8 Alat Sablon Kaos Digital Yang Dibutuhkan Untuk Bisnis Sablon Kaos

0

8 Alat Sablon Kaos Digital Yang Dibutuhkan Untuk Bisnis Sablon Kaos – Sablon sebuah teknik yang digunakan untuk mencetak gambar atau tulisan, dengan tujuan untuk mempercantik kaos atau jenis lainnya. Teknik sablon saat ini sudah sangat berkembang, dahulu kita mengenal sablon ini hanya dengan teknik manual atau istilahnya dengan cara “digesut”, membutuhkan tenaga manusia dan skill khusus untuk mengerjakannya. 

Seiring berjalannya waktu proses mencetak gambar dengan teknik sablon juga mengalami perubahan dan kemajuan dengan munculnya teknik Sablon Digital. Sablon digital adalah teknik pencetakan gambar atau tulisan langsung pada kaos dengan menggunakan printer yang jenisnya semakin banyak dan berbeda-beda.

Untuk mencetak sablon digital salah satunya dengan teknik DTG kira-kira alat sablon digital yang dibutuhkan apa saja ya? Berikut ini penjelasannya.

 Alat Sablon Kaos Digital Yang Dibutuhkan

  1. Mesin Cetak DTG

Alat sablon kaos digital yang pertama yang harus kamu sediakan adalah mesin DTG yang berbentuk printer yang cara kerjanya sebenarnya hampir sama dengan mesin printer pada umumnya, hanya saja media cetaknya yang nanti akan berbeda, bukan kertas melainkan kain atau kaos.

Dibutuhkan juga software pada komputer agar bisa mencetak desain pada kaos yang sudah terhubung pada printer nya. Software yang bisa digunakan antara lain, Coreldraw atau Photoshop.

  1. Hotgun 

Selanjutnya adalah yang penting dalam proses sablon digital ialah hotgun ini yang fungsinya sebagai alat pengering sablon. Digunakannya alat sablon ini bertujuan agar proses sablon lebih cepat dengan cara memanaskannya, alat ini digunakan saat kaos yang sudah dicetak dan akan di press menggunakan mesin press.

Hotgun ini bisa dibilang cara kerjanya hampir sama dengan hair dryer yg mengeluarkan uap panas untuk mengeringkan rambut.

  1. Kompresor

Alat kompresor ini digunakan sebelum kaos polos diletakkan di mesin DTG untuk dicetak, fungsi dari alat ini untuk merapatkan pori-pori kaos sehingga nantinya tinta sablon akan menempel dengan baik serta tidak mudah lepas.

Kompresor juga bisa dipakai untuk menyemprotkan cairan epoxy pada kaos sebelum masuk ke mesin press supaya hasil sablon akan menempel lebih kuat serta tahan lama.

  1. Kertas Teflon

Alat sablon kaos digital yang ini digunakan sebagai lapisan area kaos yang nantinya akan disablon, alat ini disebut kertas teflon. 

Kenapa area kaosnya harus dilindungi? Karena ketika kaos sudah selesai di cetak pada mesin printer, akan dilanjutkan untuk dipress pada mesin press, nah untuk melindungi sablonan dari panasnya mesin press maka digunakanlah kertas teflon ini.

  1. Mesin Press Kaos dan Desain DTG

Mesin press kaos ini akan menekan kaos sambil menyebarkan suhu panas pada area kaos sehingga tinta sablon akan lebih cepat mengering serta menempel dengan sempurna di kaos.

Seperti yang sudah kami jelaskan, sebelum kaos di press pada mesin press ini, maka biasanya kaos yang telah dicetak sablon menggunakan printer DTG akan dikeringkan memakai alat hot gun, disemprot cairan epoxy memakai kompresor, serta dilapisi kertas teflon pada area sablon yg akan di press.

  1. Tinta, Cartridge, dan Cairan Pembersih (Head Cleaner)

Selayaknya printer pada umumnya, mesin DTG juga membutuhkan tinta sablon dan cartridge yang ada di dalam mesinnya, dan kamu juga wajib mempunyai cairan pembersih untuk bagian kepala printernya terutama jika mesin printer ini rutin digunakan atau setiap hari, kamu wajib punya head cleaner.

Usahakan untuk membersihkan kepala printer secara rutin dan jangan menunggu mesin bermasalah dulu baru kamu membersihkan atau melakukan service pada mesin. Akan banyak biaya yang keluar jika kamu menunggu sampai mesin rusak, spare part dan servis mesin DTG itu masih terbilang mahal loh.

  1. Komputer atau Laptop

Proses sablon DTG ini konsepnya hampir sama dengan printing kertas, sehingga kamu membutuhkan komputer atau laptop yang spesifikasinya pun perlu kamu perhatikan agar proses printing nya lancar dan anti lemot.

Sediakan laptop atau komputer yang kualitasnya bagus dan space penyimpanannya cukup besar, karena bisa jadi file atau data desainnya besar.

  1. Kaos

Hal yang terakhir yang harus kamu siapkan sebagai alat sablon kaos digital ya tentu kaos polosnya sendiri sebagai material cetak dari desain yang sudah disiapkan. Kaos yang harus kamu siapkan atau kamu sediakan juga harus menyesuaikan dengan desain dan juga warna tinta ya, jangan sembarangan.

Penggunaan bahan dasar kaos juga harus kamu perhatikan ya, tidak bisa sembarangan kamu menggunakan jenis bahan dasar kaos. Sablon DTG sangat tidak disarankan untuk digunakan pada bahan kanvas atau woll, sablon digital ini akan sangat bekerja jika media cetaknya menggunakan kaos dengan bahan katun seperti katun Combed.

Karena kain mempunyai permukaan yang bagus dan rata, tekstur kainnya lembut dan halus, maka akan lebih mudah tinta menyerap pada kaos dan proses pengerjaannya pun lebih cepat. 

Jadi media cetak untuk sablon digital pun harus sangat kamu perhatikan ya, tidak bisa kamu gunakan asal-asalan. Selain kamu juga bisa menggunakan jenis kain dengan bahan dasar lainnya.

“Lalu apakah alat dan bahan di atas juga sama jika menggunakan teknik sablon DTF?” 

Sebenarnya jika kamu menggunakan teknik sablon DTF tentu akan ada alat dan bahan yang berbeda yang harus kamu siapkan seperti Transfer Paper untuk mencetak gambar pada kaos, adhesive powder atau bubuk lem sablon yang membantu melekatkan gambar ke material kaos, jadi ada beberapa bahan tambahan yang harus kamu siapkan.

Maka dari itu sebelum membeli alat sablon kaos digital, kamu juga harus mengenali terlebih dahulu digital apa yang akan kamu gunakan, karena sablon digital tidak hanya satu jenis saja, selain itu material tinta yang digunakan juga pasti berbeda-beda.

Ada baiknya kamu bertanya-tanya terlebih dahulu atau mempelajari tentang berbagai macam baik sablon digital maupun sablon manual, agar tidak salah saat membeli alatnya terutama alat sablon kaos digital.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu ya, dan kami tidak bosan mengingatkan untuk selalu menggunakan bahan kaos dari terutama untuk kaos-kaos sablon digital. Karena bahan dari toko kami mempunyai kualitas yang baik tidak hanya untuk kaos polos saja, untuk kaos sablon pun sangat cocok.

BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini