Keunggulan dan Kekurangan Bisnis dengan Sistem Pre Order

0
5/5 - Vote count: 50 votes

Pre Order adalah sistem pembelian dalam dunia bisnis dimana barang yang diinginkan tidak bisa didapatkan atau tidak tersedia secara langsung dari penjual. Sistem PO atau Pre-order ini menerapkan sistem pembayaran terlebih dahulu di awal sesuai dengan perjanjian antara penjual dan pembeli.

Pembayaran di awal ini bisa jadi hanya berupa DP sebesar 50% atau sesuai yang sudah disepakati dan sistem PO juga mempunyai estimasi waktu sampai Anda bisa mendapatkan barang yang Anda inginkan.

rata-rata waktu yang diberikan dari penjual kepada pembeli sekitar 2-3 minggu atau bisa lebih biasanya tergantung dengan proses pembuatan barang atau asal barang tersebut (dari luar negeri akan memakan waktu lebih lama).

Manfaat Sistem PO (Pre Order) Dalam Bisnis

Berjualan dengan sistem PO atau Pre Order pun bisa menjadi salah satu strategi marketing yang cukup efektif untuk produk yang populer dan eksklusif dan jika dilihat lagi pasar untuk bisnis dengan sistem PO pun sangat besar, karena bisnis dengan sistem ini juga ikut memanfaatkan sifat alamiah manusia atau konsumen yang selalu ingin jadi yang pertama dalam memiliki suatu barang yang populer dan menjadikannya lebih eksklusif.

Manfaat lainnya dari bisnis dengan sistem PO adalah menjadi alat survey yang bisa mengukur seberapa besar minat pasar terhadap produk yang Anda jual dan hasil dari survei tersebut bisa dijadikan bahan evaluasi terhadap bisnis Anda, meskipun akan lebih matang jika evaluasi dilakukan setelah Anda mendapatkan review langsung dari customer atau konsumen yang sudah membeli produk Anda.

Jenis Bisnis Yang Cocok Menerapkan Sistem PO (Pre Order)

Di Indonesia sendiri bisnis dengan memberlakukan sistem PO sudah banyak dilakukan, terutama untuk bisnis-bisnis retail yang menjual produk dengan sifat eksklusif. Beberapa jenis bisnis ini pun akan cocok jika menggunakan sistem pre order dalam proses jual belinya. 

  • Elektronik

Bisnis yang menjual produk elektronik seperti Laptop, Handphone dan alat elektronik lainnya seringkali menggunakan sistem PO, terutama untuk barang elektronik baru yang masih belum masuk ke pasaran Indonesia.

Banyak orang yang rela menunggu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk mendapatkan barang elektronik terbaru yang mungkin masih hanya dibuat dengan jumlah terbatas sebelum akhirnya tersebar luas di pasaran, karena biasanya memiliki gadget terbaru yang eksklusif memberikan kesan tersendiri kan?

  • Sepatu dan Tas / Fashion Item

Selain barang elektronik jika Anda berniat membuat bisnis fashion yang menjual tas dan sepatu, sistem PO pun bisa diberlakukan untuk jenis bisnis ini.

Jika Anda menjual barang yang mempunyai keunikan tersendiri dan berbeda dari model pada umumnya, menggunakan sistem PO pada bisnis Anda pun akan sangat tepat karena tujuannya pun sama yaitu memberikan kesan eksklusif terhadap pengguna dan brand yang Anda buat. 

  • Kaos 

Siapa bilang bisnis kaos tidak bisa menggunakan sistem PO? Tentu bisa! Terutama untuk kaos yang mempunyai daya tarik tersendiri, unik dan berbeda.

Kaos yang mungkin gambarnya langsung Anda lukis sendiri, kaos yang Anda berikan variasi tie dye, sablon dan bordir yang berbeda dari biasanya atau kaos yang mempunyai desain dan model khusus yang memang menjadi ciri khas tersendiri dan hanya brand Anda yang memilikinya.

Jika konsep bisnis kaos Anda memang seperti ini, sangat cocok untuk menggunakan sistem PO atau Pre Order. 

  • Makanan dan Minuman

Salah satu bisnis yang juga banyak dipilih dan digeluti oleh masyarakat indonesia adalah berbisnis makanan dan minuman.

Minuman dengan beragam macamnya, minuman kesehatan, kopi, dll, begitu juga dengan  makanan, mulai dari makanan berat sampai ke makanan ringan atau camilan.

Jenis bisnis makanan dan minuman pun memang kebanyakan menggunakan sistem PO dengan alasan agar produk yang dijual ini tidak basi dan tetap fresh, karena jika sistem nya ready stock pasti beresiko tinggi, bagaimana jika ternyata makanan dan minuman yang Anda siapkan dihari itu tidak begitu banyak konsumennya dan akhirnya menjadi basi?

Tentu menjadi kerugian dan tidak bisa Anda jual kembali, maka dari itu menjual makanan dan minuman menggunakan sistem PO akan lebih aman karena produknya hanya disiapkan sesuai dengan kuota pesanan yang ada.

Kekurangan dan Keunggulan Sistem Pre Order

Setiap strategi bisnis yang Anda ambil dalam berbisnis pasti mempunyai keunggulan dan kerugian, sama hal nya dengan strategi bisnis menggunakan sistem PO atau Pre Order, terdapat beberapa keunggulan dan kekurangan dari bisnis menggunakan sistem PO ini, apa saja?

Keunggulan Sistem Pre Order

  • Jenis produk yang ditawarkan bisa lebih beragam daripada yang menggunakan sistem ready stock
  • Anda tidak perlu merasa khawatir jika barang tidak laku, karena bisnis yang  menggunakan sistem PO hanya akan menyediakan barang atau produk sesuai dengan pesanan yang ada
  • Mengurangi resiko penumpukan stok terutama karena barangnya tidak terjual
  • Terkadang Anda bisa melakukan penjualan tanpa harus mengeluarkan modal yang terlalu besar atau tanpa modal sama sekali jika customer Anda membayar terlebih dahulu

Kekurangan Sistem Pre Order

  • Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan barang atau sampai ketersediaan barang yang diinginkan akan lebih lama dibandingkan dengan barang ready stock yang saat itu juga sudah ada.
  • Maka dari itu pembeli harus lebih sabar jika ingin membeli barang yang menggunakan sistem Pre Order. Tidak sedikit pelanggan yang akan merasa kurang puasjika harus menunggu dengan waktu yang terlalu lama
  • Jika Anda menjalankan bisnis retail dengan sistem PO, ada kemungkinan stok dari supplier habis ketika Anda sudah terlanjur membuka PO untuk barang tersebut (Biasanya terjadi jika barang berasal dari luar negeri). Sehingga anda harus mengembalikan uang DP yang sudah masuk

Dari keunggulan dan kekurangan dari sistem PO di atas, bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum mengambil keputusan akan menggunakan sistem apa pada bisnis Anda, apakah sistem PO (Pre Order) atau Ready Stock?

Tips Berbisnis Dengan Sistem Pre Order

Perhatikan Kualitas Produk

Jika Anda menerapkan sistem PO pada produk yang Anda buat sendiri seperti kaos atau makanan dan minuman, selalu perhatikan dan jaga kualitas produk dengan baik. Produk yang dijual dengan sistem PO harus mempunyai kualitas yang lebih baik. 

Buatlah Produk Pre Order yang Unik

Untuk menarik perhatian calon pembeli, Anda harus mempunyai produk yang unik dan tidak banyak tersedia di pasaran. Jika barang Pre Order yang Anda jual sudah banyak di pasaran, tentu saja customer akan lebih senang memilih produk yang ready stock.

Pemilihan Supplier atau Vendor

Sebagai pelaku bisnis retail wajib hukumnya untuk memilih supplier atau vendor yang terpercaya dan kredibel.

Karena supplier yang berkualitas adalah faktor terpenting dari bisnis ini. Perhatikan kualitas yang ditawarkan jangan hanya terpatok pada harga yang diberikan murah, perhatikan juga track record dari supplier tersebut.

Tentukan Jadwal PO

Jadwal PO sebaiknya Anda tentukan juga, sebaiknya tetapkan jadwal PO di sekitar akhir bulan dan awal bulan, karena akhir bulan dan awal bulan merupakan tanggal gajian.

Dengan menetapkan jadwal PO pada waktu ini akan lebih memicu minat dari orang-orang yang tertarik dengan produk Anda. Tapi jangan lupa juga untuk menggencarkan promosinya.

Perhatikan Jumlah Pesanan

Untuk Anda yang baru memulai bisnis dengan sistem PO, sebaiknya selalu memperhatikan jumlah pesanan yang sudah masuk, jangan sampai Anda merasa kewalahan karena pesanan PO yang Anda terima ternyata sangat banyak. Karena jika jumlah pesanan selalu Anda perhatikan, bisa Anda sesuaikan juga dengan kemampuan Anda untuk mengerjakan pesanan tersebut.

Catat Pesanan Dengan Teliti

Catat pesanan dengan rapi dan teliti, jangan sampai ada satupun yang terlewat untuk menghindari kesalahan dan komplain dari konsumen. Mencatat pesanan dari konsumen secara detail pun bisa memudahkan Anda untuk mengelompokan atau mengorganisir pesanan sesuai dengan kelompoknya (terutama jika Anda menjual produk yang banyak). 

Buat Alur Pemesanan Dengan Jelas

Buat alur dan aturan sistem PO yang jelas, jangan sampai membingungkan calon konsumen. Dengan membuat alur yang jelas, akan memudahkan konsumen untuk memahami sistem yang Anda terapkan dan Anda juga bisa mendapatkan kepercayaan konsumen.

Pelayanan Maksimal

Yang terakhir yang paling penting dan menjadi kunci dari semuanya adalah pelayanan yang Anda berikan kepada konsumen dan calon konsumen harus maksimal dan jelas. Bangun komunikasi yang baik dengan konsumen dan informasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan pesanan mereka secara jelas dan jangan bertele-tele. Buat konsumen Anda nyaman ketika berkomunikasi dengan Anda.

Sampai sini, kami berharap Anda sudah paham tentang apa itu sistem Pre-Order beserta dengan alur dan kekurangan juga keunggulannya. Untuk Anda yang baru akan memulai bisnis pun sudah bisa menentukan sistem apa yang akan Anda terapkan pada bisnis Anda nanti. Semangat terus untuk menjalankan bisnis Anda dan semoga sukses selalu.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur