Perbedaan Crewneck dan Sweater Yang Harus Diketahui

0
perbedaan crewneck dan sweater

Perbedaan Crewneck dan Sweater Yang Harus Diketahui &8211; Setiap orang pasti mempunyai jenis pakaian hangat favorit mereka masing-masing dan mungkin salah satunya adalah sweater juga crewneck. Pakaian hangat ini saat ini sangat diminati oleh berbagai kalangan khususnya anak-anak muda. Bukan hanya sebagai pakaian yang digunakan untuk menghangatkan tubuh saja, sweater juga sudah seperti barang wajib yang ada di lemari pakaian karena digunakan sehari-hari dan menjadi fashion item pelengkap. 

Tapi sebenarnya apa perbedaan Crewneck dan Sweater? 

Sebelum membahas tentang perbedaan crewneck dan sweater, kami ingin sedikit membahas tentang sejarahnya terlebih dahulu.

Sweater merupakan pakaian hangat yang dibuat menggunakan bahan kain rajut. Tahukah kamu berdasarkan sejarahnya Sweater ini sudah ada lebih dari 2000 tahun, dulu pakaian hangat ini dibuat menggunakan rajutan wol dengan cara manual yang dibuat oleh para istri pelaut atau nelayan. Lalu pada tahun 1890-an, nama sweater ini muncul dan diadopsi oleh para atlet Amerika, lalu digunakan oleh para atlet ini pada saat sebelum dan sesudah bertanding untuk melindungi tubuh mereka dari rasa dingin. Sweater pertama kali hadir dengan model pullover atau model yang lebih tinggi sedikit dibandingkan dengan sweater biasanya. 

Sampai hari ini Sweater sudah mengalami banyak perubahan dengan hadirnya banyak bentuk, motif, warna, sampai dengan jenis bahan yang digunakan untuk membuatnya. 

Berbicara tentang perbedaan Crewneck dan Sweater, pertanyaan ini muncul karena sudah banyaknya jenis sweater yang ada saat ini. Tapi dari penelusuran yang kami lakukan, ternyata Crewneck ini sebenarnya merupakan salah satu jenis atau model dari Sweater, karena seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya sweater sudah mengalami banyak inovasi baik dari segi model sampai kepada penyebutan namanya. 

Jadi bisa dikatakan jika tidak ada perbedaan Crewneck dan Sweater, karena intinya mengarah pada jenis pakaian yang sama yaitu pakaian hangat serbaguna yang biasa digunakan sehari-hari, dan tidak hanya saat kondisi cuaca dingin saja. 

perbedaan crewneck dan sweater dari tahun ke tahun

Image source: https://www.stanleystella.com/ 

Setelah mengetahui apa perbedaan Crewneck dan Sweater mungkin sekarang kami bisa memberikan sedikit rekomendasi jenis bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat crewneck ini. Ada banyak jenis bahan jaket yang sering sekali digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian hangat, seperti Baby Terry, Fleece, French Terry, Kanvas, Wol, Taslan dan Parasut. 

Mana Yang Lebih Cocok Untuk Bahan Crewneck?

Crewneck adalah salah satu jenis pakaian hangat yang paling umum digunakan oleh orang-orang, lalu bahan crewneck itu seperti apa sebaiknya? Apakah menggunakan Baby Terry atau bisa menggunakan bahan lain? Pada dasarnya bahan paling umum digunakan untuk membuat sweater dengan jenis crewneck adalah bahan Baby Terry dan Fleece. 

Bahan Baby Terry Untuk Membuat Crewneck

Jenis bahan Baby Terry yang ada di pasaran sebenarnya ada banyak, dibedakan dari komposisi kainnya yang tentu akan menghasilkan kualitas kain yang berbeda juga. Tapi kalau kamu ingin menggunakan bahan Baby Terry dengan kualitas terbaik, ada baiknya kamu memilih kain Baby Terry dengan bahan atau , yang mana dibuat dari serat kapas, tapi jangan sampai salah ya karena bahan Baby Terry yang dibuat dari serat Cotton juga mempunyai beberapa jenis salah satunya seperti yang ada di toko kami. Cotton Baby Terry tidak hanya dibuat dari jenis serat cotton biasa, melainkan dibuat dari 100% serat Cotton Combed yang mana menghasilkan bahan sweater yang berkualitas sangat baik dan premium. 

Baby Terry adalah bahan yang cukup tebal, tidak berbulu dan lembut. Struktur Baby Terry mirip seperti kain kaos (jersey), sedangkan bagian dalamnya memiliki struktur yang berbentuk seperti kumpulan “loop”. Bahan Baby Terry bisa kamu gunakan jika ingin membuat Crewneck dengan ketebalan yang lebih tipis atau sedang.

Bahan Fleece Untuk Membuat Crewneck

Bahan Fleece ini mempunyai perbedaan yang cukup signifikan dengan bahan sweater sebelumnya yaitu Baby Terry. Jika kamu perhatikan pada bagian dalam bahan ini mempunyai struktur berbulu tebal dan halus tetapi pada bagian luarnya mempunyai struktur kain yang sama dengan kain single knit pada umumnya. Ada juga perbedaan lainnya pada kain Fleece ini yaitu ketebalan kainnya yang mana bahan untuk crewneck ini jauh lebih tebal dibandingkan dengan bahan Baby Terry. Jadi jika kamu lebih tertarik untuk membuat crewneck menggunakan bahan yang lebih tebal agar terasa lebih hangat sangat cocok jika menggunakan bahan Fleece. 

Sama seperti kain Baby Terry yang juga bisa dibuat dengan menggunakan baku apa saja, kain Fleece juga mempunyai beberapa jenis bahan dasar yang tersedia di pasaran dan bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Contoh jenis bahan Fleece yang bisa kamu gunakan adalah:

  • Cotton Fleece, kain yang dibuat dari serat kapas atau katun.
  • Fleece, kain tebal untuk sweater yang dibuat dari campuran serat Cotton dan Polyester yang mana persentase serat Cotton nya jauh lebih banyak. 
  • Atau kamu juga bisa menggunakan jenis Fleece Polyester, yang dibuat dari 100% serat Polyester.

Tapi jika kamu ingin menggunakan bahan jaket dari Textiles, berarti kamu bisa mencoba menggunakan dua jenis bahan jaket Fleece ini, yaitu Cotton dan CVC Fleece. Perlu kamu ingat ya kedua bahan ini mempunyai kualitas yang berbeda dan karakteristik yang berbeda juga, tapi jika kamu ingin menggunakan bahan yang kualitasnya premium kami sangat menyarankan agar kamu menggunakan bahan Cotton Combed Fleece saja. Mengapa?

Karena bahan Cotton Combed Fleece terasa lebih nyaman, halus dan lembut, terasa dingin saat digunakan, mempunyai daya serap keringat yang baik dan tetap adem digunakan meskipun dibawah sinar matahari atau pada siang hari. Untuk bahan CVC Fleece pun tetap nyaman digunakan dan tetap bisa menyerap keringat dengan baik karena kandungan serat cotton nya masih lebih banyak dibandingkan dengan serat Polyesternya, sehingga bahan ini masih tetap bisa menyerap keringat dengan baik.

Baca Juga: Kenali 5 jenis Sweater dan Macam-Macam Bahan Sweater 

Kesimpulan

Crewneck adalah salah satu jenis sweater yang mana pada bagian lehernya yang berbentuk huruf O atau berbentuk lingkaran. Jenis sweater ini sangat cocok untuk digunakan oleh pria maupun wanita, karena bisa dikatakan konsep pakaian ini adalah unisex atau bisa digunakan oleh siapa saja. Jenis sweater yang juga sering disebut dengan nama Round Neck Sweater ini bisa dibuat menggunakan berbagai jenis bahan, tidak hanya sebagai pakaian hangat saja tetapi Crewneck juga bisa digunakan kapan saja karena sudah dianggap sebagai salah satu fashion item yang versatile. Lalu jika ditanya tentang Perbedaan Crewneck dan Sweater, jawabannya adalah tidak berbeda. Intinya tidak ada perbedaan crewneck dan sweater karena keduanya merujuk pada satu jenis pakaian yang sama.

Klik Disini untuk melihat koleksi kain Cotton Combed Baby Terry dan Combed Fleece dari Knitto Textiles yang berkualitas premium dan cocok digunakan sebagai bahan untuk bahan jaket Crewneck.

TOKO KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat,

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here