6 Pilihan Bahan Gorden Terbaik : Kelebihan Dan Kekurangannya

0
5/5 - Vote count: 326 votes

6 Pilihan Bahan Gorden Terbaik : Kelebihan Dan Kekurangannya – blog.knitto.co.id Gorden, selain berfungsi sebagai penutup jendela, juga menjadi salah satu item dekoratif yang penting dalam sebuah ruangan. Pilihan bahan gorden dapat mempengaruhi suasana, fungsionalitas, dan estetika ruangan secara keseluruhan. Mulai dari kain alami seperti katun dan linen hingga kain sintetis seperti polyester, serta kain mewah seperti silk dan velvet, setiap bahan memberikan karakteristik yang berbeda-beda sehingga akan mempengaruhi penampilan gorden.

Bahkan, bahan gorden dengan kain ringan seperti voile atau voal juga sering digunakan. Dengan memahami setiap jenis bahan gorden tidak hanya penting bagi pelaku industri interior, tetapi juga penting bagi setiap orang yang ingin membuat tampilan gorden lebih exclusive sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. 

6 Pilihan Bahan Gorden Terbaik : Kelebihan Dan Kekurangannya
6 Pilihan Bahan Gorden Terbaik : Kelebihan Dan Kekurangannya

Definisi, Karakteristik, Keunggulan, Kekurangan 6 Bahan Gorden

1. Katun

6 Pilihan Bahan Gorden Terbaik : Kelebihan Dan Kekurangannya - Katun
6 Pilihan Bahan Gorden Terbaik : Kelebihan Dan Kekurangannya – Katun

Pilihan Bahan Gorden Pertama Yaitu Katun. Katun merupakan serat alami yang diperoleh dari kapas yang diolah untuk menghasilkan serat yang kemudian dipintal menjadi benang dan ditenun menjadi kain. Katun memiliki karakteristik breathable (mudah bernafas), mampu menyerap dengan baik, serta memberikan kenyamanan saat digunakan. Selain itu, katun juga mudah dicelup dengan berbagai warna dan memiliki sifat ketahanan yang baik terhadap panas.

  • Keunggulan Bahan Katun 

Salah satu keunggulan dari katun adalah ramah lingkungan karena berasal dari tumbuhan kapas yang merupakan sumber daya yang dapat diperbaharui. Selain itu, katun juga memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga cocok untuk dipakai pada untuk berbagai macam kebutuhan salah satunya yaitu bahan gorden. Selain itu, katun juga sangat fleksibel karena dapat dicampur dengan bahan lain untuk mendapatkan tekstur tertentu. 

  • Kekurangan Bahan Katun

Katun juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah mudah kusut. Selain itu, katun juga mudah pudar ketika terkena sinar matahari secara langsung, terutama jika warnanya gelap. Katun juga mudah lembab karena sifatnya yang mudah menyerap kelembaban, yang bisa menyebabkan jamur jika tidak kering setelah dicuci.

Baca Juga : 4 Jenis Kain Katun Kualitas Terbaik Dan Kelebihannya

2. Silk

6 Pilihan Bahan Gorden Terbaik : Kelebihan Dan Kekurangannya - Silk
6 Pilihan Bahan Gorden Terbaik : Kelebihan Dan Kekurangannya – Silk

Pilihan Bahan Gorden Kedua Yaitu Silk. Bahan Silk atau Sutera adalah serat protein alami yang dihasilkan oleh beberapa jenis ulat, terutama ulat sutera, disaat ulat membentuk kepompong. Proses pembuatan kain sutera memerlukan pengumpulan kepompong ulat sutera dan ekstraksi serat yang kemudian dipintal menjadi benang sutera.

Bahan silk memiliki karakteristik tekstur yang sangat halus sehingga memberikan feel yang lembut dan mewah saat disentuh, selain itu, bahan ini memiliki kilauan alami yang memikat sehingga memberikan tampilan yang elegan dan menawan. Meskipun sutera terasa ringan namun memiliki serat yang sangat kuat. Bahan silk merupakan salah satu bahan gorden terbaik dan banyak digunakan.

Keunggulan Bahan Silk

  • Memberikan Tampilan Yang Mewah: Bahan Silk memberikan kilauan alami dan tekstur yang sulit ditiru oleh bahan lain sehingga cocok untuk bahan gorden.
  • Ringan dan Lembut: Bahan Silk mempunyai tekstur yang sangat halus sehingga lembut ketika digunakan. Walaupun ringan, bahan ini mempunyai serat yang sangat kuat.
  • Memiliki Sirkulasi Udara Yang Baik: Bahan Silk memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga mudah untuk “bernafas”.
  • Elastis: Bahan Silk memiliki sifat yang elastis, dapat meregang dan kembali ke bentuk semula.

Kekurangan Bahan Silk

  • Bahan Silk rentan terhadap kerusakan baik yang disebabkan dari sinar matahari atau bahan kimia.
  • Bahan Silk memerlukan perawatan khusus seperti ketika dicuci proses pencucian harus menggunakan tangan atau dry cleaning.
  • Bahan ini memiliki harga yang cukup mahal karena bahan yang melewati banyak proses sehingga menjadikannya  salah satu bahan gorden yang mahal di pasaran.
  • Bahan Silk sensitif terhadap sinar matahari.

Baca Juga : Mengenal Bahan Kain Armani Silk Untuk Penampilan Yang Elegan

3. Polyester

6 Pilihan Bahan Gorden Terbaik : Kelebihan Dan Kekurangannya - Polyester
6 Pilihan Bahan Gorden Terbaik : Kelebihan Dan Kekurangannya – Polyester

Pilihan Bahan Gorden Ketiga Yaitu Polyester. Polyester merupakan jenis polimer yang berasal dari serat sintetis yang dihasilkan dari bahan baku petrokimia, seperti etilen glikol dan asam tereftalat, melalui proses polimerisasi. Polyester dapat digunakan untuk memproduksi berbagai macam produk.

Polyester merupakan serat sintetis yang memiliki karakteristik ketahanan baik dan lebih sedikit tahan terhadap kerutan jika dibandingkan dengan kain alami seperti katun. Selain itu, serat ini juga memiliki sifat hidrofobik yang membuatnya memiliki sifat menolak air, serta mampu memberikan pewarnaan yang tahan lama dan tidak mudah pudar. Polyester sangat mudah dikeringkan setelah dicuci, serta memiliki ketahanan terhadap sebagian besar bahan kimia dengan beberapa pengecualian. Bahan Polyester merupakan pilihan yang hemat apabila kamu sedang mencari bahan gorden.

Keunggulan Bahan Polyester

  • Tahan Lama: Polyester dibuat dari serat sintetis yang kuat, polyester memberikan resistensi tinggi terhadap berbagai macam goresan, baret dan lainnya sehingga menjadikannya pilihan ideal untuk barang-barang yang memerlukan daya tahan seperti gorden dan tas.
  • Tahan Kerutan: Berkat struktur molekulnya, kain polyester cenderung mempertahankan bentuk awalnya dengan baik, sehingga memberikan penampilan yang rapi sepanjang hari.
  • Harga Yang Terjangkau: Berbeda dengan kain premium seperti sutera atau wol, polyester lebih mudah dan murah untuk diproduksi, memberikan konsumen opsi yang lebih murah tanpa harus memikirkan kualitas.
  • Dapat Mempertahankan Warna: Dengan kemampuan untuk menyerap dan mempertahankan pewarna dengan baik, warna pada kain polyester sering kali lebih cerah, dan tahan lama daripada beberapa kain lain.
  • Polyester Cepat Kering: Dengan adanya karakteristik hidrofobik, kain ini tidak menyerap air dengan cepat, sehingga akan lebih cepat ketika dikeringkan.
  • Ketahanan Terhadap Bahan Kimia: Polyester mampu menahan paparan sebagian besar bahan kimia rumah tangga, menjadikannya pilihan yang baik untuk lingkungan yang mungkin menghadapi tumpahan atau noda.

Kekurangan Bahan Polyester

  • Tekstur Tidak Terasa Alami: Meskipun dirancang untuk meniru tekstur kain alami, polyester sering kali tidak memiliki feel “alami” atau kelembutan yang dimiliki oleh kain alami seperti katun atau sutera. 
  • Sirkulasi Udara Yang Kurang Baik: Struktur serat polyester yang padat membuatnya kurang permeabel, yang dapat menghambat sirkulasi udara sehingga menyebabkan pemakai bahan ini merasa lebih panas.
  • Dampak Buruk Terhadap Lingkungan: Sebagai produk petrokimia, pembuatan polyester menghasilkan emisi karbon dan limbah lainnya yang lumayan banyak, dan kainnya sendiri memerlukan waktu yang lama untuk terurai di alam. 
  • Bau yang Tidak Sedap: Polyester dapat menahan keringat dan bau badan lebih lama dibandingkan dengan kain alami, sehingga memerlukan pencucian yang lebih sering untuk menghilangkan bau tersebut. 
  • Sensitivitas Terhadap Panas: Polyester memiliki titik leleh yang lebih rendah dibandingkan dengan banyak kain lain, sehingga bisa meleleh atau rusak jika terkena panas tinggi seperti dari setrika atau sumber panas lainnya. 
  • Potensi Elektrostatik: Sifat sintetis polyester membuatnya rentan terhadap listrik statis, yang dapat menyebabkan kain lebih banyak menarik debu atau serpihan lain.

Baca Juga : 4 Ciri-Ciri Serat Polyester Terbaik Dan Rekomendasi Kainnya

4. Velvet

6 Pilihan Bahan Gorden Terbaik : Kelebihan Dan Kekurangannya - Velvet
6 Pilihan Bahan Gorden Terbaik : Kelebihan Dan Kekurangannya – Velvet

Pilihan Bahan Gorden Terbaik Keempat Yaitu Velvet. Bahan Velvet, atau yang lebih dikenal dengan sebutan beludru, merupakan jenis kain yang memiliki tekstur yang halus, berbulu, serta memiliki permukaan yang mengkilap dan lembut saat disentuh. 

Velvet merupakan jenis kain yang memberikan tekstur yang mewah, kilauan yang mewah ketika terkena cahaya dan kemampuan beradaptasi yang baik. Hal ini menjadikan velvet sebagai pilihan yang diminati untuk produk pakaian ataupun dekorasi interior. Bahan velvet ini merupakan salah satu bahan gorden terbaik  karena menampilkan kemewahan, dan umumnya penggunaan bahan velvet ini digunakan untuk rumah mewah dan tirai teater.

Keunggulan Bahan Velvet

  • Memberikan Tekstur Mewah: Velvet dikenal dengan teksturnya yang halus, lembut, dan berbulu, memberikan tampilan dan feel mewah sehingga sangat cocok untuk bahan gorden mewah.
  • Dapat Merefleksikan Cahaya: Permukaan velvet memiliki kemampuan untuk merefleksikan cahaya sehingga menciptakan kilauan dan meningkatkan estetika visual. 
  • Kemampuan Beradaptasi Yang Baik: Velvet memiliki sifat kemampuan beradaptasi yang sangat baik, yang menjadikannya pilihan populer untuk bahan gaun dan bahan gorden.
  • Memiliki Ketahanan Yang Baik: Meski terasa lembut, bahan velvet tahan terhadap goresan atau gesekan, karena dibuat dengan kualitas tinggi. 
  • Cocok Untuk Musim Dingin: Velvet bisa memberikan kehangatan, menjadikannya pilihan yang baik untuk dipakai dicuaca yang dingin.

Kekurangan Bahan Velvet

  • Membutuhkan Perawatan Khusus: Velvet membutuhkan perawatan khusus, seperti pembersihan kering, untuk menjaga penampilannya dan kualitasnya. 
  • Berat: Velvet cenderung lebih berat dibandingkan beberapa kain lainnya.
  • Harga Yang Mahal: Velvet memiliki kualitas yang tinggi, terutama velvet yang terbuat dari sutra sehingga bisa menjadi sangat mahal. 
  • Sulit Dibersihkan: Karena velvet memiliki tekstur beludru yang khas, maka ketika terkena noda akan sulit untuk dibersihkan. Selain itu, bahan ini juga harus dikeringkan dengan sangat kering.
  • Tidak Memiliki Sirkulasi Udara Yang Baik: Velvet tidak memiliki sirkulasi udara yang baik seperti bahan lainnya, yang dapat mempengaruhi kenyamanan ketika digunakan dalam kondisi iklim hangat.

Baca Juga : Mengenal Kain Velvet Dan 8 Jenis Kain Velvet

5. Voile

6 Pilihan Bahan Gorden Terbaik : Kelebihan Dan Kekurangannya - Voile
6 Pilihan Bahan Gorden Terbaik : Kelebihan Dan Kekurangannya – Voile

Pilihan Bahan Gorden Kelima Yaitu Voile. Bahan Voile adalah jenis kain yang tipis, semi-transparan, dan memiliki tekstur yang halus serta lembut. Nama “voile” berasal dari bahasa Perancis yang berarti “kain tipis” atau “selubung”. Kain ini terbuat dari serat katun atau serat sintetis seperti poliester atau campuran keduanya. 

Kain voile dikenal dengan sifatnya yang ringan dan kemampuannya untuk memberikan feel yang lembut. Kelembutan dan kelenturannya membuat kain ini nyaman dikenakan, walaupun dalam cuaca panas, karena kain ini memiliki sirkulasi udara untuk bergerak dengan bebas. 

Bahan voile umumnya digunakan untuk membuat produk bahan pembuatan gaun, blus, kerudung dan selendang, namun biasa juga dipakai untuk aksesoris rumah seperti bahan gorden dan taplak meja. Namun, perlu diperhatikan bahwa karena teksturnya yang halus dan ringan, kain voile bisa rentan terhadap kerusakan dan mungkin memerlukan perawatan khusus, seperti pencucian tangan atau pengeringan dengan suhu rendah, untuk menjaga kondisi dan penampilannya. Voile pada bahan gorden umumnya digunakan untuk jendela belakang rumah yang menghubungkan setiap ruangan, sehingga memberikan kesan yang elegan.

Keunggulan Bahan Voile

  • Ringan Dan Memiliki Sirkulasi Udara Yang Baik: Voile sangat ringan dan memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga dapat bergerak dengan bebas dan sangat nyaman ketika digunakan walaupun dalam cuaca kemarau.
  • Drapability Yang Baik: Kain ini memiliki sifat drapability yang baik, artinya bahan ini jatuh dan mengalir dengan lembut sehingga memberikan tampilan yang anggun dan feminin. 
  • Tekstur Yang Halus dan Lembut: Voile terkenal dengan teksturnya yang halus dan lembut sehingga dapat memberikan kenyamanan yang maksimal saat digunakan. 
  • Memiliki Tampilan Elegan: Transparansi dan kelembutan voile memberikan tampilan yang elegan dan mewah, baik digunakan untuk pakaian maupun aksesoris rumah. 
  • Serbaguna: Voile dapat digunakan untuk berbagai aplikasi, mulai dari pakaian hingga aksesoris rumah seperti gorden dan taplak meja.

Kekurangan Bahan Voile

  • Rentan Terhadap Kerusakan: Karena teksturnya yang halus dan ringan, voile bisa mudah mengalami kerusakan seperti robekan.
  • Membutuhkan Perawatan Khusus: Voile perlu dicuci dengan tangan serta harus menghindari pengeringan dengan suhu terlalu panas agar voile tetap dalam kondisi baik. 
  • Mudah Kusut: Seperti banyak kain ringan lainnya, voile cenderung mudah kusut serta memerlukan penyetrikaan yang hati-hati agar tetap terlihat rapi. 
  • Transparansi: Meskipun transparansi ini bisa menjadi kelebihan, namun dalam beberapa kasus seperti penggunaan hijab, transparansi voile akan memberikan kekurangan karena menerawang.
  • Membutuhkan Lapisan: Dalam beberapa kasus, voile membutuhkan lapisan tambahan agar tidak terlalu transparan.

