Pentingnya Berolahraga Menggunakan Pakaian Olahraga

0
5/5 - Vote count: 11 votes

Tak sedikit masyarakat berpikir pakaian olahraga memberi pengaruh ketika berolahraga. Bahkan ada yang beranggapan bahwa pakaian yang dikenakan ketika olahraga tidak terlalu penting.

Tapi tahukah Anda, bahwa ternyata pakaian olahraga memberikan dampak lho ketika kita berolahraga. Meski terkesan sepele, ternyata memakai pakaian olahraga yang tepat pada saat berolahraga dapat memberikan manfaat bagi kita. Apa saja manfaatnya? Simak dibawah ini.

Pakaian Olahraga

Manfaat Memakai Pakaian Khusus Olahraga

  1. Menyerap Keringat Lebih Baik

Memakai pakaian olahraga yang tepat dapat membantu agar keringat mudah terserap. Ketika keringat tidak terserap dengan baik, keringat yang dikeluarkan ketika berolahraga dapat berpotensi bercampur dengan bakteri dan menimbulkan bau tak sedap.

Bakteri yang bercampur keringat juga berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit seperti infeksi jamur, kemerahan, ruam-ruam, jerawat, dan iritasi lainnya  

2. Membantu Sirkulasi Udara

Dengan memakai pakaian olahraga yang tepat dapat membantu sirkulasi udara pada saat olahraga. Ketika udara panas yang dihasilkan selama olahraga terjebak di dalam tubuh karena sirkulasi udara yang kurang baik dapat menyebabkan rasa gerah ketika olahraga berlangsung sehingga tidak akan nyaman ketika melakukan aktivitas olahraga.

Selain itu, berolahraga dalam keadaan tubuh gerah atau suhu tinggi dapat membuat tubuh lebih mudah letih sehingga olahraga menjadi kurang maksimal.

3. Membuat Gerak Lebih Leluasa

Memakai pakaian yang tepat pada saat berolahraga dapat membantu sang pengguna bergerak lebih nyaman dan leluasa. Pemilihan bahan yang tepat pada pakaian olahraga juga dapat membuat olahraga lebih efisien dan maksimal. Memakai pakaian yang sesuai juga dapat meningkatkan semangat ketika berolahraga.

5. Tidak Mudah Rusak

Menggunakan pakaian yang diperuntukkan untuk olahraga dapat menghindari pakaian dari kerusakan. Tentunya pakaian khusus olahraga didesain khusus diperuntukan untuk berolahraga sehingga pakaian olahraga tidak akan mudah rusak. Menggunakan pakaian yang tidak dikhususkan untuk olahraga dapat berpotensi merusak pakaian tersebut misalnya melar atau pudar. 

Ketat atau Longgar, Mana yang Lebih Tepat?

Beberapa orang beranggapan menggunakan pakaian ketat lebih baik pada saat olahraga dan beberapa orang  beranggapan menggunakan pakaian longgar lebih baik digunakan pada saat olahraga.

Lalu mana ya yang benar, menggunakan pakaian olahraga ketat atau longgar? Sebenarnya, Anda dapat menyesuaikan sesuai preferensi Anda sendiri, namun hindari pakaian yang terlalu ketat yang dimana dapat menghambat laju peredaran darah sehingga menimbulkan kesemutan, mengalami keram dan lainnya. Pakaian yang terlalu ketat juga tidak akan nyaman ketika dipakai.

Pakaian yang terlalu longgar juga tidak cocok digunakan sebagai pakaian olahraga. Hal ini dikarenakan dengan adanya kemungkinan gangguan bergerak ketika berolahraga sehingga menyebabkan aktivitas olahraga tidak menjadi maksimal. Dalam memilih pakaian olahraga, yang terpenting adalah memilih bahannya yang mudah menyerap keringat.

Rekomendasi Kain untuk Pakaian Olahraga

Pakaian Olahraga

Knitto Textile mempunyai kain yang sangat cocok dijadikan pakaian olahraga. Kain Polyester Activedry Evolt merupakan kain yang sangat cocok digunakan sebagai bahan pakaian olahraga.

Sesuai namanya, kain Polyester Activedry Evolt terbuat dari 100% serat polyester sehingga nyaman digunakan ketika berolahraga, bahannya yang ringan dan mampu menyerap keringat sangat cocok digunakan ketika olahraga, dan bahan ini mudah kering dan lentur sehingga olahraga dapat lebih maksimal.

Terdapat corak evolt yang berbentuk pori-pori yang dapat membantu pelancaran sirkulasi udara sehingga badan tidak akan mudah panas dan merasa gerah. Kain Polyester Activedry Evolt dapat disublimasi dan sablon sehingga cocok untuk Anda yang hendak membuka bisnis pakaian olahraga atau sekedar melengkapi koleksi pakaian olahraga.

Kesimpulan

Jika hendak berolahraga, sebaiknya gunakan pakaian yang memiliki bahan utama mudah menyerap keringat dan berpori. Dengan adanya kemampuan menyerap keringat dan cepat kering dapat menghindari adanya kemungkinan terkena infeksi atau iritasi pada kulit.

Dengan memakai bahan pakaian olahraga yang berpori dapat membantu terjadinya sirkulasi udara yang baik sehingga ketika berolahraga tidak akan mudah merasa gerah dan panas. Usahakan gunakan pakaian yang tidak terlalu ketat dan longgar, Anda dapat menyesuaikan dengan preferensi dan kenyamanan Anda. 

Untuk melihat bahan lainnya yang cocok dan nyaman digunakan sehari-hari, kunjungi website atau toko Knitto Textiles terdekat!

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur