Ciri Ciri Serat Kapas Yang Berkualitas Baik

0
5/5 - Vote count: 40 votes

Ciri Ciri Serat Kapas Yang Berkualitas Baik – Penggunaan serat kapas sebagai bahan baku untuk pembuatan pakaian sebenarnya sudah dilakukan sejak zaman dahulu kala, bahkan menurut sejarah, kapas pertama kali digunakan sejak sekitar 6.000 SM di India dan Pakistan, tapi produksi kapas yang paling awal bukanlah di Pakistan namun di India. Dari sejarahnya kapas sudah digunakan sejak lama sekali dan memang hingga saat ini kapas menjadi salah satu jenis bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat pakaian.

ciri ciri serat kapas

Berbicara soal kapas dan serat kapas, tahukah kamu bagaimana ciri ciri serat kapas yang kualitasnya baik untuk digunakan? Karena jenis kapas tentu sangatlah banyak, tapi tidak semua jenis serat kapas mempunyai kualitas yang sama kan?

Maka dari itu berikut ini ciri ciri serat kapas yang bagus, dan harus kamu ketahui.

Ciri Ciri Serat Kapas

  • Serat Yang Kuat

Ciri ciri serat kapas yang pertama adalah serat kapas merupakan serat yang kuat, serat kapas bisa menjadi 20% lebih kuat apabila dalam kondisi yang basah. Kekuatan kapas dipengaruhi oleh kadar selulosa yang mana ketika dalam kondisi basah maka kekuatannya justru akan semakin besar.

  • Mudah Menyerap Keringat

Serat kapas itu mudah sekali menyerap keringat dan baju yang dibuat dari serat ini juga dapat memberikan rasa sejuk ketika digunakan. Tetapi selain terasa sejuk kain ini juga dapat memberikan rasa hangat ketika cuaca sedang terasa dingin.

  • Aman dan Tidak Menyebabkan Iritasi / Alergi

Ciri ciri serat kapas yang selanjutnya adalah serat ini tidak akan menyebabkan alergi atau iritasi kulit terhadap penggunanya, karena serat ini dibuat dari bahan alami. Sehingga mereka yang mempunyai kulit sensitif sekalipun akan tetap aman dan nyaman menggunakan kain atau bahan yang dibuat dari serat katun.

  • Serap Kapas Tahan Terhadap Panas

Serat kapas dapat tahan terhadap panas, bahkan dengan suhu yang tinggi sekalipun. Jadi kain yang dibuat dari serat kapas kemungkinan akan aman ketika di setrika dengan suhu yang tinggi, tetapi kamu juga harus tetap memperhatikan suhu yang digunakan ya, dan sebagai produsen pakaian juga kamu wajib menyampaikan kepada customer atau pengguna produk kamu, berapa suhu yang sebaiknya mereka gunakan ketika menyetrika pada label care instruction atau label perawatan.

  • Serat Kapas Mudah Terbakar

Selayaknya kapas yang mudah sekali terbakar, sudah pasti seratnya pun akan sangat mudah terbakar juga. Ketika serat ini terbakar maka penjalarannya akan sangat cepat sehingga perlu berhati-hati dan pastikan jauhkan serat katun ini dari apapun yang dapat memicu pembakaran.

  • Proses Perawatannya Mudah

Ciri ciri serat kapas selain kuat, tahan terhadap panas, untuk melakukan perawatan terhadap kain yang dibuat dari serat kapas juga cukuplah mudah. Karena kain ini dapat direndam menggunakan air dengan suhu yang rendah (air dingin) ataupun dengan air dengan suhu yang hangat, dan panas sekalipun. Selain itu dapat dicuci dengan cara manual atau menggunakan mesin pun tidak menjadi masalah. Kain dari serat kapas dapat dikeringkan dengan cara diangin-angin atau menggunakan mesin. Dari keterangan proses perawatan ini, sudah dipastikan jika kain yang dibuat dari serat kapas, akan memudahkan kamu untuk penggunanya.

  • Daya Serap Warna 

Serat katun atau serat kapas juga menyerap warna dengan sangat baik, sehingga warna kain terlihat bagus, cemerlang, dn tidak pudar atau terlihat kusam.

Terdapat 3 jenis serat kapas atau serat katun yang dikatakan sebagai jenis kapas terbaik di dunia, dan 3 jenis kapas tersebut adalah:

  • Supima Cotton, serat kapas ini berasal dari Amerika.
  • Sea Island Cotton, serat kapas berasal dari Karibia (Caribbean).
  • Giza Cotton, serat kapas yang berasal dari Mesir (Egypt).

Ketiga jenis kapas ini adalah yang paling terbaik atau kualitas kapas tertinggi, ketiga jenis kapas ini juga mempunyai serat yang panjang dan sangat lembut.

Jenis Kain Yang Dibuat Dari Serat Kapas

Serat kapas dapat dibuat menjadi berbagai jenis kain, baik dengan komposisi full cotton atau serat kapas sepenuhnya, atau pun dicampur dengan jenis serat lainnya, sehingga nantinya bisa dikategorikan sebagai bahan yang natural atau semi sintetis.

Berikut ini beberapa jenis kain yang ada di Knitto Textiles yang dibuat dari serat kapas dan berbagai serat campurannya.

  • Cotton Combed

Bahan kaos Cotton Combed adalah salah satu jenis kain yang dibuat dari 100% serat kapas, tanpa ada campuran bahan atau komposisi lainnya, serat kapas diproses dengan cara disisir pada mesin combing sehingga kain yang dihasilkan menjadi halus dan lembut teksturnya. Seperti ciri ciri serat kapas yang sudah di sebutkan di atas, kain ini pun mempunyai daya serap yang sangat bagus, karakteristik warna kain Combed Knitto juga sangat baik, warnanya cemerlang dan tentunya stabil.

Kain yang banyak digunakan oleh para produsen kaos saat ini adalah Cotton Combed 30s, karena karakteristik dan tekstur kain ini yang sangat cocok dengan cuaca Indonesia ini. Selain itu pilihan warnanya yang sangat beragam juga menjadi salah satu alasan mengapa kain Cotton Combed 30s lebih banyak dipilih.

  • Cotton Carded

Sama dengan kain Cotton Combed, kain ini juga dibuat dari serat kapas komposisinya sebanyak 100%, tanpa ada campuran jenis bahan lainnya. Hanya saja kain ini melalui proses pembuatan yang berbeda, karena tahap pembuatan kain Carded hanya sampai ke proses penggarukan saja pada mesin carding, sehingga hasil kain yang didapatkan tentu berbeda dengan kain Combed.

Memang kain ini teksturnya tidak sama lembutnya dengan kain Combed tetapi kenyamanan kainnya tidak kalah dengan kain Combed, kain Cotton Carded juga dapat menyerap keringat dengan baik. Selain itu harga kain Cotton Carded juga lebih terjangkau. 

Selain kain yang dibuat dari 100% serat kapas, ada juga kain-kain yang dibuat dari campuran serat kapas dengan jenis serat lainnya yang tersedia di Knitto. Untuk mengetahui jenis-jenis kain lebih banyak kamu bisa cek di website resmi Knitto www.knitto.co.id

Baca Juga: Carded vs Combed, Mana Yang Lebih Bagus Untuk kaos?

Jenis kain yang sering digunakan saat ini bisa dikatakan banyak dibuat dari serat kapas, tetapi semuanya memang kembali lagi pada para pengguna dan kebutuhannya. Penting sekali memilih kain yang berkualitas, agar produk yang kamu hasilkan juga berkualitas bagus. Setidaknya, kualitas dari bahan yang kamu gunakan akan cukup mempengaruhi kualitas produk kamu juga selain proses produksinya, jadi bijaklah dalam memilih bahan kaos atau kain kaos untuk produk kamu ya.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi lebih untuk kamu ya, dan jangan lupa gunakan bahan bahan dari Knitto Textiles karena Knitto menyediakan bahan yang berkualitas premium dan harga yang terjangkau.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur