Perbedaan Bahan Kaos Polyester dan Cotton

0
5/5 - Vote count: 30 votes

Perbedaan Bahan Kaos Polyester dan Cotton – Kaos atau t-shirt merupakan salah satu produk fashion yang pasti kamu miliki. Kaos merupakan pakaian basic yang mudah dipadu padankan dan nyaman dipakai.

Kaos sendiri punya variasi yang sangat luas dalam jenis, bahan, hingga warnanya. Bahan kaos yang paling populer antara lain adalah bahan Cotton dan Polyester. kira-kira mana ya yang lebih bagus dalam segala aspek? Sebelum itu, yuk kenali dulu apa itu bahan Polyester dan Cotton.

Apa itu Bahan Kaos Polyester?

Bahan kaos Polyester merupakan bahan yang terbuat dari serat buatan yang berasal dari zat kimia. Bahan polyester tentunya tak hanya untuk bahan kaos saja, kain-kain bahan pakaian lain juga ada yang terbuat dari serat Polyester. Karena bukan terbuat dari bahan alami, serat buatan umumnya kurang baik dalam menyerap keringat. 

Ciri-ciri bahan Polyester antara lain adalah bahannya tidak mudah kusut, awet karena terbuat dari serat yang kokoh, dan mudah kering. Namun bahan polyester juga punya kekurangan seperti teksturnya tak selembut bahan Cotton dan sirkulasinya kurang baik sehingga memicu tubuh menjadi gerah.

Apa itu Bahan Kaos Cotton?

Bahan kaos Cotton merupakan bahan yang menggunakan serat natural yang berasal dari alam. Bahan Cotton merupakan bahan yang seratnya terbuat dari serat tumbuhan kapas. Bahan Cotton atau katun merupakan salah satu bahan yang paling sering dijadikan bahan kaos. Karena bahannya terbuat dari serat alami, bahan cotton mampu menyerap keringat atau cairan lainnya dengan sangat baik.

Ciri-ciri bahan Cotton antara lain adalah halus dan lembut di kulit, aman bagi kulit sensitif, adem dan sejuk, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Namun bahan Cotton juga punya kekurangan yaitu dapat kusut dan perlu disetrika setelah dicuci, tidak seperti bahan kaos Polyester yang tidak mudah kusut.

Lebih Bagus Mana, Polyester atau Cotton?

Kedua bahan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Cotton memiliki keunggulan yang tidak dimiliki polyester dan sebaliknya. Menurut Minto, kedua bahan tersebut bisa lebih optimal bila disesuaikan dengan kebutuhan.

Bahan Polyester lebih cocok dijadikan sebagai kaos atau pakaian olahraga dan bahan Cotton lebih cocok dijadikan bahan kaos sehari-hari yang nyaman digunakan beraktifitas bahkan di bawah sinar matahari.

Minto punya rekomendasi bahan kaos Knitto Textiles dari Polyester dan Cotton. Keduanya tak perlu diragukan lagi karena kualitas bahan-bahan Knitto Textile selalu terjamin. Apa saja ya? Yuk kita simak bersama rekomendasi-rekomendasi bahan kaos polyester dan cotton yang oke banget dijadikan kaos.

Rekomendasi Bahan Kaos Pure Polyester Knitto Textiles

Perbedaan Bahan Kaos Polyester dan Cotton

  1. Polyester Activedry

Polyester Activedry merupakan bahan kaos dan pakaian yang terbuat dari 100% serat polyester.Bahan ini diperuntukan khusus untuk bahan kaos dan pakaian olahraga sehingga sang pemakai tetap nyaman ketika olahraga.

Bahan Polyester Activedry diformulasikan agar mampu menyerap keringat dengan baik, cepat kering, dan lentur. Bahan ini juga cocok disablon sublimasi agar tampilannya semakin unik.

Rekomendasi Bahan Kaos Pure Cotton Knitto Textiles

Perbedaan Bahan Kaos Polyester dan Cotton 

  1. Cotton Combed

Cotton Combed merupakan bahan kaos yang terbuat dari 100% serat katun yang berasal dari tumbuhan kapas. Cotton Combed merupakan bahan yang melewati proses penyisiran menggunakan mesin combing.

Cotton Combed mampu menyerap keringat, sejuk saat dipakai, serta halus dan lembut. Tersedia dalam 5 jenis ketebalan kain hingga 100 varian warna yang indah dan menarik.

Perbedaan Bahan Kaos Polyester dan Cotton

2. Cotton Combed Enzyme

Cotton Combed Enzyme merupakan kain Cotton Combed yang melewati proses pencucian enzyme wash yang menggunakan protein alami (enzim)  yang dapat terurai secara hayati.

Proses enzyme wash bertujuan untuk membuat kain lebih halus dan lembut, terlihat lebih licin dan mempunyai bulu yang lebih minim dari Cotton Combed biasa.

Perbedaan Bahan Kaos Polyester dan Cotton

3. Cotton Combed Activecool™ + Activefresh™

Bahan Cotton Combed Activecool™ + Activefresh™ merupakan kain Cotton Combed yang telah dilengkapi dengan teknologi 2 in 1 yaitu Activecool™ + Activefresh™. Teknologi Activecool™ berfungsi untuk membuat kain menjadi lebih terasa dingin, serta teknologi Activefresh™  berfungsi  sebagai agen yang menjaga kain tetap fresh, karena mengandung anti-bakteri sehingga menjaga kain dari bau tidak sedap. Bahan Cotton Combed Activecool™ + Activefresh™ 30s, cocok digunakan kapanpun untuk aktivitas sehari-hari.

Perbedaan Bahan Kaos Polyester dan Cotton

4. Cotton Carded

Cotton Carded merupakan kain yang terbuat dari 100% serat katun yang berasal dari tumbuhan kapas. Cotton Carded merupakan kain yang telah melewati proses penggarukan menggunakan mesin carding.

Kain Cotton Carded memiliki ciri permukaannya yang kurang rata, namun tetap nyaman digunakan. Memiliki harga yang lebih terjangkau daripada Cotton Combed, Cotton Carded dapat dijadikan alternatif sebagai bahan kaos full cotton dengan harga yang lebih murah. 

Perbedaan Bahan Kaos Polyester dan Cotton

5. U.S Pima Cotton

U.S Pima Cotton merupakan kain yang terbuat dari 100% serat katun premium yang berasal dari tanaman kapas langka. Tanaman kapas tersebut  berasal dari Amerika dan hanya diproduksi sebanyak 1% dari total produksi kapas dunia.

U.S Pima Cotton merupakan salah satu kain yang termasuk koleksi kain premium Knitto Textiles, dan kain ini juga terkenal digunakan oleh brand-brand terkemuka.

Selain pure cotton, terdapat juga bahan kaos yang nyaman yang terbuat dari serat kapas dan serat alami lainnya. Di Knitto Textiles tersedia 2 jenis bahan yang terbuat dari 2 jenis serat alami dan termasuk ke dalam jajaran kain premium Knitto Textiles. Yuk kita cek sama-sama.

Rekomendasi Bahan Kaos Premium Knitto Textiles

Perbedaan Bahan Kaos Polyester dan Cotton

  1. Cotton Bamboo

Cotton Bamboo merupakan bahan kaos yang terbuat dari campuran 30% serat katun dan 70% serat bambu. Cotton Bamboo merupakan kain berkualitas premium dan mempunyai banyak keunggulan.

Keunggulannya yaitu tekstur kainnya yang jauh lebih halus dan lembut, bahannya flowy dan tidak mudah kusut, sejuk ketika dipakai, mempunyai kandungan anti bakteri, anti bau dan anti jamur, serta terdapat anti sinar UV.

Kain ini cocok digunakan oleh mereka yang punya kulit sensitif seperti bayi dan anak-anak. Serat bambu sendiri suka dibandingkan dengan serat sutra karena memiliki keunggulan yang hampir setara, karena itulah tidak aneh bila kain ini dimasukkan ke jajaran kain Premium Knitto Textiles.

bahan tencel

2. TENCEL™ Modal Blended with Cotton 

TENCEL™ Modal Blended with Cotton merupakan bahan kaos yang terbuat dari campuran serat katun 50% dan serat TENCEL™ Modal 50%. Kain TENCEL™ Modal Blended with Cotton 30s termasuk kain yang biodegradable atau dapat diperbaharui sehingga ramah lingkungan dan mendukung sustainable living.

Kain ini memiliki ciri khas permukaanya yang terlihat licin, permukaannya yang sangat lembut, dan sejuk di kulit. Sama seperti Cotton Bamboo, kain ini juga cocok digunakan oleh bayi dan anak-anak karena memiliki permukaan yang sangat halus sehingga minim menimbulkan iritasi.

Nah gimana, tertarik untuk coba? Knitto Textiles punya kain bahan kaos yang variasinya lengkap mulai dari warna, ketebalan kain, jenis kain, hingga komposisi seratnya. Tak hanya yang dicantumkan di atas, Knitto Textiles juga punya jajaran bahan kaos fancy yang memiliki tekstur dan motif yang menarik seperti stripes, fuzzy, galaxy, dan lain-lain.

Tak perlu takut, di Knitto Textiles Kamu bisa coba beli dengan minimal order 1 kg, bahkan Kamu juga bisa beli kain di bawah 1kg dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Temukan pilihan kain bahan kaos, polo shirt, dan jaket hanya di Knitto Textiles. Knitto Textiles menyediakan bahan rajut dengan kualitas terbaik dan warna yang sangat lengkap. Penuhi kebutuhanmu segera lewat website atau web portal Knitto Textiles atau kunjungi store Knitto Textiles terdekat!

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur