Apa Itu Fashion Stylist dan Mengapa Perannya di Balik Layar Penting?

0
5/5 - Vote count: 58 votes

Apa Itu Fashion Stylist dan Mengapa Perannya di Balik Layar Penting? – Hi Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini Minto akan bahas salah satu pekerjaan yang berkaitan dengan dunia fashion. Pekerjaan itu adalah fashion stylist atau seseorang yang mengatur pakaian seseorang dalam acara penting.

Fashion Stylist: Tanggung Jawab dan 14 Skill yang Diperlukan
Fashion Stylist: Tanggung Jawab dan 14 Skill yang Diperlukan

Pekerjaan ini juga sering disebut sebagai “pengarah gaya” atau “penata busana.” Lalu, seperti apakah gambaran pekerjaannya? Apa saja skill yang diperlukan untuk menjadi seorang stylist?

Tanpa menunggu lebih lama lagi, yuk kita kupas hingga tuntas!

Apa itu Fashion Stylist?

Fashion stylist adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk menciptakan tampilan atau penampilan yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan klien mereka dalam dunia mode.

Saat menjadi seorang penata gaya, artinya Knittopreneurs harus siap bekerja dengan berbagai macam orang. Termasuk selebriti, model, atau bahkan individu biasa yang ingin memperbarui penampilannya.

Dalam studi yang membahas tentang “Manfaat Hasil Belajar Publikasi Node Sebagai Kesiapan Menjadi Fashion Stylist di Majalah Mode” oleh Runi Andanari, dibahas juga bahwa fashion stylist atau penata gaya merupakan seseorang yang bekerja pada sebuah media atau production house.

Tugas fashion stylist adalah menata sebuah tema gambar, foto, atau gerakan yang dihasilkan berdasarkan konsep dari klien dan memiliki hubungan kreatif dengan seorang fotografer, fashion editor atau fashion designer.

Baca Juga: Apa itu Sewing? Mengintip Dunia Jahit Menjahit yang Jadi Jantung Industri Fashion

Apa Saja Tanggung Jawab Seorang Fashion Stylist?

Cakupan Pekerjaan Seorang Penata Busana atau Pengarah Gaya
Cakupan Pekerjaan Seorang Penata Busana atau Pengarah Gaya

Saat Knittopreneurs bekerja menjadi seorang fashion stylist, hasil akhirnya adalah penampilan yang sesuai dengan keinginan klien, tampil sempurna dan menunjang bentuk tubuhnya. Tentu saja hal ini tidak didapatkan dengan instant, ada proses yang harus Knittopreneurs lewati sebelum bisa mendapatkan hasil yang bagus.

Beberapa hal yang akan Minto bahas ini, masuk pada cakupan tanggung jawab pekerjaan seorang pengarah gaya atau penata busana:

  • Memilih Busana yang Tepat dan Lengkap

Fashion stylist bertugas memilih pakaian, sepatu, aksesoris, dan barang lainnya yang akan dipakai oleh klien mereka untuk menciptakan penampilan yang diinginkan oleh sang klien.

  • Membuat Konsep 

Fashion stylist mengembangkan konsep atau tema untuk sesi pemotretan, penampilan publik, atau acara khusus lainnya.

  • Pemilihan Lokasi Foto

Untuk sesi pemotretan, Fashion stylist mungkin juga bertanggung jawab untuk memilih lokasi yang sesuai dengan konsep yang telah ditentukan.

  • Mengatur Jalannya Sesi Pemotretan

Fashion stylist dapat bekerja sama dengan fotografer, make-up artist, dan tim lainnya untuk memastikan bahwa semua elemen dari tampilan bersatu dengan baik.

  • Mengikuti Tren Mode

Fashion stylist harus selalu up-to-date dengan tren mode terkini dan memahami bagaimana tren tersebut dapat diterapkan dalam pekerjaan mereka.

  • Membangun Jaringan

Bagian penting dari pekerjaan fashion stylist adalah membangun hubungan dengan desainer, toko pakaian, dan merek lainnya untuk mendapatkan akses ke koleksi terbaru dan kerjasama yang lebih baik.

Dalam beberapa kasus, fashion stylist juga dapat menjadi pengarah gaya dalam proses editorial, atau bahkan menjadi mentor bagi mereka yang ingin belajar lebih lanjut tentang dunia fashion dan styling. Jadi, tidak terbatas pada cakupan pekerjaan di atas saja. Bisa bervariasi, tergantung kesepakatan Knittopreneurs dengan klien atau perusahaan. 

Baca Juga: Mengubah Ide Menjadi Karya Nyata Dengan Moodboard Fashion

14 Skill yang Harus Dimiliki Fashion Stylist

Skill untuk Menjadi Seorang Fashion Stylist
Skill untuk Menjadi Seorang Fashion Stylist

Runi Andanari, dalam studi yang membahas tentang “Manfaat Hasil Belajar Publikasi Node Sebagai Kesiapan Menjadi Fashion Stylist di Majalah Mode” membahas bahwa prasyarat menjadi seorang fashion stylist adalah memiliki latar belakang pendidikan desain fashion, dapat bekerja dalam tim, memiliki sense of style pada fashion dan fashion photography, serta pandai mengatur padu padan busana dan aksesori.

Menurut Minto sendiri, seorang penata gaya atau pengarah busana harus memiliki kombinasi keterampilan teknis, kreatif, dan interpersonal untuk berhasil dalam pekerjaannya. Berikut adalah beberapa skill yang sangat penting untuk dimiliki oleh seorang fashion stylist:

  • Pengetahuan Mode

Memiliki pemahaman yang kuat tentang tren mode terkini, sejarah mode, desainer terkemuka, dan merek fashion yang luas dan lengkap.

  • Kreativitas

Kemampuan untuk berpikir kreatif dan menghasilkan konsep styling yang unik dan menarik, bahkan memiliki ciri khas.

  • Kesadaran Visual

Kemampuan untuk memahami estetika visual dan bagaimana memadukan warna, pola, tekstur, dan proporsi dengan baik untuk menciptakan visual yang pas. Sering juga disebut sense of design atau sense of fashion.

  • Kemampuan Mengenali Gaya

Mampu mengidentifikasi gaya dan preferensi klien serta menerjemahkan keinginan mereka ke dalam penampilan yang sesuai dengan klien tersebut, atau kerap disebut sebagai sense of style

  • Keterampilan Koordinasi

Memiliki kemampuan untuk memadukan pakaian, aksesoris, dan sepatu dengan cermat untuk menciptakan penampilan yang harmonis.

  • Komunikasi yang Baik

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan klien, model, fotografer, dan anggota tim lainnya.

  • Keterampilan Riset

Mampu melakukan riset tentang tren mode, tema acara, dan preferensi klien dengan detail dan tepat.

  • Fleksibilitas

Kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan, seperti dalam perubahan jadwal, konsep, atau kebutuhan klien.

  • Keterampilan Teknis

Pengetahuan tentang jenis-jenis kain, teknik tailoring, dan cara memperbaiki atau memodifikasi pakaian.

  • Pemahaman Terhadap Berbagai Jenis Tubuh

Mampu menyesuaikan penampilan sesuai dengan berbagai bentuk tubuh dan fitur fisik klien, dan menonjolkan kelebihan klien untuk menciptakan visual yang menawan.

  • Keterampilan Manajemen Waktu

Kemampuan untuk mengelola waktu dengan baik untuk memenuhi tenggat waktu proyek dan sesi styling.

  • Kolaborasi Tim

Mampu bekerja sama dalam tim dengan fotografer, make-up artist, hair stylist, dan anggota tim lainnya untuk mencapai visi yang diinginkan.

  • Keterampilan Pemasaran Pribadi

Kemampuan untuk mempromosikan diri sendiri, membangun jaringan profesional, dan memperluas basis klien.

  • Kemampuan Analitis

Mampu mengevaluasi hasil pekerjaan, mengidentifikasi trend, dan menyesuaikan strategi styling berdasarkan umpan balik dan kebutuhan klien.

Kombinasi keterampilan ini bisa membantu seorang stylist dalam menata busana, yang tidak hanya untuk menciptakan penampilan yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan klien, tetapi juga sebagai modalnya agar sukses dalam industri yang sangat kompetitif ini.

Baca Juga: Fashion Influencers untuk Promosi Bisnismu, Ternyata Penting!

Fashion Stylist Ternama di Indonesia

Di Indonesia juga terdapat banyak pengarah gaya atau penata busana terkenal yang menangani klien ternama seperti artis dan publik figur. Berikut ini adalah beberapa fashion stylist Indonesia yang terkenal:

  • Wanda Harra

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Wanda Harra (@wanda_haraa)

Wanda Harra merupakan salah satu fashion stylist yang sering menangani klien besar seperti artis dan publik figur terkenal. Wanda Harra merupakan pengarah gaya yang berasal dari kota Medan, mengawali karirnya sebagai penata busana artis Titi Kamal.

Kini, Wanda Harra juga kerap berkumpul dengan rekan-rekannya yang kebanyakan berprofesi sebagai artis, dan pada unggahan di sosial medianya juga sering diandalkan oleh Lyodra untuk menjadi stylist di beberapa kegiatannya.

  • Caren Delano

 

View this post on Instagram

 

A post shared by C A R E N D E L A N O (@carendelano)

Caren Delano merupakan fashion stylist yang kini kerap muncul dilayar kaca. Caren Delano awalnya ingin berprofesi sebagai fashion designer, namun pada akhirnya beliau sukses berkarir sebagai seorang penata busana. Caren Delano merupakan teman dekat Dave Hendrik dan Becky Tumewu, yang membuatnya dilirik oleh kalangan sosialita untuk menata busana mereka.

  • Vannie Astecat

Vannie Astecat merupakan fashion stylist wanita yang sudah menggeluti bidang tata busana sejak 2006. Vannie Astecat adalah personal stylist tetap untuk dua artis Indonesia yaitu Bunga Citra Lestari dan Afgan. Selain itu, Vannie juga sempat menjadi penata busana Tantri dari band Kotak yang dahulu terkenal lebih maskulin sehingga sekarang berubah menjadi lebih feminin.

  • Ajeng Dewi Swastiari 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ajeng Dewi Swastiari (@svastiari)

Ajeng Dewi Swastiari merupakan stylist wanita yang menata busana beberapa artis terkenal di Indonesia seperti Titi DJ, Agnes Monica, Luna Maya, bahkan sempat juga menjadi penata busana dalam film “Aruna dan Lidahnya.” Baru-baru ini Ajeng terlihat mengunggah hasil styling-nya untuk Vidi Aldiano di sosial media.

Baca Juga: Fashion Influencer Indonesia Paling Berpengaruh yang Wajib Kamu Tahu

Nah itulah pengertian, cakupan pekerjaan, hingga 4 fashion stylist ternama di Indonesia. Penjelasan Minto membuktikan bahwa pekerjaan ini juga banyak diminati dan memiliki peluang yang besar lho!

Jadi, untuk Knittopreneurs yang tertarik untuk menjadi pengarah gaya atau penata busana, jangan takut untuk mencoba ya!

 TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia 

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700