10 Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna

0
5/5 - Vote count: 8 votes

10 Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna – Hi Knittopreneurs! Baju terkena luntur merupakan hal yang cukup menyebalkan ya kan? Apalagi baju tersebut merupakan baju yang kita sukai. Baju luntur bisa banyak sekali penyebabnya, salah satunya yaitu pencucian yang tidak tepat, disatukan dengan baju lain yang rawan luntur, atau bisa juga dari kualitas dari salah satu baju penyebab luntur tersebut.

Mengatasi baju luntur pada pakaian berwarna terkadang cukup sulit untuk dilakukan. Namun ada beberapa cara yang cukup efektif untuk mengatasi luntur pada baju berwarna. Pada artikel kali ini, Minto akan membahas 10 cara menghilangkan luntur pada baju berwarna.

Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna
Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna

10 Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna

Untuk menghilangkan noda luntur pada baju berwarna, ada beberapa cara yang cukup efektif untuk dicoba yaitu:

1. Rendam Air Panas dan Deterjen

Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna Air Panas dan Deterjen
Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna – Air Panas dan Deterjen

Menggunakan air panas dan deterjen adalah salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah luntur pada pakaian berwarna. Air panas membantu membuka pori-pori kain, yang memudahkan deterjen untuk menembus dan menghilangkan luntur  yang telah menempel pada serat kain. Proses ini dinilai cukup efektif terutama untuk kain yang kuat dan tahan terhadap suhu tinggi. Pastikan untuk mengatur suhu air tidak terlalu panas agar kain tidak rusak.

Sebelum merendam dengan air panas, cek label perawatan pada pakaian untuk memastikan bahwa kain dapat aman terhadap air panas. Campurkan deterjen dalam air panas dalam wadah yang cukup besar, kemudian rendam pakaian selama 30-60 menit. Setelah merendam, cuci pakaian seperti biasa dan periksa apakah noda luntur telah hilang.

2. Menggunakan Baking Soda

Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna Baking Soda
Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna – Baking Soda

Baking soda dikenal sebagai bahan pembersih alami yang efektif. Baking Soda bekerja dengan cara mengikat partikel warna yang luntur dan membantu mengangkat noda dari serat kain. Cara ini cocok untuk kain yang lebih sensitif atau mudah rusak.

Cara mengatasi luntur pada baju berwarna dengan menggunakan baking soda yaitu campurkan baking soda dengan sedikit air lalu oleskan secara langsung pada area yang luntur dan biarkan selama beberapa jam atau semalaman agar hasil lebih efektif. Setelah itu, cuci pakaian dengan air dingin dan periksa hasilnya. Baking soda tidak hanya membantu menghilangkan noda tetapi juga membuat kain terasa segar dan bersih.

3. Menggunakan Alkohol

Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna Alkohol
Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna – Alkohol

Alkohol, terutama jenis yang mengandung konsentrasi tinggi seperti alkohol gosok atau vodka, dapat efektif dalam mengatasi noda luntur pada kain. Ini karena alkohol memiliki sifat pelarut yang mampu mengurai pewarna tanpa merusak serat kain.

Untuk menggunakan alkohol, aplikasikan secara langsung pada area yang luntur menggunakan kapas atau kain bersih. Biarkan alkohol meresap selama beberapa menit, kemudian cuci dengan air hangat. Metode ini bisa sangat efektif, tetapi penting untuk melakukan tes spot terlebih dahulu, terutama pada kain berwarna cerah atau sensitif, untuk memastikan tidak ada perubahan warna atau kerusakan pada kain.

4. Menggunakan Detergen dan Vetsin

Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna Detergen Dan Vetsin
Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna – Detergen Dan Vetsin

Kombinasi detergen dan vetsin mungkin terdengar tidak biasa, namun dapat efektif dalam menghilangkan noda luntur pada baju berwarna. Vetsin, atau monosodium glutamat, ketika dicampur dengan detergen, dapat membantu menghilangkan noda dengan cara mengikat molekul pewarna dan mengangkatnya dari serat kain.

Cara pakainya yaitu campurkan sedikit detergen cair dengan vetsin lalu oleskan pada noda luntur dan biarkan selama beberapa jam atau semalaman untuk hasil terbaik. Setelah itu, cuci pakaian dengan air bersih. Metode ini bisa efektif untuk noda yang membandel.

Baca Juga : Kenapa Kaos Bisa Luntur Dan Pudar?

5. Menggunakan Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna Jeruk Nipis
Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna – Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki sifat asam alami yang bisa efektif dalam menghilangkan noda. Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat membantu menguraikan pewarna yang menempel pada serat kain, sehingga membantu menghilangkan noda luntur.

Cara menggunakannya cukup sederhana. Peras jeruk nipis langsung ke atas noda, Biarkan selama 15-20 menit, kemudian cuci pakaian seperti biasa.

6. Menggunakan Aseton

Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna Aseton
Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna – Aseton

Aseton, yang dikenal sebagai komponen utama untuk menghapus kuteks merupakan cairan yang kuat dan bisa efektif dalam menghilangkan noda luntur pada kain sintetis. Namun, aseton harus dihindari pada baju dengan menggunakan kain alami seperti sutra atau wol, karena bisa merusak seratnya.

Cara menggunakan aseton yaitu oleskan pada area yang luntur menggunakan kapas atau cotton bud. Biarkan selama beberapa menit, kemudian cuci dengan air dingin. 

7. Menggunakan Hairspray

Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna Hairspray
Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna – Hairspray

Hairspray yang mengandung alkohol bisa menjadi solusi alternatif untuk menghilangkan noda luntur. Alkohol dalam hairspray dapat membantu mengurai pewarna yang luntur.

Semprotkan hairspray secara langsung ke bagian yang luntur dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, cuci pakaian dengan air hangat. Metode ini bisa efektif, tetapi seperti pada penggunaan alkohol, lakukan tes pada area kecil terlebih dahulu.

8. Menggunakan Air Soda

Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna Air Soda
Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna – Air Soda

Air soda dengan pH basa dapat membantu memecah pewarna yang luntur pada kain. Air Soda merupakan salah satu metode yang tidak terlalu keras dan seringkali dinilai efektif, terutama pada luntur yang tidak terlalu parah.

Cara menggunakannya yaitu rendam pakaian dalam air soda selama 30-60 menit. Setelah itu, cuci pakaian dengan air bersih. Metode ini aman untuk kebanyakan jenis kain dan seringkali tidak menyebabkan kerusakan.

9. Menggunakan Cuka Dapur

Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna Cuka Dapur
Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna – Cuka Dapur

Cuka dapur adalah pelarut alami yang efektif untuk menghilangkan noda luntur pada kain berbahan alami seperti katun atau linen. Sifat asamnya dapat membantu menguraikan pewarna yang luntur.

Cara menggunakan cuka dapur yaitu rendam baju dalam larutan cuka dapur selama sekitar 30 menit. Pastikan untuk tidak menggunakan cuka pada kain yang sensitif terhadap asam. Setelah merendam, bilas pakaian dengan air bersih dan cuci seperti biasa.

10. Menggunakan Garam dan Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna Garam Dan Jeruk Nipis
Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna – Garam Dan Jeruk Nipis

Kombinasi garam dan jeruk nipis merupakan solusi alami dan cukup efektif untuk mengatasi luntur pada baju berwarna. 

Cara pemakaiannya yaitu campurkan garam dan air jeruk nipis lalu oleskan secara langsung pada area yang luntur dan biarkan hingga mengering. Setelah mengering, cuci pakaian dengan air hangat. Metode ini sangat cocok untuk luntur yang tidak terlalu parah dan dapat digunakan pada sebagian besar kain, namun sebaiknya dihindari pada kain yang halus atau sensitif. 

Baca Juga : Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Putih

TIPS AGAR BAJU BERWARNA TIDAK LUNTUR

Tips Agar Baju Berwarna Tidak Luntur
Tips Agar Baju Berwarna Tidak Luntur

Untuk mencegah baju berwarna agar tidak luntur, ada beberapa hal penting yang bisa diikuti:

  • Baca Label Perawatan: Sebelum mencuci, periksa label perawatan pada pakaian untuk memastikan suhu air yang direkomendasikan dan apakah pakaian boleh dicuci dengan mesin atau harus dicuci tangan.
  • Pisahkan Pakaian Berdasarkan Warna: Pisahkan pakaian berwarna dari pakaian putih atau terang. Hal ini mencegah pakaian luntur dari pakaian berwarna.
  • Gunakan Air Dingin: Mencuci dengan air dingin membantu mencegah pewarna luntur dan menjaga kestabilan warna pakaian.
  • Gunakan Deterjen yang Tepat: Pilih deterjen yang dirancang untuk pakaian berwarna. Beberapa deterjen memiliki formula khusus untuk menjaga warna tetap cerah.
  • Jangan Rendam Terlalu Lama: Hindari merendam pakaian berwarna dalam air untuk waktu yang lama.
  • Gunakan Cuka Dapur: Tambahkan sedikit cuka dapur ke dalam air bilasan. Cuka membantu menstabilkan warna dan mencegah luntur.
  • Penggunaan Pelembut Kain: Gunakan pelembut kain yang lembut dan aman untuk pakaian berwarna. Pelembut kain dapat membantu menjaga serat kain, sehingga warna tetap terjaga.

Kesimpulan

Untuk mengatasi luntur pada baju berwarna, terdapat beragam solusi rumahan yang dinilai cukup efektif yaitu, merendam pakaian dalam air panas dengan deterjen, menggunakan baking soda, alkohol, campuran detergen dan vetsin, jeruk nipis, aseton untuk kain sintetis, hairspray, air soda, cuka dapur, larutan baking soda, serta kombinasi garam dan jeruk nipis. 

Setiap metode, pastinya tidak akan 100% berhasil, bergantung juga pada jenis kain dan tingkat keparahan luntur. Sebelum melakukan pembersihan, penting untuk melakukan tes pada area kecil terlebih dahulu untuk melihat efektivitas dari metode yang digunakan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju

Semoga berhasil, Knittopreneurs!

Artikel : 10 Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur