Mengenal Kain Organza Bahan Dress Pesta

0
5/5 - Vote count: 10 votes

Mengenal Kain Organza Bahan Dress Pesta – Hi Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini Minto akan bahas salah satu bahan yang cukup sering digunakan dalam pembuatan dress pesta. Nama kain tersebut adalah Organza! 

Kain Organza adalah kain yang terbuat dari Polyester, sehingga punya karakteristik kain yang licin, mengkilap, dan tak mudah kusut. Kain Organza identik dengan kainnya yang transparan! Supaya bisa kenal lebih lanjut lagi, yuk kita baca lebih dalam informasi tentang kain Organza.

Table of Contents

Apa itu Kain Organza?

jenis kain untuk gamisKain Organza adalah jenis kain yang terbuat dari Polyester dan punya ciri kain yang tipis, ringan, dan transparan yang sering digunakan dalam dress pesta dan lain-lain. Berikut adalah beberapa ciri utama dari kain Organza yang Knittopreneurs harus tahu:

  • Kainnya Transparan

Kain Organza memiliki ciri kain yang transparan sehingga Knittopreneurs dapat melihat melalui kain ini dengan mudah karena kainnya menerawang. Oleh karena itu, organza sering menggunakan furing dalam dan dijadikan lapisan luar pada pakaian untuk menciptakan tampilan yang elegan.

  • Kainnya Ringan

Kain Organza sangat ringan dan memiliki tekstur yang cukup halus dan licin. Karena ringan dan halus, kain Organza nyaman untuk digunakan dalam berbagai gaya pakaian, terutama yang memerlukan lapisan tipis.

  • Kainnya Sedikit Kaku

Meskipun tipis dan ringan, organza memiliki sifat sedikit kak, namun tidak sekaku kain tenun, masih tetap lentur. Kain Organza dapat dibilang kaku jika dibandingkan dengan kain lain yang lebih lembut, ringan, dan jatuh seperti chiffon. Kain ini cocok untuk pembuatan rok, gaun, dan pakaian wanita lainnya.

  • Kainnya Memiliki Kilau

Kain Organza terbuat dari Polyester, jadi tak aneh bila kain ini memiliki kilau atau efek shimmer yang lembut, terutama ketika terkena cahaya. Kilaunya memang tidak seekstrim sutra dan satin, tapi kain ini populer sebagai bahan pakaian pesta dan gaun pengantin.

  • Punya Banyak Pilihan Warna

Kain Organza tersedia dalam berbagai warna, dari yang polos hingga yang berwarna-warni. Selain itu, terdapat juga jenis kain Organza yang memiliki glitter sehingga lebih mengkilap. Karena pilihannya yang banyak, kain Ini memberikan sering menjadi pilihan bagi desainer.

  • Kain yang Multifungsi

Kain Organza dapat digunakan untuk berbagai pakaian dan pelengkap fashion, termasuk pembuatan gaun, blus, rok, hiasan sepatu, hiasan rambut, aksesoris, bahkan dekorasi pesta seperti hiasan meja atau bunga sintetis.

  • Perlu Perawatan Lebih

Kain Organza cenderung rentan terhadap kerusakan dan robekan, sehingga perlu perawatan yang hati-hati. Biasanya, organza harus dicuci dengan tangan dengan deterjen lembut agar tidak rusak dan hindari penggunaan mesin pengeringan yang panas atau detergen keras lainnya. Solusi lainnya, kamu bisa, pakai jasa dry clean untuk pakaian yang terbuat dari kain Organza.

Kain Organza adalah kain yang menjadi pilihan populer untuk pakaian formal dan pesta karena tampilannya yang mewah dengan tekstur yang unik. Kain Organza juga sering digunakan dalam industri pernikahan untuk pembuatan gaun pengantin hingga hiasan pesta.

Jenis-Jenis Kain Organza

Kain Organza memiliki banyak sekali variasi jenis, sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Berikut ini adalah jenis-jenis kain Organza yang bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran:

  • Organza Campuran

Kain Organza Campuran terbuat dari dua bahan yaitu Polyester dan Serat Sutra. Kain ini memiliki kelebihan sesuai dengan komposisinya yaitu Polyester dan Serat Sutra. Untuk harga, kain Organza Campuran memiliki harga yang lumayan terjangkau karena tidak terlalu mahal ataupun murah.

  • Organza Polyester

Sesuai namanya, kain Organza Polyester terbuat dari 100% Polyester dengan karakteristik yang lembut dan jatuh dan sedikit kaku. Kain Organza Polyester juga memiliki harga yang cukup ekonomis,

  •  Organza Satin

Kain Organza Satin merupakan jenis kain organza yang terbuat dari bahan sintetis yang diproduksi dengan teknik tenunan satin. Anyaman satin ini menghasilkan efek kilau pada permukaan kain organza.

  •  Organza Deluxe Silk

Kain Organza Sutra terbuat dari benang sutra. Karena memiliki komposisi sutra, kain ini menimbulkan efek kilau yang soft namun tetap elegan. Kain ini sering jadi pilihan untuk membuat pakaian acara formal maupun pernikahan seperti dress, rok, dan lainnya..

  • Organza Mutiara

Kain Organza Mutiara ini biasanya terbuat dari bahan polyester atau sutra. Bedanya dengan Organza yang biasa yaitu kain Organza Mutiara ini punya aksen mutiara yang sudah menempel pada permukaan kainnya. Warna mutiara  sintetis yang digunakan akan mengikuti warna dasar kainnya dan sudah ditembak sehingga tidak mudah copot.

  • Shot Organza

Kain Shot Organza adalah jenis kain Organza  yang memiliki perpaduan dua warna yang  berbeda. Perbedaan warna ini disebabkan oleh penggunaan dua warna benang pada bagian lusi dan pakan mesin tenun yang berbeda.

  • Organza Glitter

Kain Organza Glitter memiliki ciri khas yang sangat unik yaitu kainnya yang lebih berkilau dan sedikit terlihat lebih  transparan. Kain ini umumnya terbuat dari Polyester.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa itu kain Organza beserta dengan jenis-jenis kainnya? Memang kain Organza ini tidak tersedia di Knitto Textiles untuk saat ini tapi semoga artikel ini membantu Knittopreneurs ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya Knittopreneurs.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035