Mengenal Serat Alami dalam Kain

0

BELI SEKARANG

Serat alami atau natural fibers merupakan salah satu serat yang paling umum dijadikan sebagai bahan utama kain. Serat alami merupakan serat yang diperoleh dari alam, dapat berasal dari tumbuhan, binatang, maupun mineral. Serat ini merupakan serat yang paling sering ditemukan dalam benda-benda keseharian. Serat alami dibagi menjadi 3 kategori yaitu serat selulosa, serat protein, dan serat mineral. Berikut perbedaan antara ketiga jenis serat alami:

Jenis-Jenis Serat Alami

Mengenal Serat Alami dalam Kain 1

  1. Serat Selulosa

Serat selulosa merupakan serat yang berasal dari tumbuhan. Ciri utama yang terbuat dari serat selulosa adalah mudah menyerap air dan bila dibakar kain tersebut akan habis menjadi abu. Serat selulosa dapat dibuat dari serat batang, daun, biji, dan buah dari tumbuhannya. Contoh serat yang terbuat dari serat batang adalah linen yang berasal dari tumbuhan flax, sedangkan serat selulosa yang terbuat dari serat daun adalah Abaca. Serat selulosa yang berasal dari biji biasanya diambil dari tumbuhan kapuk dan tumbuhan kapas yang menghasilkan kain katun. Walaupun jarang dijumpai, salah satu hasil dari serat selulosa buah adalah coir atau serat yang terbuat dari sabut kelapa.

 

Mengenal Serat Alami dalam Kain 2

2. Serat Protein

Serat protein merupakan serat yang berasal dari binatang atau serangga. Serat protein mengandung kimia protein. Serat protein dapat berbentuk serat sutra, serat wol, dan serat protein lainnya. Ciri serat protein adalah lebih menyerap air dibanding serat selulosa dan jika terbakar apinya akan merambat. Serat sutra berasal dari serangga Lepidoptera yang masih berbentuk ulat yang membuat kepompong. Serat wol berasal dari binatang biri-biri, menghasilkan berbagai macam serat sesuai klasifikasinya. Serat protein lainnya dapat berasal dari kelinci (angora), kuda (horsehair), kambing (mohair, cashmere, dan lainnya), dan unta (vicuna, alpaca, guanaco, dan lainnya)

 

3. Serat Mineral

Serat mineral umumnya terbuat dari serat asbes atau asbestos. Ciri serat mineral adalah tidak mudah terbakar. Kini serat mineral sudah tidak digunakan lagi sebagai bahan pembuatan karena dapat membahayakan kesehatan. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat,

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat,

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*