6. Linen

6 Pilihan Bahan Gorden Terbaik : Kelebihan Dan Kekurangannya - Linen
6 Pilihan Bahan Gorden Terbaik : Kelebihan Dan Kekurangannya – Linen

Pilihan Bahan Gorden Keenam Yaitu Linen. Bahan linen merupakan jenis kain yang terbuat dari serat tumbuhan flax (Linum usitatissimum). Kain linen telah digunakan sejak lama karena kekuatannya, daya tahan, serta kemampuan yang memberikan kenyamanan. Serat linen lebih tebal dan lebih kuat dibandingkan serat katun, pada awalnya kain dapat terasa kasar. Namun, seiring berjalannya waktu dan pemakaian berulang, kain linen akan menjadi lebih lembut sehingga cocok untuk dijadikan bahan gorden.

Keunggulan Bahan Linen

  • Memiliki Kekuatan dan Daya Tahan Yang Kuat: Linen merupakan salah satu bahan tekstil yang sangat kuat, memberikan daya tahan yang luar biasa dan umur pemakaian yang panjang sehingga cocok untuk bahan gorden. 
  • Memiliki Sirkulasi Udara Yang Baik: Bahan ini memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga akan memberikan rasa yang sejuk dan nyaman digunakan walaupun pada kondisi kemarau.
  • Mampu Menyerap Lembab: Linen mampu menyerap kelembaban dengan baik tanpa terasa basah, menjadikannya pilihan yang baik untuk bahan gorden atau produk pakai seperti handuk, dan seprai. 
  • Hypoallergenic: Linen memiliki hypoallergenic alami yang menjadikannya pilihan yang aman untuk orang dengan kulit sensitif atau alergi. 
  • Biodegradable: Sebagai produk alami, linen adalah pilihan yang ramah lingkungan karena sepenuhnya dapat terurai. 
  • Semakin Lembut Seiring Berjalannya Waktu: Berbeda dengan banyak bahan lain, linen menjadi semakin lembut dan nyaman digunakan seiring berjalannya waktu dengan setiap pencucian.

Kekurangan Bahan Linen

  • Linen Mudah Kusut: Linen umumnya mudah kusut dan memerlukan perawatan khusus.
  • Biaya Yang Mahal: Linen seringkali lebih mahal daripada bahan lain seperti katun, karena proses produksinya yang lebih kompleks dan waktu pertumbuhan tanaman flax yang lama.
  • Memerlukan Perawatan Khusus: Linen memerlukan perawatan khusus seperti pencucian tangan untuk menjaga kualitasnya.
  • Keras Dan Kasar pada Awalnya: Linen terasa keras dan kasar pada awalnya, namun tekstur linen bisa menjadi kelebihan juga ketika sudah lama digunakan karena akan semakin lembut.
  • Tidak Elastis: Linen memiliki elastisitas yang sangat rendah, yang berarti bahan ini tidak dapat meregang dengan baik dan dapat kehilangan bentuknya jika diregangkan atau ditarik.

Baca Juga : 6 Jenis Kain Linen Terbaik Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Kesimpulan

Dalam penjelasan 6 Pilihan Bahan Gorden Terbaik: Kelebihan Dan Kekurangannya diatas sudah dijelaskan berbagai jenis bahan gorden yang umum digunakan. Setiap bahan gorden memiliki karakteristik dan kelebihan masing-masing yaitu:

Katun lebih menonjol dengan kepraktisannya dan variasi desainnya. Sutera menawarkan estetika dan menawarkan kilauan yang mewah, walaupun membutuhkan perawatan hati-hati dan rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. 

Polyester memiliki sifat yang tahan lama dan ekonomis, dengan perawatan yang mudah namun tidak memberikan sirkulasi udara yang baik dibandingkan dengan bahan alami. Velvet memberikan sentuhan kemewahan dan kelembutan, meskipun memiliki berat yang lumayan. Apabila kamu mencari bahan gorden yang mewah, maka velvet merupakan pilihan yang paling pas. 

Voile adalah pilihan untuk menciptakan suasana yang ringan, walaupun memiliki kekurangan yaitu transparan. Linen dikenal dengan kekuatan dan daya tahannya, memberikan estetika alami dan sirkulasi udara yang baik, walaupun pada awalnya memiliki tekstur yang kasar, namun seiring berjalannya waktu linen akan menjadi sangat lembut. 

Memilih bahan gorden yang tepat membutuhkan pertimbangan atas faktor-faktor diatas tingkat transparansi, pencahayaan, estetika, cocok untuk digunakan di iklim seperti apa dan perawatan.

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur