7 Jenis Bahan Kaos Polos Yang Sering Digunakan

0

BELI SEKARANG

Jenis Bahan Kaos Polos Yang Sering Digunakan – Pentingnya memilih kaos polos sebagai yang paling sering dipakai sehari-hari. Kaos polos selain nyaman pun diketahui sangat mudah dipadukan dengan berbagai jenis pakaian lain.

Jenis Bahan Kaos Polos

Namun karena tidak bercorak alias bahannya yang polos membuat kaos polos menjadi netral jika digabungkan dengan bawahan dan luaran yang bercorak. 

Pada kesempatan kali ini minto akan memberikan rekomendasi bahan kaos polos yang sering digunakan pada zaman sekarang ini :

  • Jenis Bahan Kaos Polos Cotton Combed

Bahan Kaos Cotton Combed adalah salah satu bahan dasar untuk kaos yang memang menjadi favorit para produsen kaos. Terbukti dengan banyaknya bisnis-bisnis clothing yang masih tetap menggunakan jenis bahan ini sampai saat ini.

Cotton Combed adalah bahan baku untuk kaos atau jenis lainnya yang komposisi kainnya dibuat dari 100% serat cotton. Nama bahan kaos ini diambil dari mesin proses pembuatan kainnya, yaitu mesin Combing. Untuk membuat bahan Cotton Combed, serat kapas diolah dan diproses pada mesin Combing untuk disisir dan dibuang biji atau kotoran kapasnya sehingga bahan ini menjadi lebih lembut dan halus. 

Karakteristik dari kain Cotton Combed memang sangat bagus untuk bahan kaos, selain lembut dan halus, bahan Combed ini terasa jatuh dan tidak kaku, cukup elastis dan daya serap dari bahan ini juga baik secara dibuat dari 100% serat kapas sehingga sudah pasti penyerapannya bagus, yang paling terpenting dari adalah kenyamanan bahannya saat digunakan.

sebenarnya tidak hanya mempunyai 1 jenis bahan saja, karena di pasaran sana Anda bisa menemukan beberapa jenis bahan Cotton Combed seperti Cotton Combed 20s, Cotton Combed 24s, Cotton Combed 30s, Cotton Combed 32s dan Cotton Combed 40s. Tetapi di kami menyediakan 3 jenis Cotton Combed yaitu Combed 20s, 24s dan 30s. Apa bedanya? Perbedaannya terletak pada ketebalan kainnya, dari setiap jenis Cotton Combed dan angka yang tertera di belakangnya itu mempunyai perbedaan ketebalan, ada yang tebal dan ada yang tipis.

  • Jenis Bahan Kaos Polos Cotton Bamboo

Bamboo merupakan bahan yang dibuat dari campuran serat cotton dan serat bamboo, persentase antara campuran kedua bahan ini bisa bermacam-macam, tetapi di Knitto Textiles persentase yang digunakan adalah 30% serat cotton dan 70% serat bamboo. 

Karakteristik dari bahan Cotton Bamboo yaitu kainnya sangat lembut dan halus dan adem. Menurut beberapa sumber pada tahun 2001 Universitas Beijing terakreditasi sebagai institusi pertama yang berhasil mengubah bambu menjadi kain. Dan hingga saat ini bahan Cotton Bamboo semakin populer sebagai bahan kaos yang berkualitas sangat baik.

Apa perbedaan Cotton Bamboo dengan kain Cotton Biasa? Bamboo mempunyai daya serap yang lebih baik dibandingkan dengan jenis kain Cotton biasa. Karena Bamboo juga dapat menyerap air tiga kali lebih banyak dan juga mampu menghilangkan kelembapan lebih cepat.

Dalam proses pembuatan kain Cotton Bamboo, kurang lebih melewati beberapa proses seperti pemanenan tanaman bambu terlebih dahulu, lalu diproses hingga menjadi serat, dipintal menjadi benang sampai akhirnya dirajut menjadi kain Cotton Bamboo.

  • Jenis Bahan Kaos Polos Cotton Modal

Bahan Kaos TENCEL™ Modal Blended with Cotton adalah bahan kaos yang juga dibuat dari bahan campuran serat cotton dan serat kayu (beechwood), yang mana persentase campuran yang digunakan oleh beberapa produsen pun bisa berbeda-beda. Knitto Textiles menggunakan campuran untuk Cotton Modal sebesar 50%-50%.

Cotton Modal pertama kali dikembangkan di Jepang pada tahun 1951, dan pada tahun 1964 sebuah perusahaan di Austria lah yang memulai memasarkan bahan Cotton Modal ini. Karakteristik dari bahan Cotton Modal ini sebenarnya hampir sama dengan Cotton Bamboo, karena kainnya pun sangat lembut, halus adem dan mempunyai daya serap yang baik. Tapi ada satu kelebihan pada kain Cotton Modal yang tidak dimiliki Cotton Bamboo yaitu permukaan kain yang berkilau terutama jika terkena sinar matahari, sehingga memberikan kesan yang lebih elegan.

Dari penjelasan masing-masing bahan diatas, sebenarnya sudah tergambarkan bahwa kain Cotton Modal dan Cotton Bamboo bukanlah jenis bahan Cotton biasa-biasa karena bahan dasar yang digunakan pun tidak biasa. 

Untuk meyakinkan Anda sebelum menggunakan kedua bahan premium yang sudah tersedia di toko kami ini, mari kita simak apa saja alasan yang membuat Anda harus menggunakan kedua bahan ini sebagai bahan dasar untuk kaos Anda.

  • Jenis Bahan Kaos Polos US Pima Cotton

Bahan Kaos U.S Pima Cotton merupakan kain yang terbuat dari 100% serat kapas langka. Serat kapas langka tersebut berasal dari Amerika dan hanya diproduksi sebanyak 1% dari jumlah produksi kapas dunia. Serat dari kapas langka ini lebih panjang dan lebih kuat daripada serat kapas biasa.

Karena komposisinya yang premium ini, kain Cotton U.S Pima masuk dalam jajaran kain premium Knitto Textiles. Kain Cotton U.S Pima ini memiliki sejumlah kelebihan yaitu teksturnya lebih halus dan lembut dibanding Cotton Combed, kainnya lebih elastis dan berbahan premium, daya serap sangat baik, sejuk dipakai, dan serat lebih panjang dan kuat sehingga awet.

Kain Cotton U.S Pima Knitto Textiles tersedia dalam 3 varian warna dan 1 jenis ketebalan 30s.

  • Jenis Bahan Kaos Polos Combed Stripes

Bahan Kaos Combed Stripes merupakan yang memiliki motif garis-garis. Kain Cotton Combed Stripes mampu menyerap keringat, sejuk saat dipakai, memiliki tekstur halus dan lembut di kulit. Kain ini umumnya digunakan sebagai bahan kaos dan dapat melewati proses sablon.

Kain Cotton Combed Stripes memiliki ciri khas motif kombinasi 2 warna pada satu kain dengan bentuk garis vertikal dengan ukuran lebar stripes 0.8 cm x  0.8 cm (Type 1), 1.1 cm x 0.5 cm (Type 2), 1.1 cm x 1.1 cm (Type 3).

  • Jenis Bahan Kaos Polos Combed Enzyme

Bahan Kaos Combed Enzyme merupakan yang melewati proses pencucian enzyme yang menggunakan protein alami (enzim).

Enzim yang digunakan merupakan enzim  yang dapat terurai secara hayati.

Proses enzyme wash bertujuan membuat kain lebih halus dan lembut, terlihat lebih licin dan mempunyai bulu yang lebih minim.

  • Jenis Bahan Kaos Polos Cotton Carded

Bahan Kaos Carded adalah jenis kain yang menggunakan benang carded dan komposisi nya pun sama yaitu 100% cotton atau kapas. Berbeda dengan Combed, untuk mendapatkan benang Carded, kapas diolah melalui proses Carding atau digaruk menggunakan mesin carding.

Pengambilan nama Carded pun sama-sama diambil dari nama mesin pembuat nya yaitu mesin Carding

Hasil kain yang menggunakan benang carded berbeda dengan combed, perbedaan nya adalah kain cenderung lebih kasar, memiliki bintik putih, cenderung lebih berbulu dan berbiji.

Dari segi kualitas, memang kain Carded di bawah kain Combed dan juga harganya lebih murah. 

Apakah bahan Carded bagus jika dijadikan bahan dasar untuk kaos? Pertanyaan ini cukup sering kami dapatkan dari teman-teman Knitto yang baru mau menggunakan bahan Carded sebagai bahan untuk memproduksi kaosnya. 

Menurut kami bahan Cotton Carded tetap bagus jika digunakan sebagai bahan kaos, tetapi memang jika anda mengharapkan kualitas yang setara dengan standar kaos distro, sudah pasti jawabannya bukanlah kain Cotton Carded, akan tetapi anda harus menggunakan bahan lain salah satunya adalah Cotton Combed.

Saat ini di Knitto sendiri tersedia kain Cotton Carded dengan ketebalan 30s, gramasi 140-150 gsm dan lebar kainnya 42”. Selain Cotton Carded 30s, kami juga menyediakan varian lain dari kain Cotton Carded yaitu ketebalan 24s.

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : info@knitto.co.id

YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*