8 Jenis Tinta Sablon Yang Harus Diketahui

0
5/5 - Vote count: 71 votes

8 Jenis Tinta Sablon Yang Harus Diketahui – Tinta sablon tersedia dalam berbagai macam jenisnya. Masing-masing memiliki karakteristik dan aplikasi penggunaan yang khusus. Masing-masing tinta sablon dibuat untuk dapat disablonkan ke satu atau beberapa jenis bahan tertentu.

Tinta Sablon
Tinta Sablon

Tinta sablon merupakan komponen paling penting dalam usaha sablon kaos atau konveksi, dengan kamu mengetahui kualitas dari tinta sablon yang digunakan akan sangat berpengaruh dalam segi warna yang dihasilkan dan ketahanan dari sablon itu sendiri. berikut ini Minto akan memberikan informasi jenis-jenis sablon yang harus diketahui, sebagai berikut :

  • Tinta Sablon Waterbase (Berbasis Air)

Tinta Waterbase memiliki karakteristik seperti karet yang dapat melar bila ditarik. Salah satu jenis tinta yang termasuk waterbase adalah Tinta Rubber. Tinta rubber banyak sekali tersedia dalam berbagai macam kualitas. Tinta rubber yang bagus dapat kita kenali dari daya tutupnya, hasil sablonannya apakah lembut atau kasar dan juga tingkat elastisitasnya.

  • Tinta Sablon Transparan

Tinta Transparan merupakan jenis cat sablon yang bisa menghasilkan sablon yang terlihat cemerlang dan mengkilap. Jenis tinta ini cocok sekali untuk sparasi 4 warna. Sementara itu, untuk tinta extender adalah jenis tinta yang sering digunakan untuk kaos yang warnanya putih dan terang.

  • Tinta Sablon Superwhite

Tinta Superwhite digunakan untuk sablon diatas bahan textile, terutama di bahan kaos. Pada awalnya tinta jenis ini digunakan untuk menghasilkan efek vintage atau grunge yang samar – samar, karena karakteristiknya yang halus namun dapat disablonkan ke bahan berwarna gelap. Namun akhir-akhir ini superwhite juga banyak digunakan untuk sablon kaos yang menggunakan teknik raster (gambar gradasi), yang biasanya cukup sulit untuk diperoleh saat menggunakan tinta jenis rubber.

  • Tinta Sablon Metalic

Tinta Metalic adalah tinta yang bisa menghasilkan warna silver dan emas. Jenis tinta ini terdiri atas 2 komponen. Yaitu, serbuk metalic dan binder metalic. Karena jenis tinta ini dapat mengalami oksidasi, maka bahan keduanya harus dicampur mendadak supaya hasilnya cemerlang.

  • Tinta Sablon Solvenbase (Berbasis Minyak)

Sedangkan untuk jenis tinta solvenbase atau tinta berbasis minyak adalah, jenis tinta yang memiliki banyak sekali variannya. yaitu, ada tinta PVC, tinta polymate, tinta polytuff, tinta nylon, tinta industrial, dll. 

  • Tinta Sablon Discharge (cabut warna)

Tinta Discharge (cabut warna) tinta jenis ini memiliki efek khusus yang dapat mencabut/ menghilangkan warna pada kain katun. Sebagaimana yang kita ketahui, kain katun yang berwarna-warni sebenarnya telah melewati proses pencelupan warna. 

Tinta discharge dapat digunakan untuk menghilangkan kembali pewarna yang sudah menempel di benang kain, sehingga mengembalikan warna benang kain itu ke warna asalnya, jika warna benang putih maka hasil cabut warna akan terlihat putih kembali. 

Dengan teknik sablon, maka tinta discharge bisa menghasilkan sebuah efek yang menawan, karena hanya bidang yang disablon saja yang akan menghasilkan efek pencabutan warna, sehingga tekstur dan warna yang dihasilkan seperti menyatu dengan bahan kain.

  • Tinta Sablon Plastisol

Tinta Plastisol sebenarnya tidak dapat digolongkan dalam kategori tinta waterbase karena merupakan tinta berbasis minyak/oil based, Tinta jenis ini memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan tinta jenis waterbase untuk textile lainnya, diantaranya tidak mudah kering di screen, daya tutup yang sangat baik, bisa dibuat tebal sekali sehingga menghasilkan efek timbul yang sangat tebal, dsb. 

Tinta Plastisol sendiri juga bisa dibagi menjadi beberapa jenis yaitu all purpose Ink, High Opacity, High Density Plastisol, Cork Base, dsb. Salah satu kelemahan dari tinta plastisol ini adalah hasil sablonannya tidak bisa di setrika atau di dry clean karena bisa membuatnya rusak / meleleh.

  • Tinta Sablon Glow in the Dark

Tinta Glow in the Dark ini punya efek bercahaya saat di tempat gelap. Sebenarnya tinta ini merupakan campuran antara serbuk fosfor yang mampu menyerap cahaya dan memancarkannya kembali saat gelap, efeknya dalam waktu terbatas dengan tinta yang berkarakteristik transparan yaitu rubber transparant atau tinta extender. 

Setelah minto membahas artikel yang berkaitan dengan tinta sablon, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang akan memulai usaha sablon kaos atau konveksi.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur