Perbedaan Jenis Bahan Kaos dan Harganya

0
5/5 - Vote count: 26 votes

Perbedaan Jenis Bahan Kaos dan Harganya – Bahan kaos apa yang selalu Anda gunakan untuk bahan dasar kaos yang Anda produksi? Apakah bahan Combed? Carded? Atau jenis bahan kaos lainnya? Mungkin sebelumnya Anda sudah mengetahui ada banyak jenis bahan kaos yang tersedia di pasaran begitu juga yang ada di Toko Bahan Kaos Knitto. 

Jenis Bahan Kaos

Tidak semua bahan kaos itu mempunyai karakteristik yang sama dan kualitas yang sama juga, begitu juga dengan harganya. Apa yang mempengaruhi harga bahan kaos sehingga berbeda antara satu bahan kaos dengan jenis bahan kaos lainnya? 

Untuk Anda para pemula di bidang produksi kaos dan sedang mencari tahu tentang perbedaan dari setiap jenis bahan kaos, sebaiknya menyimak artikel ini sampai habis ya.

Pertama, mari kita bahas tentang perbedaan dari setiap jenis bahan kaosnya terlebih dahulu. Di Knitto Textiles kami menyediakan berbagai jenis bahan kaos dan dibedakan menjadi beberapa kategori, seperti:

  • Plain
  • Premium

Dari kedua kategori kain ini bahan kaos mana yang sudah pernah Anda gunakan? Belum pernah menggunakan sama sekali? Baik, kami akan menjelaskan masing-masing kategori dan apa saja perbedaan dari setiap jenis bahan kaosnya begitu juga dengan harga kainnya

Jenis Bahan Kaos Kategori: Plain

Pada kategori kain Plain ini terdapat 3 jenis bahan kaos seperti Cotton Carded, Cotton Combed dan CVC.  Meskipun berada di dalam kategori yang sama tetapi ketiga jenis bahan kaos ini mempunyai karakteristik dan kualitas yang berbeda. 

Cotton Carded: Bahan ini dibuat dari 100% serat cotton atau kapas, yang mana diproses menggunakan mesin carding dengan cara digaruk, hasil kain yang didapatkan cukup bagus, hanya saja karakteristiknya tidak begitu halus atau sedikit kasar. Mengapa? Karena prosesnya hanya sampai penggarukan, sehingga kotoran kapas atau biji kapas masih tersisa dan tidak terangkat sepenuhnya. 

Cotton Combed: adalah bahan kaos yang dibuat dari 100% serat cotton yang diproses dengan cara disisir pada mesin combing. Jika kita lihat dari komposisi kainnya kain Combed memang menggunakan jenis bahan yang sama seperti bahan Carded, apakah berarti kualitas kainnya juga sama? Tidak, kualitas kainnya berbeda. Bahan kaos Cotton Combed mempunyai kualitas 1 tingkat lebih baik dibandingkan dengan Carded. Ingin tahu bagaimana cara mengetahui kualitas dari kain Combed yang Anda beli? Cek disini

CVC: Chief Value Cotton atau CVC adalah kain campuran antara serat Cotton dan Polyester, ini adalah hal pertama yang perlu Anda pahami dari kain CVC, yang kedua komposisinya, terdapat lebih banyak serat Cotton dibandingkan dengan serat Polyester pada kain CVC. Setiap produsen kain atau supplier kain bisa jadi menggunakan persentase campuran serat yang berbeda-beda. Bagaimana kualitasnya dibandingkan dengan dua kain sebelumnya? Tentu berbeda, dari segi daya serap, kelembutan kain sampai harga kainnya pun berbeda.

Jenis Bahan Kaos Kategori: Premium

Kategori kain selanjutnya yang akan kita bahas adalah “Kategori Kain Premium” dari nama kategorinya saja sudah tertera jelas bahwa kain-kain yang masuk ke dalam kategori ini bukan kain biasa. Ada 3 jenis bahan kain yang masuk ke dalam kategori Premium yaitu Cotton Bamboo, Cotton Modal dan U.S. Pima Cotton. Ketiga jenis kain ini juga sudah mulai banyak digunakan oleh para produsen kaos, mengapa? Berikut penjelasannya

Cotton Bamboo: Cotton Bamboo adalah jenis kain yang dibuat dari serat campuran dan jenis bahan kaos ini termasuk bahan yang alami. Menggunakan 70% serat bambu dan 30% serat katun kain Cotton Bamboo mempunyai kualitas yang sangat baik, kainnya sangat lembut dan halus, daya serapnya sangat baik dan yang terpenting adalah adanya anti bakteri dan anti bau di dalam kainnya yang didapatkan dari zat alami yaitu Penny Quinone.

Cotton Modal: sama-sama berada di kategori kain Premium, bagaimana kualitas dari Cotton Modal? Kain Cotton Modal juga dibuat dari campuran serat alami yaitu 50% serat cotton dan 50% serat kayu (beechwood). Kain ini terasa halus dan lembut saat digunakan juga daya serapnya baik selain itu permukaan kainnya terlihat lebih berkilau dan memberikan kesan yang sangat elegan.

U.S. Pima Cotton: Apakah jenis bahan kaos ini dibuat dari serat campuran juga? Tidak, bahan kaos U.S. Pima Cotton dibuat dari 100% serat cotton, tetapi bukan serat cotton sembarangan yang digunakan melainkan serat cotton langka yang produksinya hanya 1% dari total seluruh produksi kapas dunia. Apa keistimewaannya? Bahan ini mempunyai serat yang lebih panjang dan lebih kuat, daya serapnya sangat baik dan begitu digunakan akan memberikan kenyamanan karena terasa lembut dan halus. Apalagi kain U.S. Pima Cotton ini mempunyai kualitas warna yang lebih cerah juga.

Dari setiap jenis kategori bahan kaos kami sudah jelaskan dan masing-masing kain pun sudah kami bahas apa saja keunggulannya, lalu bagaimana perbedaan dari segi harga kainnya? Berbicara soal harga kain, berikut ini adalah perbandingan harga dari masing-masing jenis bahan kaos pada kategori Plain dan Premium

Harga Jenis Bahan Kaos Kategori Plain

harga jenis bahan kaos plain

*Notes: harga yang diambil merupakan harga untuk warna kategori Tua 

Pada tabel di atas kain Cotton Combed memang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan dua jenis bahan kaos lainnya tetapi kualitas yang Anda terima pun tentu berbeda dan lebih baik dari kain Cotton Carded dan CVC, jadi jangan ragu untuk menggunakan bahan Cotton Combed.

Harga Jenis Bahan Kaos Kategori Premium

harga jenis bahan kaos premium

*Notes: harga yang diambil merupakan harga untuk warna kategori Tua 

Bisa dilihat perbedaan harga yang cukup signifikan pada jenis bahan kaos U.S. Pima Cotton, karena bahan ini mempunyai kualitas yang tidak biasa dan harga yang Anda bayar pun sebanding dengan kualitas yang Anda dapatkan. 

Itu dia perbandingan dari sisi jenis bahan dan juga harga kainnya, kedua kategori bahan yang kami bahas ini merupakan jenis kain dengan warna solid dan setiap kainnya sudah tersedia di Knitto Bandung (Kebon Jukut dan Holis) juga Knitto Yogyakarta.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur