Perbedaan Sablon Polyflex dan Sublimasi

0
Rate this post

Sablon polyflex dan sablon sublimasi merupakan dua teknik sablon yang sering digunakan pada produksi pembuatan pakaian olahraga. Kedua teknik ini tentunya dapat digunakan dalam produksi pembuatan jenis pakaian lainnya seperti kaos dan jaket.

Lalu apa itu sablon polyflex dan sublimasi? Apa perbedaan teknik sablon polyflex dan sublimasi? Simak penjelasan dibawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Sablon Polyflex

Sablon Polyflex merupakan teknik sablon yang menggunakan media atau bahan seperti stiker dan vinyl yang kemudian melewati proses cutting dan akan di press dengan mesin press agar melekat dengan permukaan pakaian atau kaos.

Jenis sablon ini mungkin masih jarang digunakan, namun umumnya sablon polyflex ini kerap digunakan pada kaos olahraga seperti untuk sablon nomor punggung sampai logo klub.

Jenis sablon ini tidak menggunakan screen seperti teknik sablon manual.  Sablon polyflex ini memiliki ciri khas hasil sablonnya yang cukup elastis dan warnanya yang solid.

kelebihan dari sablon polyflex ini adalah hasilnya yang tajam dan solid, hasilnya yang melekat kuat dengan permukaan kain, tidak mudah pecah, dan tidak mudah pudar sehingga hasil sablon tahan lama dan awet. 

Sublimasi

Proses Pembuatan Sablon Polyflex

Semua teknik sablon tentunya mempunyai proses pembuatan. Berikut adalah proses tahapan pembuatan sablon polyflex:

  1. Siapkan Desain dan Cetak

Siapkan desain yang akan dicetak dan dijadikan sablon polyflex. Print desain yang sudah ditentukan  (dalam bentuk file yang sudah di mirror) dan cetak menggunakan mesin print cutting.

2. Bersihkan Hasil Desain yang Sudah Dicetak

Setelah dicetak, cabuti bagian polyflex yang tidak termasuk desain hingga tersisa bagian desain yang sudah dibuat di awal.

3. Tempel dan Press Sablon Polyflex

Tempel sablon polyflex yang sudah dibersihkan pada permukaan pakaian atau kaos. Ketika sudah ditempelkan, press menggunakan mesin press dalam suhu panas yang sudah ditentukan. Bila sudah selesai diproses, cabut pelapis bagian luar dan sablon polyflex sudah jadi.

Cara Merawat Sablon Polyflex

Sablon polyflex memang memiliki elastisitas dan karakteristik yang tidak mudah pecah. Namun tetap saja, walau hasil sablon polyflex tidak mudah rusak perlu juga perawatan sehingga sablon polyflex awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Berikut beberapa tips untuk merawat sablon polyflex:

  1. Hindari mencuci menggunakan mesin cuci yang terus menerus. Hal ini dapat menyebabkan menurunnya kualitas dan kelenturan sablon polyflex dan kerekatan sablon polyflex pada permukaan pakaian atau kaos. Pencucian menggunakan tangan atau manual lebih dianjurkan agar sablon polyflex lebih terjaga kualitasnya dan tahan lama. Hindari penyikatan ketika menggunakan teknik pencucian manual  karena dapat merusak tekstur dan kualitas sablon polyflex.
  2. Hindari merendam pakaian atau kaos yang menggunakan sablon polyflex. Merendam terlalu lama dapat mempengaruhi kualitas kelekatan sablon polyflex pada permukaan pakaian atau kaos tersebut. Hindari juga penggunaan pemutih karena dapat merusak sablon polyflex. Bila diharuskan untuk merendam, hindari merendam dalam waktu yang lama.
  3. Perhatikan ketika menjemur pakaian atau kaos yang terdapat sablon polyflex. Memeras pakaian atau kaos yang terdapat sablon polyflex dapat mengakibatkan sablon polyflex tersebut menjadi pecah dan mengelupas.
  4. Perhatikan suhu ketika menjemur dan melicin pakaian atau kaos yang terdapat sablon polyflex. Ketika sablon polyflex terkena suhu yang terlalu panas dapat merusak sablon seperti sablon menjadi leleh atau pecah-pecah.

Sublimasi

Sablon Sublimasi

Sablon sublimasi adalah sebuah teknik sablon yang menggunakan teknik printing digital. Sama seperti sablon polyflex, sablon sublimasi juga tidak menggunakan screen pada prosesnya. Proses pembuatan sablon sublimasi terbilang lebih cepat dibanding sablon manual, sehingga cocok untuk produksi pakaian atau kaos dalam waktu cepat dan kuantiti yang banyak.

Sablon sublimasi dapat digunakan untuk membuat pakaian atau kaos full print karena medianya yang besar dan luas. Sablon sublimasi memiliki kelebihan yaitu dapat mencetak gambar dengan gradasi warna, tidak mudah luntur, dan hasilnya tajam dan cerah.

Sablon sublimasi menghasilkan kualitas yang sangat baik dan tahan lama, namun sayang sablon sublimasi hanya dapat diterapkan pada kain berbahan serat polyester saja yang memiliki warna dasar putih atau cerah. Bila ingin melakukan sablon sublim pada kain katun, kain tersebut wajib diberi cairan pre-treatment terlebih dahulu.

Proses Pembuatan Sablon Sublim

  1. Siapkan Desain dan Print

Siapkan desain yang ingin dipakai menggunakan teknik sublim. Jika desain sudah tersedia, print desain tersebut yang sudah di mirror  pada kertas khusus sublim menggunakan tinta sublim.

2. Letakkan Desain pada Kaos dan Press

Letakkan desain diatas pakaian atau kaos yang sudah tersedia, lalu press menggunakan mesin press sablon dalam suhu dan waktu yang sudah ditentukan.

3. Lepas Kertas Perlahan

Jika sudah melewati proses pengepresan, lepas kertas pelindung secara perlahan. Sablon sublim sudah selesai dan siap digunakan.

Cara Merawat Sablon Sublimasi

Sebenarnya, sablon sublim bersifat permanen dan tidak mudah luntur. Hasil sablon sublim cukup tahan lama, biasanya mengikuti umur dari pakaian atau kaos itu sendiri. Namun tidak ada salahnya untuk merawat pakaian atau kaos yang menggunakan sablon sublimasi.

Proses perawatan dapat berupa memperhatikan penggunaan mesin cuci saat pencucian, memperhatikan suhu saat penjemuran dan pelicinan pakaian atau kaos. Dapat juga merawat sablon dengan memperhatikan care label pada pakaian atau kaos tersebut.

Kesimpulan

Sablon polyflex dan sablon sublimasi merupakan salah satu teknik sablon digital. Hal ini dikarenakan prosesnya meliputi penggunaan teknologi digital dan tidak perlu memerlukan screen seperti sablon manual. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Kedua jenis sablon ini umumnya digunakan pada pakaian atau kaos olahraga namun tidak menutup kemungkinan sablon ini dipakai pada pakaian atau kaos non-olahraga. Sablon polyflex cocok untuk menyablon detail-detail seperti nama dan nomor punggung, sedangkan sablon sublimasi lebih universal, contohnya sebagai sablon motif pada pakaian olahraga. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur