Apakah Bahan Sablon Manual dan Sablon Digital Sama?

0
Rate this post

Ketika memproduksi kaos sablon, seringkali kita dihadapkan pada dua pilihan sablon, mau menggunakan sablon manual atau sablon digital? Setelahnya, akan ada pilihan lagi jenis sablon mana yang mau kamu gunakan diantara sablon digital dan sablon manual ini? Karena keduanya mempunyai beberapa jenis variasi. Tapi di antara sablon digital dan sablon manual ini apakah keduanya menggunakan jenis bahan sablon yang sama?

Dari jenis sablonnya saja sudah berbeda, sudah pasti bahan sablonnya juga berbeda. Bahan untuk sablon kaos manual tidak bisa digunakan pada sablon digital begitu juga sebaliknya, bahan untuk sablon kaos digital tidak bisa untuk sablon manual.

Lalu bahan sablon baju dengan teknik manual dan digital ini menggunakan apa? Pada artikel ini akan kami coba jelaskan ya. 

Bahan Sablon Kaos Manual

Untuk mencetak gambar atau tulisan menggunakan sablon manual, kamu bisa menggunakan dua jenis bahan sablon seperti Water Based dan Solvent Based atau tinta sablon yang berbasis air dan juga tinta sablon yang berbasis minyak. Masing-masing jenis bahan sablon ini juga mempunyai hasil sablon yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa jenis sablon water based dan solvent based yang biasa digunakan untuk sablon manual.

bahan sablon manual

Tinta Water Based: adalah tinta yang berbahan dasar air yang mana hasil dari sablonnya sangat halus. Sablon water based bisa sangat halus hasilnya karena kemampuan menutupnya sangat rendah alias low coverage. Sehingga kamu bahkan tidak bisa menyentuh hasil pelapisan sablon pada kaos atau media sablonnya. Apa saja jenis tinta sablon yang termasuk kedalam kategori water based?

  • Tinta Rubber: Jenis tinta yang pertama adalah Rubber, tinta sablon ini mempunyai karakteristik seperti karet dan jika ditarik maka akan melar seperti karet pada umumnya. Meskipun karakteristiknya seperti karet tetapi jenis sablon ini berbahan dasar air. 
  • Rubber Transparent: Jenis tinta Rubber ini bisa digunakan dalam proses sablon separasi atau tumpuk 4 warna, karena sifat tintanya yang transparan, jadi lapisan warna yang ada di atas bisa dipengaruhi oleh lapisan warna yang ada di bagian bawah.
  • Tinta Extender: Jenis tinta ini sangat cocok jika digunakan pada kain dengan warna-warna yang cerah atau terang, dan sangat tidak disarankan untuk digunakan pada kain yang berwarna gelap. Karakteristik dari kain ini transparan atau bening, jika coba kamu rasakan hasil sablonannya ini bertekstur halus, karena tinta nya dapat menyerap ke pori-pori kain dengan baik.
  • Tinta Foaming: Tinta yang ini akan menghasilkan efek timbul pada permukaan kaosnya dan juga berbahan dasar air. Karena efek sablonnya juga jenis tintanya maka tinta ini sering disebut dengan nama tinta timbul. Tinta ini dapat mengembang apabila terkena press panas.
  • Tinta Soft White: Tinta Soft White: Biasanya tanda ini digunakan pada kaos untuk menghasilkan efek vintage atau samar. Tinta soft white ini merupakan jenis tinta water based yang sifatnya dapat menyerap pada kain atau kaos. Berbeda dengan rubber yang bisa menutup serat dengan tintanya, tinta soft white ini warnanya tidak akan terlalu timbul. Kamu harus menyesuaikan desain yang kamu punya jika ingin menggunakan jenis tinta ini ya.

Tinta Solvent Based: Tinta solvent based atau tinta yang berbahan dasar minyak. Untuk menggunakan tinta ini dibutuhkan bahan lain untuk mengencerkan tinta agar proses mencetak gambar atau tulisannya lebih mudah. 

  • Tinta Plastisol: Jenis tinta ini merupakan bahan sablon yang berbasis minyak. Karakter dari tinta plastisol ini cukup tebal dan lebih terasa tekstur karetnya dibandingkan dengan sablon Rubber. Tinta sablon plastisol akan lebih baik ketika digunakan untuk mencetak gambar pada kain-kain berwarna gelap dibandingkan dengan sablon rubber. Kualitas tinta plastisol ini sangat baik, kuat dan tidak mudah kering. Sablon yang dihasilkan pun bisa menyerupai atau persis dengan gambar aslinya, efek warna yang Anda dapatkan pun berkualitas baik. 

Bahan Sablon Kaos Digital

Beberapa sablon yang termasuk ke dalam kategori sablon digital juga sekarang ini sudah banyak sekali digunakan oleh para pengusaha kaos, dan juga sablon kaos digital ini lebih banyak digunakan untuk menyablon kaos dengan quantity sedikit bahkan satuan. Lalu jenis sablon digital apa saja yang biasa digunakan ini?

  • Sablon DTG: Sablon DTG atau Direct to Garment dalam pengerjaannya sudah menggunakan mesin dan tidak 100% menggunakan tenaga dan keterampilan manusia karena dalam pengoperasiannya yang cukup mudah. Seperti namanya, untuk mencetak gambar kamu hanya memerlukan alat seperti printer dan mesin press untuk menyempurnakan sablonan. Desain yang sudah kamu siapkan tinggal kamu cetak langsung pada kaos menggunakan printer. 
  • Sablon DTF: Jenis sablon ini mempunyai nama yang hampir sama dengan sablon DTG tetapi perlu kamu tahu, kedua jenis sablon ini berbeda. Sablon DTF memerlukan bantuan transfer paper untuk memindahkan gambar ke media cetaknya seperti kaos, dll. Untuk menggunakan sablon DTF, bahan sablon yang dibutuhkan adalah kertas transfer, adhesive powder atau bubuk lem sablon yang membantu melekatkan gambar ke material kaos, dan mesin press. 
  • Sablon Transfer Paper: adalah jenis sablon transfer paper yang mana hampir sama seperti sablon DTF yaitu membutuhkan transfer paper untuk memindahkan gambar atau tulisan ke kaos. Bedanya, kertas transfer yang digunakan juga bahan sablon transfer paper juga tidak membutuhkan bubuk lem untuk merekatkan gambar ke kaos. Sablon transfer paper hanya membutuhkan mesin press atau setrika untuk menempelkan gambar. 

Baca Juga: Apa Keuntungan Menggunakan Sablon Transfer Paper Untuk Kaos?

Dari semua jenis bahan sablon ini, kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kamu dan tentu saja, bisa kamu sesuaikan dengan budget produksi yang kamu miliki. Jika produksi kamu dalam jumlah yang besar atau produksi massal kamu bisa menggunakan sablon dengan teknik manual seperti Rubber, SuperWhite atau Soft White, Plastisol, Discharge, dll. Tetapi jika kamu ingin memproduksi kaos sablon dengan quantity yang kecil atau bahkan satuan, akan lebih cocok jika menggunakan berbagai jenis sablon digital, karena pasti biaya yang harus kamu keluarkan lebih terjangkau dibandingkan dengan jika kamu menggunakan sablon manual, dan juga sangat jarang ada vendor sablon manual yang bisa menerima produksi dengan quantity yang sedikit, mereka pasti sudah mematok minimal order untuk setiap satu kali produksinya atau satu desain yang akan di cetak. 

Tapi hal yang terpenting adalah apapun jenis sablon yang kamu pilih, jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan kaosnya dari Knitto Textiles saja ya. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur