Mengenal Jenis-Jenis Bahan Embos dan Aplikasinya dalam Desain Grafis

0
5/5 - Vote count: 11 votes

Mengenal Jenis-Jenis Bahan Embos dan Aplikasinya dalam Desain Grafis – Perkembangan zaman benar-benar mempengaruhi berbagai macam aspek dan salah satunya adalah dunia desain yang saat ini sudah mengalami banyak perubahan dan perkembangan menjadi semakin baik lagi dari waktu ke waktu, salah satu bukti adanya perkembangan di dunia desain adalah semakin uniknya teknik produksi atau teknik desain yang dihasilkan, dan keunikan ini hadir pada Teknik Embos dan Bahan Embos.

Teknik embos atau emboss, adalah proses penggunaan bahan embos untuk menciptakan efek tekstur atau dimensi yang bisa disebut juga efek timbul pada permukaan media yang digunakan. Teknik embos melibatkan pemadatan atau pengangkatan area tertentu pada permukaan bahan sehingga menciptakan efek visual yang menarik dan sentuhan fisik yang istimewa.

Untuk membuat teknik embos ini semakin menarik lagi, dibutuhkan bahan-bahan khusus atau bahan embos. Bahan embos adalah bahan yang digunakan dalam teknik embos untuk memberikan dimensi dan tekstur tambahan pada berbagai media, seperti kertas, plastik, kulit, atau foil.

Bahan embos biasanya memiliki sifat yang memungkinkan mereka untuk mengalami perubahan bentuk atau tekanan yang menghasilkan efek embos.

Menurut sejarahnya, teknik embos sudah digunakan sejak awal perkembangan seni percetakan pada abad ke-15 dan 16 di Eropa. Pada saat itu, cetakan awal dilakukan dengan menggunakan stensil kayu yang diukir untuk menciptakan teks dan gambar. Selama proses pencetakan, cetakan ini akan memberikan efek embos pada media cetak.

pada abad ke-18 dan 19, teknik cetak ini semakin berkembang dengan penggunaan alat cetak yang dirancang khusus untuk menghasilkan efek embos yang lebih presisi dan konsisten. Hingga saat ini, teknik embos terus mengalami kemajuan hingga perkembangan penggunaan bahan embos nya yang semakin beragam. 

Apa Saja Jenis Jenis Bahan Embos? 

Beberapa jenis-jenis bahan embos ini cukup umum digunakan dalam desain grafis dan bahan-bahan ini dapat menciptakan karya seni yang mengesankan. Untuk Knittopreneurs yang saat ini baru mengenal teknik embos, simak penjelasan Minto dibawah ini tentang berbagai bahan embos.

1. Kertas Emboss

Kertas adalah bahan embos yang paling umum digunakan dalam desain grafis. Kertas embos memungkinkan desainer untuk menciptakan efek timbul yang elegan dan tajam. Teknik ini sangat berguna dalam mencetak undangan, kartu pos, dan materi promosi lainnya.

2. Folio Emboss

Folio Emboss adalah bahan embos yang digunakan dalam produksi material yang memerlukan nilai dan efek metalik. Bahan ini sering digunakan dalam pembuatan sampul buku, kemasan yang lebih mewah, dan juga kartu nama. Foil Embos bisa menciptakan efek mewah yang sulit dicapai dengan bahan lain.

3. Plastik Emboss

Plastik embos adalah pilihan adalah pilihan bahan embos yang juga sangat populer untuk desain grafis yang berfokus pada aspek tahan lama dan ketahanan. Plastik ini dapat digunakan untuk mencetak kartu identitas, tanda pengenal atau kemasan produk. Bahan ini memberikan tekstur yang tahan lama dan tahan air.

4. Kulit Emboss

Bahan kulit emboss memberikan sentuhan klasik dan eksklusif pada desain. Bahan ini sering digunakan dalam pembuatan buku berkulit beras, bingkai foto, dan produk-produk mewah lainnya. Kulit embos menambahkan unsur kerapihan dan kesan yang tahan lama pada karya seni.

Selain beberapa jenis bahan di atas, sekarang teknik emboss juga bisa diterapkan pada jenis bahan kain atau bahan kaos. Terbukti dengan banyaknya vendor-vendor yang menyediakan jasa cetak emboss pada kaos. Selain pada kaos teknik emboss juga bisa diaplikasikan pada jenis pakaian lain seperti sweater, hoodie atau celana. 

Hal ini membuktikan jika teknik emboss dan penggunaan bahan embos benar-benar sangat berkembang dengan baik.

Aplikasi Teknik Emboss dalam Desain Grafis

Untuk mencapai nilai visual yang tinggi, kamu bisa mencoba mengaplikasikan teknik emboss pada beberapa desain, dan siapa tahu dengan menggunakan proses ini produk yang kamu hasilkan akan lebih unik dan nilai jualnya semakin tinggi. Berikut ini beberapa pengaplikasian teknik emboss dalam desain grafis.

1. Desain Kemasan

Bahan embos sering digunakan dalam desain kemasan produk untuk menonjolkan merek dan produk. Desain pada kemasan menggunakan teknik embos bisa menciptakan tampilan mewah yang menarik perhatian konsumen di toko kamu. Untuk pengaplikasian pada kemasan kamu bisa menggunakan bahan foil embos untuk menciptakan logo yang mengkilap pada kemasan.

2. Materi Promosi

Dalam materi promosi seperti brosur, flyer, dan pamflet, bahan embos dapat digunakan untuk menekan point penting dan menciptakan efek visual yang menarik. Hal ini dapat membuat materi promosi kamu lebih mencolok, dan efektif tentunya.

3. Desain Identitas Perusahaan

Teknik emboss juga seringkali digunakan untuk pembuatan kartu nama, surat-surat perusahaan, dan materi identitas perusahaan lainnya. Teknik emboss yang digunakan untuk desain identitas perusahaan dapat membantu menciptakan kesan profesional dan eksklusif untuk bisnis kamu.

4. Seni dan Desain Grafis Kreatif

Teknik emboss juga digunakan dalam seni dan desain grafis kreatif. Teknik ini dapat digunakan untuk menciptakan karya seni yang berdimensi dan tekstur yang menarik. Bahan emboss memberikan kebebasan ekspresi pada seniman dan desainer grafis untuk menciptakan karya yang unik.

5. Produksi Desain Pakaian

Pengaplikasian teknik embos juga sekarang ini sudah digunakan pada produksi desain pakaian, biasanya digunakan untuk mencetak tulisan pada permukaan pakaiannya. Sudah banyak vendor penyedia jasa cetak emboss pada kaos, atau pun jenis pakaian lainnya. Bahkan teknik emboss ini pun juga banyak digunakan untuk brand-brand luar negeri loh Knittopreneurs. 

Nilai seni dan keunikan yang ditunjukan dengan menggunakan teknik emboss pada pakaian memang menjadi lebih tinggi, maka dari itu untuk kamu yang memiliki bisnis kaos atau bisnis pakaian, teknik emboss bisa kamu coba gunakan agar produk kamu menjadi lebih unik dan berbeda.

Tips Pengaplikasian Teknik Emboss Pada Bahan Embos

Pengaplikasian teknik emboss pada bahan embos memerlukan kehati-hatian dan keterampilan untuk menciptakan hasil yang berkualitas. Simak beberapa tips dari Minto untuk mengaplikasikan teknik emboss pada bahan embos yang bermanfaat untuk kamu.

1. Pilih Bahan Embos Yang Tepat

Pertama-tama, pastikan kamu memilih bahan embos yang sesuai dengan proyek kamu. Bahan embos bisa berupa kertas, foil, plastik, atau kulit, dan masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Pilih bahan yang sesuai dengan tujuan dan efek yang ingin kamu capai.

2. Gunakan Stensil atau Die-cut Berkualitas

Stensil atau die-cut yang kamu gunakan harus berkualitas tinggi dan sesuai dengan desain embos kamu. Pastikan bahwa stensil atau die-cut tersebut telah dirancang dengan tepat untuk menciptakan efek embos yang diinginkan.

3. Kontrol Tekanan dengan Hat-hati

Teknik embos memerlukan kontrol tekanan yang tepat. Jika tekanan terlalu lemah, efek embos mungkin tidak cukup terlihat. Jika tekanan terlalu keras, bahan bisa rusak atau terlalu tipis. Gunakan alat pemadat atau penekan dengan hati-hati dan pertimbangkan untuk mencoba pada sampel terlebih dahulu.

4. Pemilihan Panas (Untuk Foil Emboss)

Jika kamu menggunakan foil embos, menyesuaikan panas itu sangat penting. Pastikan suhu dan waktu pemanasan sesuai dengan jenis foil dan bahan embos yang kamu gunakan. Jika terlalu panas atau terlalu lama bisa mengakibatkan masalah dalam pemasangan foil.

5. Gunakan Perlengkapan Pelengkap

Selain alat pemadat atau penekan, gunakan perlengkapan pelengkap seperti mata bor, pisau pembongkar, atau peralatan finishing sesuai kebutuhan untuk mencapai hasil yang lebih baik 

6. Teliti dan Berhati-Hati

Setelah proses emboss selesai, selalu periksa hasilnya dengan teliti, pastikan bahwa efek emboss yang terlihat dengan jelas sudah sesuai dengan desain yang kamu gunakan. 

Baca Juga: Pilih Apa Saja Bahan Membuat Buket Bunga yang Cantik?

Dengan memahami berbagai jenis bahan embos dan bagaimana mengaplikasikannya, desainer dapat menciptakan karya seni yang mengesankan dan memukau. Jadi, jika kamu mempunyai proyek desain grafis, pertimbangkanlah untuk menggunakan bahan embos untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik visualnya. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur