Mengenal Kain Velvet dan 8 Jenis Kain Velvet

0
5/5 - Vote count: 10 votes

Mengenal Kain Velvet dan 8 Jenis Kain Velvet – Hi Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini, Minto akan bahas salah satu kain yang punya ciri unik dan cukup diminati oleh banyak orang. Kain tersebut adalah kain Velvet, kain yang punya ciri unik yaitu permukaan kain yang berbulu dan sedikit memantulkan cahaya. Minto juga akan jelaskan 13 jenis kain Velvet yang pastinya bisa menambah wawasan kamu dalam dunia tekstil. 

Apa itu Kain Velvet?

Kain Velvet
Kain Velvet

Kain Velvet merupakan kain yang memiliki permukaan kain yang halus dan lembut, dan timbul bulu halus pada permukaan luar kainnya. Kain ini punya ciri yang unik sehingga mudah dikenali. Bulu pada permukaan luar kain ini juga mampu memantulkan sedikit cahaya sehingga bila terkena cahaya akan sedikit mengkilap. Kain Velvet sudah ada sejak dahulu kala, dan diperkenalkan sebagai kain yang digunakan oleh para bangsawan.

Kain Velvet merupakan salah satu kain tenun yang memiliki proses yang lebih kompleks. Walaupun kini teknologi sudah semakin canggih, pembuatan kain Velvet masih tergolong cukup sulit. Kain Velvet juga bisa terbuat dari berbagai serat mulai dari serat sutra, rayon, atau bahkan polyester dan campuran bahan lainnya. Karena kain Velvet yang terbuat dari serat sutra sangat mahal, kini tersedia juga kain Velvet dari campuran serat agar tidak terlalu mahal.

Jenis Kain Velvet

Terdapat banyak jenis kain Velvet yang bisa kamu temukan di pasaran. Supaya jelas, Minto bantu rangkum ya jenis-jenis kain Velvetnya!

  • Kain Velvet Katun

Kain Velvet Katun merupakan kain Velvet yang terbuat dari serat katun atau kapas, cenderung lebih tebal dan berat dibanding kain Velvet lainnya. Kain Velvet Katun tidak memiliki kilap yang terlalu terlihat, biasanya kain Velvet jenis ini bisa dimanfaatkan sebagai kain bahan pelapis.

  • Kain Velvet Sutra

Kain Velvet Sutra merupakan kain Velvet yang terbuat dari serat sutra, dan dipercaya juga sebagai jenis kain Velvet pertama yang dibuat. Kain Velvet Sutra memiliki handfeel yang sangat lembut dan halus, berat yang ringan, serta dapat memantulkan sedikit cahaya. Kain Velvet Sutra merupakan jenis kain Velvet paling mahal dibanding kain Velvet lainnya, mengingat kain ini juga menggunakan bahan yang premium.

  • Kain Velvet Microfiber

Kain Velvet Microfiber merupakan kain Velvet yang biasanya dibuat menggunakan campuran serat. Walaupun namanya Microfiber, kain ini tidak menyerap air ya. Kain Velvet Microfiber merupakan jenis kain Velvet yang mudah perawatannya dan tidak mudah terkena noda bandel. Kain Velvet Microfiber ini bisa dipakai jadi bahan dress, pakaian formal atau semi formal, dan sebagai bahan pelapis.

  • Kain Velvet Stretch

Kain Velvet Stretch merupakan kain Velvet yang bisa memelar karena mengandung Spandex. Biasanya, Spandex dipadukan dengan Polyester untuk bahan kain Velvet Stretch. Kain Velvet ini nyaman digunakan, bisa merenggang hingga setengah lebarnya sendiri. Kain ini bisa dipakai sebagai bahan pakaian yang nyaman dan aman dicuci menggunakan mesin cuci.

  • Kain Velvet Rayon

Kain Velvet Rayon merupakan kain Velvet yang terbuat dari serat rayon dan nilon. Kain Velvet Rayon juga mudah ditemukan dan memiliki harga yang cukup ekonomis. Kain Velvet Rayon biasanya memiliki permukaan yang agak transparan, sehingga lebih sering dipakai sebagai bahan prakarya atau pelengkap rumah seperti sarung bantal hingga gorden.

  • Kain Velvet Panne

Kain Velvet Panne merupakan jenis kain yang mirip dengan kain Velvet Crinkle, bedanya kain ini bisa sedikit memelar. Umumnya kain Velvet Panne ini memiliki bulu yang lebih panjang daripada kain Velvet lainnya.

  • Kain Velvet Emboss

Kain Velvet Emboss merupakan kain Velvet yang telah melewati proses emboss yang bertujuan membuat motif timbul pada permukaan kainnya. Kain ini juga cukup diminati masyarakat, karena tekstur dan tampilannya yang unik dan cukup eksklusif.

  • Kain Velvet Plush

Kain Velvet Plush memiliki bulu yang lebih panjang dibanding kain Velvet pada umumnya, kurang lebih memiliki panjang bulu 5mm. Kain ini juga punya berat yang lebih berat dan handfeel yang tetap lembut, sehingga biasanya digunakan sebagai bahan selimut.

Cara Merawat Kain Velvet

Kain Velvet merupakan kain yang mempunya bulu halus pada permukaannya. Karena itulah kain Velvet harus dirawat dengan khusus karena tidak bisa dicuci seperti kain biasa. Yuk ketahui tips merawat kain Velvet agar awet dan tidak mudah rusak.

  • Perhatikan Care Label

Sebelum mencuci, perhatikan care label pakaian kamu yang terbuat dari kain Velvet. Biasanya kain Velvet hanya diperbolehkan untuk dicuci secara dry clean tanpa air. Namun memang ada beberapa jenis kain Velvet yang boleh terkena air. Maka dari itu penting untuk melihat care labelnya terlebih dahulu.

  • Cuci Secara Manual

Bila kain Velvet yang kamu miliki boleh dicuci terkena air, Minto sarankan kamu cuci kain / pakaian tersebut secara manual menggunakan tangan agar supaya kain Velvet tersebut tidak mudah rusak.

  • Hilangkan Noda Secara Berkala

Sebenarnya kain Velvet tidak perlu sering dicuci karena dapat berpotensi merusak kainnya. Bila terdapat noda, cepat bersihkan menggunakan kain basah dengan detergen lembut atau bahan alami penghilang noda seperti air lemon dan baking soda yang dilarutkan dengan air.

  • Rapikan Menggunakan Steamer

Biasanya kain Velvet tidak perlu disetrika karena bahannya tidak mudah kusut dan menghindari bulu velvetnya menjadi kempes. Namun bila pakaian yang terbuat dari kain Velvet kusut, kamu bisa memakai steamer, dengan jarak yang pas agar kain tidak rusak.

Nah gimana? sekarang sudah tahu kan apa itu kain Velvet, apa saja jenis-jenis kain Velvet, dan bagaimana cara merawat kainnya? Walaupun kain ini belum tersedia di Knitto Textiles, semoga kamu terbantu dengan artikel ini ya! Kalau kamu penasaran dengan kain apa saja yang tersedia di Knitto, yuk kunjungi www.knitto.co.id!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035