3 Contoh Ukuran Baju Kaos Wanita dan Cara Mengukurnya

0
5/5 - Vote count: 57 votes

Contoh Ukuran Baju Kaos Wanita dan Cara Mengukurnya – Mendapatkan baju favorit yang sangat kita sukai saat berbelanja terutama ketika ukurannya pun ternyata sesuai dengan tubuh kita pastinya sangatlah menyenangkan. 

Ketika kamu membeli baju baik di pusat perbelanjaan maupun secara online, jangan lupa untuk selalu memperhatikan ukuran baju tersebut dengan lebih teliti apalagi jika memang kamu membeli bajunya secara online.

ukuran baju kaos wanita
ukuran baju kaos wanita

Berbicara soal ukuran, kali ini Minto sengaja ingin membahas tentang ukuran baju kaos wanita dan juga beberapa tips bagaimana cara mengukur tubuh kamu agar tak salah ketika memilih ukuran baju ketika akan membeli baju.

Ukuran Baju Kaos Wanita

Tidak hanya pada baju formal saja, berbagai jenis pakaian juga pasti punya ukurannya masing-masing, termasuk dengan kaos. Kaos untuk wanita terkadang memang mempunyai ukuran yang berbeda, tidak sama dengan kaos yang memang dikhususkan untuk laki-laki. Tapi saat ini sepertinya banyak sekali penjual atau produsen kaos yang memproduksi kaosnya dengan ukuran yang bisa digunakan untuk perempuan dan laki-laki atau yang lebih sering disebut Unisex

Setiap brand yang menjual kaos, biasanya mereka memiliki size chartnya tersendiri, terkadang brand A dengan brand B bisa jadi mempunyai size chart yang sama tapi tidak jarang yang justru berbeda juga. Ukuran baju kaos wanita yang di Indonesia kebanyakan menggunakan sistem Alpha Sizing dibandingkan dengan Numeric Sizing. 

Minto akan menjabarkan penjelasan tentang ukuran baju kaos wanita dengan sistem Alpha Sizing dan juga Numeric Sizing di bawah ini. 

Alpha Sizing

Alpha Sizing atau Letter Sizing, jenis ukuran ini bermaksud kepada penggunaan huruf alphabet untuk menunjukan ukurannya, contohnya: 

  • XS: Extra Small
  • S: Small
  • M: Medium
  • L: Large
  • XL: Extra Large
  • XXL: Double Extra Large dan seterusnya. 

Setiap ukuran pakaian ini tentunya sudah mencakup berbagai jenis ukuran tubuh manusia. Produsen pakaian di Indonesia kebanyakan menggunakan sistem ukuran ini. Alpha Sizing atau Letter Sizing biasanya memang digunakan untuk pakaian yang “stretchable” atau pakaian yang cukup lentur, contohnya seperti Kaos, Sweatshirt, Hoodie, dan Legging. Pakaian yang menggunakan alpha sizing memang terhitung lebih hemat dalam proses pembuatannya atau produksinya dibandingkan dengan pakaian yang menggunakan ukuran fix, selain itu barang yang dibutuhkan untuk produksi lainnya seperti penggunaan labelnya pun lebih sedikit, karena ketersediaan ukuran yang sedikit.

Perlu kamu tahu juga Knittopreneurs, jika pakaian yang menggunakan Alpha Sizing sebenarnya dapat mencakup ukuran tubuh manusia lebih luas lagi alias beberapa ukuran tubuh dari 1 jenis ukuran bajunya. Tapi ada sedikit resikonya yaitu ukuran yang memang tidak akan se fit-in pakaian dengan Numeric Sizing.

Numeric Sizing

Seperti namanya, ukuran pakaian dengan Numeric Sizing menggunakan angka sebagai penanda dari ukuran pakaiannya, contohnya: 0, 2, 4, 6, 7, 10, dst. Di beberapa negara pengukuran dengan Numeric Sizing juga banyak digunakan, tapi beberapa negara mempunyai rentang ukuran yang berbeda, contohnya seperti di Amerika yang menggunakan sistem pengukuran Numeric Sizing seperti 0, 2, 4, 6, 8, 10 dan seterusnya. Berbeda dengan Eropa yang sama-sama menggunakan Numeric Sizing, hanya saja penggunaan angkanya lebih relevan dengan ukuran tubuh sebenarnya contoh: 34, 36, 38, 40, 42.

Penggunaan Numeric Size biasanya lebih banyak untuk jenis-jenis pakaian formal dan pakaian-pakaian yang ukurannya pas atau Fit-In. Untuk membuat pakaian dengan menggunakan sistem pengukuran Numeric Size sebenarnya dibutuhkan biaya yang lebih besar karena jika membuat pakaian dalam numeric sizing yang lengkap setidaknya sekitar 8-10 ukuran harus dibuat sehingga, bahan baku serta perlengkapannya dibutuhkan lebih banyak lagi, jadi pastinya budget pun akan lebih besar.

Jangkauan ukuran pakaian dengan Numeric Sizing tidak begitu luas satu ukuran biasanya hanya bisa digunakan oleh beberapa ukuran tubuh sehingga akan adanya kemungkinan atau resiko kelebihan atau sisa stock dari setiap ukurannya.

All Size

Satu lagi jenis ukuran yang memang banyak juga digunakan oleh beberapa brand baju yang terkadang cukup membingungkan yaitu All Size. 

Ukuran allsize bukanlah sebuah pernyataan kalau semua ukuran ada, tapi yang dimaksud dengan All Size adalah ukuran rata-rata dari besar badan secara keseluruhan orang Indonesia. Dan ukuran rata-ratanya di antara ukuran M dan L. Terkadang ukuran all size juga bisa melebihi ukuran L dan bisa kurang dari ukuran M. Hal ini menunjukan bahwa ukuran all size merupakan ukuran yang tidak secara pasti panjang dan lebarnya. Meskipun ukuran All Size yang lebih sering dipakai itu adalah rata-rata dari ukuran M dan L tapi ukuran all size juga bisa untuk ukuran rata-rata S dan M atau ukuran L dan XL. 

Setelah kamu mengetahui contoh ukuran baju kaos wanita dan juga beberapa jenis ukuran lainnya yang mungkin akan kamu temukan juga, sekarang Minto akan menjelaskan bagaimana cara mengukur tubuh kamu agar kamu bisa mengetahui secara tepat mana ukuran baju yang paling cocok atau paling sesuai.

Cara Menentukan Ukuran Size Baju Wanita

Ukur Secara Tepat

Cara untuk mengetahui ukuran size baju yang paling mudah tentu dengan mengukur secara langsung tubuh kamu, lebih tepatnya pada beberapa titik tubuh kamu yang menjadi patokan ukuran. Jika kamu ingin mengetahui secara pasti berapa ukuran baju yang pas untuk kamu, coba untuk ukur di beberapa bagian ini dengan menggunakan meteran kain

  • Lingkar Dada: Ukur bagian dada kamu sampai ke bagian punggung, yang artinya meteran kain kamu lingkarkan ke bagian tersebut, pastikan kamu mengukur lingkar dada dengan lurus.
  • Lingkar Pinggang: Untuk mengukur bagian ini, coba kamu ukur di atas tulang pinggul kamu.
  • Lingkar Pinggul: Letakkan alat ukur tepat di bagian pinggul terbesar, agar mendapatkan kenyaman yang pas, sebaiknya kamu tambah sekitar 4 cm dari hasil ukuran kamu.

Dengan cara ini sebenarnya akan lebih mudah untuk mengetahui ukuran baju kaos wanita, apalagi tidak semua merek baju yang ada di Indonesia menggunakan ukuran atau size chart yang sama.

Ketahui Ukuran Size Baju Dari Brand Yang Akan Digunakan

Jika kamu mau berbelanja baju secara online, sebelum check out pesanan kamu, sebaiknya kamu pastikan dulu size chart dari baju yang sudah kamu pilih terlebih size chart yang digunakan dari brand tersebut, apakah menggunakan size chart lokal atau justru menggunakan size internasional. Karena akan terdapat perbedaan dari kedua size chart tersebut. Jangan sampai ketika kamu sudah memilih pakaian yang berukuran M, hanya karena kamu tidak memastikan jenis size chart nya kamu malah mendapatkan pakaian yang tidak sesuai ukurannya. 

Artikel Terkait: Perbedaan Ukuran Baju Pria Lokal dan Internasional

Periksa Label Baju Dengan Seksama

Kalau sudah mendapatkan baju yang kita mau, harus selalu pastikan beberapa hal terlebih dahulu terutama informasi yang tertera pada label baju dan salah satunya adalah ukuran. Jangan sampai kamu membeli baju yang tidak mempunyai ukuran, atau ukuran yang diberikan tidak pasti. Kalaupun kamu mau akan lebih aman jika kamu menggunakan ukuran size baju all size.

Ketahui Bagaimana Karakteristik Bahan Yang Digunakan

Salah satu yang harus kamu cek pada label pakaian adalah bahan dasar yang digunakan produsen pakaian tersebut, setelah kamu mengetahui apa bahan dasarnya, kamu bisa cari tahu bagaimana karakteristik dari bahan tersebut. Jadi meskipun kamu sebagai end user atau pengguna, kamu pun perlu mengetahui bagaimana karakteristik dari sebuah bahan kaos atau bahan pakaian yang digunakan oleh produsen pakaian.

Karena ada beberapa jenis bahan yang ketika sudah dicuci akan berubah ukurannya, dan biasanya jika ada perubahan sudah dipastikan shrinkage atau susut kainnya tinggi. Akan rugi untuk kamu sebagai konsumen jika menggunakan pakaian yang ukurannya berubah setelah di cuci, khawatirnya baju akan menjadi sempit atau tidak pas di tubuh kamu.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

 

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur