen

Linen adalah kain yang sangat kuat dan ringan yang dibuat dari tanaman rami. Kata “Linen” diambil dari nama latin untuk rami yaitu “Linum Usitatissimum”. Tanaman Rami dipercaya akan sangat baik jika di tanam di negara Prancis dan Belgia, hanya saja banyak negara lain yang juga membudidayakan tanaman Rami.

jenis kain untuk gamis

image source: alibaba.com

Linen merupakan serat alami, sama seperti kapas hanya saja proses untuk panen dan dibuat menjadi kainnya memakan waktu yang lebih lama, karena serat rami termasuk yang sulit untuk ditenun.

Karakteristik Kain Linen, yaitu mempunyai daya serap yang sangat baik, kainnya yang breathable membuat pakaian dari kain ini nyaman digunakan di cuaca yang panas.

Kain Linen juga bukan termasuk jenis kain yang elastisitasnya baik dan kain ini tidak mudah menyusut meskipun sudah dicuci berulang kali. Tekstur dari kain ini lembut, dan uniknya kain ini akan semakin lembut jika semakin sering dicuci.

Linen juga merupakan kain yang termasuk ke dalam kategori kain ramah lingkungan.

  • Jenis Kain Untuk Gamis: Kain Satin

Jenis kain untuk gamis selanjutnya adalah Satin, kain ini sebenarnya sudah banyak digunakan di luar sana sebagai bahan untuk gamis maupun jenis bahan untuk pakaian lainnya.

jenis kain untuk gamis

Tekstur dari kainnya halus, dan mempunyai penampakan permukaan yang licin dan mengkilap. Kain ini nyaman digunakan apalagi sebagai bahan untuk gamis, kamu bisa menggunakan kain ini untuk membuat gamis acara-acara formal atau acara tertentu, karena permukaan luar kainnya yang mengkilap bisa memberikan kesan lebih glamor.

Kain sutra yang paling terkenal adalah sutra Cina yang teksturnya lebih tebal namun permanen terasa ringan saat digunakan. Tetapi, kain sutra dikenal mempunyai harga yang mahal jadi jangan lupa persiapkan isi dompet kamu juga ya, karena modal untuk membuat gamis dari bahan ini pasti lebih besar.

jenis kain untuk gamis

Sutra merupakan jenis kain yang terbuat dari kepompong ulat sutra. Tampilan dari kain ini terlihat mewah dan berkelas dengan efek mengkilap dari permukaan kainnya yang natural.

Umumnya permukaan kain ini tipis dan mampu menyerap air sehingga membuat bahan kain ini mudah sobek. Maka dari itu kamu harus lebih berhati-hatian saat menjahit, menggunakan, dan mencuci bahan yang satu ini.

  • Jenis Kain Untuk Gamis: Kain Crepe

Kain yang juga bisa kamu gunakan untuk membuat gamis adalah Crepe. Jenis kain untuk gamis ini cukup lembut, jatuh saat dipakai dan uniknya kain ini berserat.

jenis kain untuk gamis

Kain ini cukup tebal dan juga tidak menerawang, sehingga akan membuat penggunanya merasa nyaman, kain ini pun terasa adem lho. Gamis dari bahan ini pun cocok untuk digunakan sehari-hari.

  1. Kain Untuk Gamis: Kain Maxmara

Kain maxmara adalah salah satu jenis kain yang paling banyak diminati, kain ini sering juga disebut sebagai sutra satin berkat teksturnya lembut dan halus.

Kelebihan lain kain ini adalah bahannya ringan, mudah dibentuk, kain ini pun tidak mudah untuk kusut, dan yang terpenting tidak menerawang. Menggunakan kain maxmara sebagai jenis kain untuk gamis juga bisa membuat tampilan yang tampak elegan.

Selain beberapa jenis kain untuk gamis di atas yang sudah Minto jelaskan, kamu juga sebenarnya bisa menggunakan beberapa jenis bahan lain terutama bahan kaos dari Knitto, karena selain beberapa bahan ini digunakan untuk membuat kaos, kamu juga bisa menggunakan bahan dari Knitto untuk membuat gamis juga. Seru bukan? Beberapa jenis bahan dari Knitto untuk membuat gamis adalah sebagai berikut

  1. Cotton Combed

Cotton Combed yang paling banyak digunakan adalah Cotton Combed dengan ketebalan 30s dan 24s, ketebalan ini merujuk kepada kain yang tipis, mengapa kedua kain ini yang paling sering digunakan? Karena dirasa paling pas dan cocok digunakan di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Di toko bahan kaos Knitto sendiri terdapat beberapa jenis bahan kaos Cotton Combed dengan 5 pilihan ketebalan kain seperti, Cotton Combed 16s, Cotton Combed 18s, Cotton Combed 20s, Cotton Combed 24s dan Cotton Combed 30s.

Karakteristik Kain Baju Combed

  • Tekstur kainnya halus dan lembut
  • Permukaan kain yang rata
  • Bulu yang lebih sedikit
  • Kainnya lentur serta nyaman saat digunakan
  • Terasa dingin atau adem
  1. TENCEL™ Modal Blended with Cotton

Pernah dengar tentang kain ini sebelumnya? Kain ini merupakan salah satu jenis bahan kaos premium yang ada di Knitto, dan bisa juga kamu pakai sebagai jenis kain untuk gamis. Sekarang juga banyak loh gamis-gamis yang dibuat menggunakan bahan kaos, terutama untuk gamis rumahan.

TENCEL™ Modal Blended with Cotton dibuat dari 50% serat kapas dan 50% serat TENCEL™ Modal, karakteristik dari kain ini sangat bagus, lembut dan halus teksturnya, menyerap keringat dengan baik, kelembutan dari bahan ini bertahan sangat lama bahkan lembutnya 2x lipat dari kain katun biasa.

Serat TENCEL™ Modal yang Knitto gunakan dibuat oleh sebuah perusahaan yang berasal dari Austria yang bernama Lenzing. Lenzing merupakan perusahaan yang memproduksi serat Viscose, serat Modal, serat Lyocell dan benang filamen yang digunakan untuk industri pakaian.

Semua bahan yang sudah Minto rekomendasikan di atas, bisa kamu coba sebagai jenis kain untuk gamis yang pastinya akan nyaman untuk kamu gunakan nantinya. Selamat mencoba ya Knittopreneurs.

Baca Juga: 3 Contoh Ukuran Baju Kaos Wanita dan Cara Mengukurnya

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur