Strategi Pemasaran Marketing Mix

0

BELI SEKARANG

Dalam berbisnis, tentu Anda harus menyiapkan strategi pemasaran untuk mendukung laju pertumbuhan bisnis Anda. Terdapat berbagai strategi pemasaran dalam bisnis, salah satunya adalah strategi pemasaran marketing mix. Marketing mix adalah sebuah strategi yang bertujuan untuk mempromosikan barang atau jasa yang ditawarkan. Strategi ini pertama kali diperkenalkan oleh Neil Borden atas gagasan James Cullington. Awalnya marketing mix memiliki komponen 4P, namun seiring berjalannya waktu ditambahkan komponennya menjadi 7P. Berikut penjelasan komponen-komponen strategi marketing mix:

Komponen-Komponen Strategi Marketing Mix

Strategi Pemasaran Marketing Mix 1

  1. Product 

Komponen yang pertama adalah produk. Sudah tidak aneh dan asing lagi kalau produk merupakan hal yang terpenting dalam berbisnis. Pastikan produk atau jasa yang Anda pasarkan dibutuhkan oleh pasar. Untuk menambah daya saing, pastikan produk Anda berkualitas dan beda dari yang lain.

2. Price

Komponen yang kedua adalah harga. Pastikan kualitas produk yang dijual sesuai dengan harga yang dipatok. Harga standar dapat membuat konsumen lebih banyak membeli produk Anda, sedangkan harga tinggi membuat image bisnis Anda eksklusif. Anda dapat mematok harga dengan berdasarkan Anda.

3. Place

Komponen ketiga adalah tempat. Tempat dimana Anda akan memasarkan produk sangat berdampak dengan sales. Tempat pemasaran dapat berupa online dan offline. Pastikan tempat atau platform sesuai dengan produk atau jasa yang Anda pasarkan.

4. Promotions

Komponen keempat adalah promosi. Promosi bertujuan agar bisnis Anda dikenal dan lebih diminati oleh Anda. Promosi dapat dalam bentuk berbagai hal, mulai dari pemasangan iklan di tv, brosur, sosial media sampai membuat bazar atau pameran. 

5. People

Komponen kelima adalah Sumber Daya Manusia atau SDM. SDM sangat berpengaruh pada image brand Anda. Penting untuk memilih SDM yang loyal dan memiliki motivasi yang tinggi untuk bekerja. Attitude atau perilaku SDM juga sangat penting, bila SDM memiliki sikap perilaku profesional, sopan, baik bisnis Anda juga dapat terlihat profesional.

6. Process

Komponen keenam adalah proses. Proses yang dimaksud adalah proses pelayanan dan transaksi terhadap konsumen pada saat membeli produk atau jasa dari bisnis Anda. Pastikan konsumen Anda puas dengan pelayanan yang diberikan. Anda juga dapat membuat survey kepuasan pelanggan untuk mengetahui kepuasan konsumen.

7. Physical Evidence

Komponen terakhir adalah bukti fisik bisnis. Contoh dari bukti fisik adalah misalnya stand, toko, dan kios. Bila Anda berjualan secara daring atau online, bukti fisik dapat berupa sosial media brand, website, packaging, dan brosur.

Kesimpulan

Marketing mix ini berfungsi agar bisnis dapat bersaing dan berkembang dalam pasar. Dengan adanya strategi marketing mix, Anda dapat memperkuat bisnis Anda dan mempermudah melewati krisis dan ancaman terhadap bisnis Anda. Semoga dengan penjelasan marketing mix ini dapat membantu Anda untuk berbisnis dengan lebih baik lagi. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat,

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat,

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*