Ide Memanfaatkan Sisa Potongan Kain Menjadi Reusable Cotton Pads Yang Bermanfaat

0
Reusable Cotton Pads

Memanfaatkan sisa potongan dari produksi pakaian ternyata bisa dibuat menjadi berbagai kerajinan tangan. Mulai dari taplak meja, tas, tatakan gelas, keset, selimut, boneka, sampai ke tutup galon pun bisa dibuat. Pemanfaatan sisa potongan kain ini sebenarnya sudah lama dikerjakan oleh para pengrajin dan jangan salah, meskipun dibuat dari sisa-sisa potongan kain tapi ternyata bisa mendatangkan keuntungan juga. 

Tetapi selain dibuat menjadi berbagai macam kerajinan tangan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada ide lain yang bisa kamu coba untuk memanfaatkan sisa potongan kain, dan jika dilihat dari segi manfaatnya juga cukup besar. Kamu pernah dengar Reusable Pads? Benar sekali, kapas yang bisa digunakan berulang kali, benda ini bisa juga menjadi salah satu ide untuk memanfaatkan sisa potongan kain.

Jadi daripada sisa potongan kain atau limbah produksi kaos kamu dibuang begitu saja lebih baik dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna dan bahkan bisa menghasilkan uang atau ide bisnis baru. 

Apa itu Reusable Cotton Pads?

Reusable Cotton Pads adalah kapas dalam bentuk kain yang bisa digunakan berkali-kali. Reusable Cotton Pads ini biasanya digunakan oleh para perempuan untuk membersihkan make up atau untuk mengaplikasikan produk kecantikan lainnya, yang dengan kata lain fungsi Reusable Cotton Pads ini bisa menggantikan penggunaan kapas sekali pakai. 

reusable Cotton pads

Cotton Pads ini bisa dikatakan sebagai barang yang sangat penting untuk para perempuan, apalagi untuk mereka yang selalu menggunakan make up. Jika dilihat dari tingkat penggunaannya yang tinggi, tidak salah jika kapas untuk kosmetik ini menjadi salah satu penyumbang sampah terbesar saat ini, sama halnya dengan industri fast fashion yang juga menyumbangkan banyak sampah, yang tentu sulit untuk diuraikan dan mencemari lingkungan. 

Maka dari itu untuk menjaga lingkungan agar tetap aman dan juga memanfaatkan sampah atau limbah produksi pakaian dan membuatnya lebih bermanfaat, lahirlah Reusable Cotton Pads

Apakah aman Menggunakan Reusable Cotton Pads?

Menggunakan Reusable Cotton Pads sebagai pengganti kapas sekali pakai ini dinilai aman, asalkan kamu harus rajin untuk membersihkan kapas ini sampai benar-benar bersih agar bisa digunakan lagi dan untuk menjaga kulit kamu agar tetap aman. 

Usahakan untuk tidak menunda mencuci atau membersihkan Cotton Pads ini karena semakin lama noda pada Reusable Cotton Pads ini akan semakin sulit dibersihkan dan kuman akan menempel.

Memanfaatkan Sisa Potongan Kain Menjadi Reusable Cotton Pads

Sebagaimana tujuan dari adanya Reusable Cotton Pads yaitu untuk mengurangi sampah yang dihasilkan dari penggunaan kapas sekali pakai, plastik kemasan, dan lain sebagainya, ketika kita memproduksi pakaian pun sadar atau tidak terdapat limbah produksi setelah produksi tersebut selesai. Limbah tersebut adalah sisa potongan kain yang jika dibuang tentu akan menimbulkan pencemaran lingkungan juga. Maka dari itu untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah produksi garmen, mari kita coba memanfaatkan sisa potongan kain menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat salah satunya adalah menjadi Reusable Cotton Pads. 

Memanfaatkan sisa potongan kain sebenarnya bisa menjadi apa saja, dan sudah banyak juga pengrajin yang membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan hasil limbah kain seperti ini. Tetapi jika kamu buat menjadi suatu produk yang berbeda siapa tau bisa menjadi peluang bisnis baru yang mendatangkan keuntungan. 

Jenis Kain Yang Bisa Digunakan Untuk Membuat Reusable Cotton Pads 

Biasanya Reusable Cotton Pads ini dibuat menggunakan bahan yang bertekstur lembut dan halus, beberapa jenis kain bisa kamu coba untuk membuat produk ini seperti

  • : dibuat dari 100% serat kapas yang alami mempunyai tekstur lembut dan tidak akan membuat kulit iritasi.
  • : dibuat dari 30% serat Cotton dan 70% serat bamboo yang alami dan mempunyai anti-bacterial, anti jamur, anti bau juga mempunyai tekstur yang sangat halus dan lembut. Cocok untuk kulit sensitif.
  • TENCEL™ blended with Cotton: dibuat dari 50% serat TENCEL™ Modal dan 50% serat Cotton yang mempunyai tekstur sangat lembut dan halus, kain ini juga merupakan biodegradable fabric sehingga akan mudah untuk diuraikan oleh alam, sangat aman untuk lingkungan.
  • Cotton Combed Baby Terry: Kain yang mempunyai dua sisi yang berbeda antara bagian luar dan dalamnya akan cocok digunakan karena, perbedaan tekstur kainnya juga bisa digunakan jika membutuhkan Reusable Cotton Pads yang teksturnya berbeda.
  • Cotton Combed Fleece: kain ini sama-sama mempunyai dua sisi permukaan yang berbeda antara bagian dalam dan luarnya, teksturnya yang halus juga lembut akan cocok digunakan untuk bahan Reusable Cotton Pads

Baca Juga: Bahan Katun Yang Baik Untuk Kaos

Kain yang mempunyai dua tekstur berbeda seperti kain Cotton Combed Baby Terry dan Cotton Combed Fleece akan baik digunakan untuk Cotton Pads karena sisi yang berteksturnya bisa membantu eksfoliasi.

Cara Membuat Reusable Cotton Pads dengan Memanfaatkan Sisa Potongan Kain

Membuat Reusable Cotton Pads ini sebenarnya tidak terlalu sulit ya, apalagi bahan untuk membuatnya juga benar-benar mudah untuk didapatkan dan bisa memanfaatkan sisa potongan kain. Berikut ini adalah bagaimana cara membuat Reusable Cotton Pads, perhatikan alat dan bahan yang akan digunakan juga perhatikan bagaimana langkah untuk membuatnya. 

Alat dan Bahan 

  • Sisa potongan kain (Usahakan untuk menyediakan dua jenis kain untuk lapisan luar dan bagian dalam kapas kain ini).
  • Kertas atau karton, alat tulis, penggaris dan jangka untuk membuat pola lingkaran atau bisa menggunakan benda berbentuk bulat agar lebih mudah.
  • Gunting.

Ide Memanfaatkan Sisa Potongan Kain Menjadi Reusable Cotton Pads Yang Bermanfaat 1

Cara Membuat:

  • Pertama, buat terlebih dahulu pola lingkaran dengan ukuran 6 &8211; 7 cm pada media kertas karton atau kardus yang tekstur nya cukup keras, yang nantinya akan digunakan sebagai cetakan pola pada kain. Atau kamu bisa menggunakan benda berbentuk bulat untuk membuat pola pada kainnya. 
  • Buat pola pada kain, baik kain untuk lapisan luar dan juga kain untuk bagian dalamnya. Jika kain yang kamu gunakan sudah cukup tebal seperti atau Fleece, cukup gunakan 2 lapis saja tanpa harus memberi kain tambahan untuk bagian dalam. 
  • Setelah pola selesai di cetak pada kain langsung di potong mengikuti pola.
  • Tumpuk pola kain tersebut yang sudah di potong, rapikan lalu dijahit. Kamu bisa menggunakan mesin jahit biasa atau akan lebih bagus lagi hasilnya jika dijahit dengan menggunakan mesin obras, selain lebih bagus akan terlihat lebih rapi juga.
  • Rapikan sisa benangnya dan Reusable Cotton Pads nya sudah bisa kamu gunakan, tapi jika memang akan digunakan untuk pemakaian sendiri jangan lupa untuk dicuci dulu sampai bersih ya. 

Siapa bilang limbah atau sampah dari hasil produksi garmen itu akan berakhir pada bak sampah? Jika berada di tangan yang tepat dan dibantu dengan sedikit kreativitas maka sampah pun bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat. Selain bisa menjaga lingkungan dari penumpukkan sampah, memanfaatkan sisa potongan kain menjadi Reusable Cotton Pads juga bisa menghasilkan keuntungan buat kamu. Selamat mencoba ya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, , Jawa Barat,

Telepon: (022) 4214962

 

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here