Tips Cara Merawat Kaos Sablon Tahan Lama

0
Rate this post

Tips Cara Merawat Kaos Sablon Tahan Lama – Dari semua kaos yang kamu miliki apakah salah satu diantaranya merupakan kaos sablon? Pasti kesal rasanya kalau menemukan kaos sablon kesukaan kamu rusak hanya karena kesalahan kecil pada saat proses mencucinya.

Tips Cara Merawat Kaos Sablon Tahan Lama

Maka dari itu, agar kaos sablon kesayangan kamu tidak rusak, kamu bisa coba ikuti tips cara merawat kaos sablon tahan lama seperti berikut ini. 

Cara merawat kaos sablon tahan lama yang pertama adalah dengan memisahkan kaos sablon kamu dengan jenis pakaian lainnya. Kesalahan terbesar pada saat merawat kaos yang mempunyai sablonan di bagian permukaannya adalah ketika dicuci kaos digabung dengan pakaian lain terutama pakaian yang berbahan keras dan kasar, contohnya seperti celana denim.

Sebaiknya cuci kaos terpisah, untuk menjaga kaos tetap aman. Bukan hanya sablonan nya yang akan tetap terjaga dengan baik, bentuk kaos juga akan tetap sama, bagian leher tetap aman tidak melar atau jadi terlihat lusuh efek dari tarikan antara pakaian saat dicuci.

  • Merendam Kaos Dengan Waktu Yang Tepat

Untuk memudahkan proses mencuci, biasanya kaos akan direndam terlebih dahulu menggunakan deterjen dengan tujuan agar noda atau kotoran yang ada pada kaos bisa hilang dengan sempurna. Tetapi banyak yang berpikir jika kaos direndam dengan waktu yang lama pasti kotoran nya akan semakin mudah untuk dihilangkan dan kaos semakin bersih. 

Faktanya, kaos yang direndam dengan waktu yang lama justru akan merusak kaos secara perlahan, terutama kaos yang mempunyai sablonan. Sablon akan cepat rusak, warna dari kaos pun pasti akan cepat pudar. Maka dari itu rendam kaos sablon jangan terlalu lama ya, cukup 10-15 menit. Hal ini untuk menjaga sablonan tetap aman dan tidak rusak.  

Selain merendam kaos dengan waktu yang lama, coba hindari juga penggunaan deterjen yang terlalu banyak. Orang-orang berpikir jika semakin lama merendam kaos dengan penggunaan deterjen yang banyak akan membuat kaos menjadi semakin bersih.

Kenyataannya, hal yang berlebihan ini yang akan membuat kaos menjadi cepat rusak. Merendam terlalu lama membuat sablonan cepat mengelupas. Penggunaan deterjen terlalu banyak akan meninggalkan residu deterjen pada kaos dan akan sulit untuk dibilas. Jadi rendam dengan waktu yang pas dan gunakan deterjen secukupnya.

  • Langsung Bersihkan Kaos Jika Terdapat Noda

Kaos memang pakaian yang nyaman untuk digunakan dalam berbagai situasi dan kondisi, untuk jalan-jalan, untuk bersantai di rumah, dan kegiatan lainnya. Mungkin pada saat kita sedang beraktivitas, tanpa sengaja ada noda yang menempel pada kaos dan membuat kaos menjadi kotor. Jika terdapat noda pada kaos sablon kamu maka segeralah bersihkan.

Jangan sampai kamu menunda untuk membersihkan noda tersebut karena semakin ditunda maka noda akan semakin sulit untuk hilang dan terpaksa harus disikat agar bersih. 

  • Jangan Sikat Kaos

Salah satu rules agar sablonan tidak mengelupas atau rusak adalah ketika kaos dibersihkan jangan sampai di sikat, tapi jika noda yang ada di kaos hanya bisa dibersihkan oleh sikat karena sudah menempel agak lama, bagaimana? Mau tidak mau kamu harus menyikat kaos, dan tidak menutup kemungkinan sablonnya menjadi cepat mengelupas, dan kaos akan rusak.

Satu lagi, jika terdapat noda pada kaos putih pun jangan gunakan pemutih untuk membersihkannya, gunakan pemutih alami agar lebih aman.

  • Cuci Kaos Dengan Cara Manual 

Saran agar kaos sablon yang kamu miliki tidak cepat rusak adalah cuci kaos dengan cara manual atau dikucek menggunakan tangan, dan usahakan untuk tidak mencuci kaos dengan menggunakan mesin cuci.

Tekstur kain kaos yang sangat lembut, membuat kita harus berhati-hati saat mencuci, terutama jika kaosnya mempunyai sablon di beberapa bagian kaos. Jika dengan sikat saja sudah bisa merusak kaos kamu, apalagi jika kamu mencuci kaosnya dengan mesin cuci kan? 

Mencuci kaos dengan mesin cuci akan membuat kaos dan sablon nya cepat sekali rusak, karena putaran pada mesin cuci yang kencang akan membuat kaos juga menjadi cepat terlihat lusuh, dan sablonan mengelupas. Jadi cara mencuci kaos yang baik dan paling aman di kucek saja dengan tangan secara perlahan.

Lalu pada saat menjemur kaosnya usahakan untuk membalikan kaos, bagian luarnya jadi berada di dalam, hal ini untuk menjaga warna kaos dan warna sablon agar tidak cepat memudar warnanya.

Juga usahakan untuk menjemur kaos di area yang tidak tersorot sinar matahari secara langsung, hal ini juga untuk menjaga warna kaos tetap aman. Kaos akan tetap kering hanya dengan diangin-angin saja tanpa harus terpapar langsung sinar matahari.

Semua tips yang sudah kami berikan sebagai cara merawat kaos sablon tahan lama sangat mudah untuk dilakukan bukan? Satu lagi tips tambahan dari kami agar kaos yang kamu beli ini tetap awet dan bisa dipakai dengan jangka waktu yang lama yaitu selalu baca label perawatan yang ada pada kaos.

Dengan selalu memperhatikan label perawatan kamu bisa mengetahui bagaimana instruksi perawatan yang harus dilakukan. Seperti berapa suhu air yang harus digunakan, apakah boleh menggunakan pemutih atau tidak, apakah boleh menggunakan mesin cuci atau harus dicuci manual, apakah boleh dicuci dengan cara dry-clean atau tidak, apakah boleh menggunakan pengering atau tidak, dan berbagai instruksi lainnya yang pasti sudah disesuaikan dengan jenis pakaiannya.

Perlu kamu ingat salah satu kunci agar kaos sablon bisa tahan lama dan tetap awet bukan hanya bahannya yang berkualitas tetapi proses mencuci atau proses perawatannya pun harus kamu perhatikan dengan baik. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis, semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat ya.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur